Pengikut

My Most Unforgettable Journey : Ngebolang ke Yogyakarta

Prambanan
Perjalanan adalah langkah-langkah hidup dimana pada perjalanan tersebut menggoreskan sebuah catatan yang pantas untuk dikenang entah itu perjalanan yang menyenangkan, mengesankan ataupun perjalanan yang kurang berkenan di hati. Selepas dari apapun perjalananmu, alangkah baiknya kita mengulang kembali mengenai perjalanan yang paling mengesankan dan menulis di blog hehe. Jika ditanya perjalanan yang tak terlupakan dan paling berkesan, maka saya akan menjawab ketika "Ngebolang ke Yogyakarta".

Tidak tanpa alasan saya memilih judul " My Most Unforgettable Journey : Ngebolang ke Yogyakarta", kenapa? Banyak cerita yang dilalui ketika ngebolang ke Yogyakarta. Beginilah perjalanan saya yang tak pernah saya lupakan dan paling berkesan. Sebelumnya, alasan saya mengambil judul ini ingin berbagi pengalaman mengenai perjalanan menuju kota Yogyakarta dan bagaimana perjuangannya untuk bisa sampai menginjakkan kaki ke kota Gudeg tersebut. Pada awalnya, kami sudah merencanakan untuk ngebolang ke Yogyakarta sejak lama, setelah berdebat kesana-sini eh akhirnya kami menemukan tanggal yang pas untuk menyalurkan hobi kami yaitu traveling. Ngebolang adalah salah satu hobi yang "pasti digemari" oleh orang-orang yang suka berkelana. Berkelana disini adalah menikmati keindahan alam, kuliner ataupun sejenak melepaskan kepenatan di kota Jakarta. Ya, ngebolang ke kota Gudeg berawal dari obrolan biasa kemudian merambat ke acara liburan dimana tepatnya liburan semester dua. Berhubung liburan semester dua selama satu bulan dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, akhirnya kami memutuskan untuk ngebolang ke Yogyakarta. Saat pemesanan tiket pun tidak begitu lancar karena tiket ekonomi adalah "primadona" bagi yang suka ngebolang. Akhirnyaaaaaaaaaa....kudapatkan jua tiket kereta api Progo (Ekonomi) jurusan Senen-Yogya, dan harganya masih murah sekali seharga 35 ribu. Perjalanan yang mengesankan itu dimulai dari stasiun keberangkatan, yaitu Stasiun Jatinegara. Kereta ekonomi Progo akan mengantarkan kami semua ke Yogyakarta pada pukul 21:30. Berhubung kami semua bersemangat, kami sudah tiba di stasiun Jatinegara jam /8 malam. Pikiran saya dan beserta teman-teman saya sudah melayang-layang ke kota Gudeg.

tiket kereta ekonomi

Selama di kereta ekonomi, kami menikmati sekali setiap stasiun yang dilewati oleh Progo ini, hampir 12 jam perjalanan kami menuju kota Yogyakarta. Ya, berhubung kami naik kereta "murah", para penumpang harus berbesar hati untuk mempersilahkan kereta "mahal" lewat duluan hehehe. Perjalanan kami menuju kota Yogyakarta tidak berjalan mulus sepenuhnya, soalnya kami sempat merasakan "tertahan" keretanya selama 4 jam. Ya, daerah Prupuk adalah menguji kesabaran kami semua, para penumpangnya, bagaimana tidak? Kami harus menunggu selama 4 jam dan akhirnya setelah menunggu dengan lama, kereta kami melanjutkan perjalanan. Selama perjalanan di gerbong kereta, saya beserta 5 teman saya menikmati perjalanan dengan bermain UNO. UNO adalah sejenis permainan kartu, bagi kami menikmati perjalanan adalah kewajiban. Kewajiban disini adalah kita harus have fun, meski ada beberapa halangan yang mencoba menghalangi langkah kita menuju tempat ngebolang. Akhirnyaaaaaaaaaa.....kami sampai juga di Yogya, tepat jam 9 pagi, kota Yogyakarta sudah menyambut kehadiran wisatawan (kami semua). Suasana Yogyakarta sudah khas sekali yaitu TUGU YOGYAKARTA.

Pantai Parangtritis
Berhubung, kami naik kereta api ekonomi, kami turun di stasiun Lempuyangan, dan memutuskan untuk mencari penginapan. Bayangkan deh, kalian sudah sampai di Yogya namun belum tahu mau nginep dimana hehe. Itulah prinsip ngebolang kita, halangan di depan mata bukanlah mengerutkan nyali, justru halangan itu kita jadikan tantangan. Dengan modal nekat, kami mulai menyusuri jalan Malioboro, satu-persatu ke tempat penginapan dan kalian tahu saat bulan juli itu kota Yogyakarta rame sekali. Akhirnyaaaaaaa....kami menemukan tempat penginapan yang sesuai budget dan fasilitasnya pun oke. Ya, PUNTODEWO adalah pilihan kami semua, harganya sangat bersahabat dan fasilitasnya pun nyaman kok. Hari pertama di Yogyakarta, kami menikmati tidur siang dahulu sampai sore sambil merileksasikan badan yang lelah. Kemudian, tibalah malam hari, kami pun tidak melewatkan waktu begitu saja. Kami menyusuri kota Yogayakarta hingga ke alun-alun utara, tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 1 pagi. Setelah menikmati pemandangan malam kota Yogyakarta, kami memutuskan untuk pulang ke penginapan. Hari kedua di Yogyakarta, kami menikmatinya dengan berwisata ke Candi Prambanan. Akomodasi untuk ke Candi Prambanan sangatlah mudah, cukup naik TransYogya, maka kalian akan diantarkan sampai ke Candi Borobudur. Cuaca panas tidak menyurutkan kami semua untuk menikmati keindahan alam ataupun situs bersejarah bangsa Indonesia ini. Setelah lelah mengelilingi Candi Borobudur, kami pun tidak pernah absen untuk menyicipi nasi goreng arang setiap malamnya. Bisa dikatakan kami "ketagihan", soalnya enak sih hehe.

Candi Borobudur
Hari kedua di kota Yogyakarta, kami melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis. Dengan menyewa mobil, kami menyusuri jalan di Yogyakarta. Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata Candi Borobudur? Ya, candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia loh. Bangga dong, di Indonesia loh ini! Panas, gerah tidak pernah menyurutkan semangat kami semua untuk menapaki anak tangga hingga berhasil naik keatas meski tidak sampai puncak Borobudur. Selanjutnya, kami melanjutkan perjalanan ke pantai Parangtritis. Icon kota Yogyakarta dan cukup dikenal dengan keindahannnya adalah pantai Parangtritis. Menikmati susnset dan desiran ombak mampu memecahkan rasa lelah kami semua setelah menempuh perjalanan kurang lebih dari 1,5 jam ini. Dan hari ketiga kami harus mengikhlaskan bahwa kami harus pulang ke Jakarta lagi. Terimakasih Yogyakarta, kota Gudeg yang selalu bersahabat dan memberikan kenangan indahnya untuk setiap wisatawan yang hadir di kota ini. Itulah perjalanan saya yang paling mengesankan, ngebolang pertama kali bersama teman-teman kuliah, dengan modal nekat dan budget yang murah, tidak menyurutkan niat kami terutama saya untuk mengelilingi Indonesia suatu saat nanti.

Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Unforgettable Journey Momtraveler’s Tale

47 komentar:

1. Rindu Jogja......dh 6 th nggak pernah kesana lg....hehehe

BalasHapus
  2. aku dijogjaaaaaa lhooo :-)

3. Saya yang dekat dengan Jogja malah belum sempat mbolang ke sana.

4. baru sekelumit Jogja tuh mbak.... lain kali kalau ke Jogja seminggu ya ^_^

(provokasi orang Jogja)

BalasHapus
  5. enaknya bisa jalan-jalan..hiks hiks...:)

6. ahh jadi kangen sama Jogja nih mak ...
    makasih ya, sudah terdaftar sebagai peserta :)

7. aaarkkkk jadi kangen jogjah saya mbk^^

8. Empat jam tertahan?, wau, kerasa, mbak. hhehe. tapi seru yah, malam-malam sampai jam satu dini hari gitu, huaha. saya pernah ke Parangtritisnya, mbak. kepengen ke sana dan lainnya :D

9. Intinya menikmati ya, Tis. Mau naik murah apa mahal, kalau menikmati rasanya nyaman. :D

Oya, kalau udah niat ngebolang, jangan ambil pusing masalah tidur, Tis.
    Tidur saja di Mushola atau SPBU. Hihihihi. Ngebolang kan main seirit2nya. :D

10. hemmz , , selamat siang mbak , ,
    jadi kangen ke bororbudur lagi , , seingat saya sudah 9 tahun yang lalu dah kesana , , pasti beda banget ya sekarang

11. wah,,,pastinya asik ya jalan-jalan ke jogja,,seumur hidup baru 1 kali ke Jogja,,semoga kapan2 bisa kesana lagi lihat Candi Borobudur,,,

BalasHapus
  12. wah saya belum pernah ke Jogya,paling cuma lewat saja ketika perjalanan ke Jawa Timur,pastinya seru yah mbak kalau ngebolang ramai-ramai hehe

13. Yeaaay tgl 1 aku mau ke jogjaaaaa

14. Senang kalau bisa travelling bareng-bareng teman, ngebolang ke tempat wisata dengan modal nekad, seru pasti ceritanya, tambah pengalaman juga

BalasHapus
  15. Menarik kisah perjalanannya-Yogyakata... jadi pengen kembali lagi ke sana hehehheee :)

16. Seumur-umur baru sekali aku ke jogja pas taun baru ini hahahah

halo cantikkk, apa kabar?

Balasan
    1. Hehehe, alhamdulillah baik mbak Ayu :)

Hapus
  17. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

BalasHapus
  18. Ini seru-seruan ke jogja yak, sayang, gue belum pernah kesana. Mungkin besok-besok hhaa

19. ngebolang pertama kali langsung ke jogya,,wow,,keren,,,pantesan jadi perjalanan yg tak terlupakan,,,,'
    selamat berlomba,,,ya,,,,semoga menjadi yg terbaik,,,,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

20. Ngebolangnya rame-rame yaaa? Seru bgt

21. Ahh jogya :3
    Mau kesanaaaaaaa.....
    Enak bgt kesana bisa ngebolang :))

BalasHapus
  22. seruuu banget ngebolangnya ya, jogja emang special sih...
    jadi kangen jogja deh, udah setahun gak ke sana :(

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D