Pengikut

Kegelisahan Hati Ketika Menjelang Pagi

sumber : http://rehabhati.blogspot.com/p/nai-quotes.html
Halo Blog! Saya merasakan insomnia lagi nih setelah sudah lama sekali saya sudah tidak merasakan ini. Apa ada hubungannya antara insomnia dengan kegelisahan hati? Kegelisahan hati tidak hanya terjadi ketika kamu sedang merasakan jatuh cinta, patah hati ataupun hal yang berhubungan dengan sebuah "rasa" saja, namun kegelisahan hati juga bisa menyelimuti setiap orang yang sedang mengalami sesuatu yang sedang dipikirkan, misalnya kalian sedang gelisah mengenai pekerjaan yang belum dihandle atau sesuatu yang belum bisa kalian "kuasai" entah untuk jobdesknya dan  apalah. Selain gelisah untuk hal tersebut, kalian juga memikirkan gimana ya saya bisa "survive" untuk pilihan saya saat ini dan bagi kalian yang sedang mengenyam bangku kuliah atau sekolah, rasa gelisah itu akan menyelimuti diri kalian ketika ingin mengambil nilai semesteran atau menunggu pengumuman UAN. Saya pernah mengalami hal tersebut, dan untuk saat ini saya merasakan gelisah apakah saya harus "survive" atau letsgo untuk saat ini. Plihan ini sangat menganggu pikiran saya dan harus meraskan insomnia semalaman dan tidak bisa tidur lagi. Pernahkah sobat blogger merasakannya?



Sedikit berbagi cerita, saya bukanlah orang yang cuek terhadap sesuatu dan saya orang yang mudah kepikiran jika saat saya mengerjakan sesuatu ada yang salah atau tidak sesuai dengan kemauan seseorang yang sudah memberikan amanahnya ke saya. Jujur saja, mempunyai sikap "kepikiran" itu tidak baik dan mudah mencemaskan sesuatu yang berlebihan itu akan berdampak negative bagi diri kita sendiri. Mulai saat ini, saya memcoba untuk menenangkan diri. Cara sederhana untuk menenangkan diri adalah mendekatkan diri kepadaNya, untuk yang beragama Islam bisa melakukan sholat tahajud atau sholat istikarah. Memang tak bisa dipungkiri jika pikiran kita yang bercabang bisa menghilang begitu saja, kita berusaha untuk menenangkan diri tapi ada saja yang membuat kita "kembali" ke masa untuk mengingat yang kita pikirkan tersebut. Coba untuk menghela napas, saya percaya itu akan membuat kita bisa tenang juga. Lalu cara yang ketiga, coba lakukan perubahan dimana saya bisa lebih baik dari hari kemarin. Dan cara terakhir coba sejenak lupakan pekerjaan yang menyita pikiranmu dengan melakukan ngebolang atau kulineran, ibaratnya bersenang-senang dulu. Biarkan waktu yang akan menemanimu dalam menjawab kegelisahan hati. Berdoa adalah cara yang ampuh untuk menenangkan diri, percayalah Tuhan bersama dengan kita setiap saat entah dalam suasana sedih ataupun suka. Dibalik kegelisahan hati akan ada sebuah harapan yang mampu membuat kita menenangkan diri. Saya akan belajar dari kegelisahan hati ini untuk bagaimana menciptakan ketenangan hati dan menikmati prosesnya biar saya mempunyai harapan juga.



Jakarta, 19 Februari 2015
02:12 Pagi

20 komentar:

  1. Walopun aku ga cinta2 amat ama kerjaan skr, tp ini toh sumber dana yg bisa ngebiayain aku traveling selama ini :D.. Jadi mikirnya, ya bljr utk dicintai dan menguasai tugas dan kerjaan :). Aku jg prnh ngelakuin kesalahan fatal dlm kerja mba... apalagi kerjaanku dealing trus2an dgn dana nasabah dlm jumlah ratusan sampe miliaran. Ga teliti sdkt aja, nasabah bisa rugi. Artinya ya hrs bnr2 teliti dan menguasai.

    tahajud dn istikhorah bgs bgt kok utk membuat kita tenang dan yakin apa yg sbnrnya kita mau. Bertahan di kerjaan ini, ato mencari yg baru. Aku prnh ngelakuinnya dan skr yakin, kerjaan penuh resiko ini yg aku mau :)

    Pikirin dgn matang lg mba, jd ga ada` penyesalan apa2 saat keputusan diambil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga akan terus survive ya :)

      Hapus
  2. Nikmatilah pagimu sebaik mungkin :)

    BalasHapus
  3. Yang ku lakukan ketika kegelisahan hati datang : menangis sekeras-kerasnya (meski tanpa suara) di hadapan Alloh.
    Rasanya legaaaa sekali :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... ketika kegelisahan itu datang, maka saatnyalah kita melihat ke dalam diri kita mengapa itu bisa terjadi... utk selanjutnya menemukan jalan keluar yg dpt lebih mendewasakan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, belajar dewasa dalam bersikap ataupun berpikir hehehe

      Hapus
  5. Semangat mbak. Pepet terus Allah nya biar dikasih kemudahan dalam memilih :-)

    BalasHapus
  6. sholat tahajud pilihan yg paling bijak, sambil nunggu waktu shubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sholat tahajud menenangkan hati ^^

      Hapus
  7. ketika kita gelisah artinya kita diminta utk lebih bersandar pd Allah, asalkan kita terus berusaha, terus bergerak. Pasti pada akhirnya kegelisahan kita akan bermuara pd ketetapan dan kemantapan hati.

    BalasHapus
  8. ah, proses. proses memang merupakan awal dari segalanya :)
    btw, saya hampir tiap hari insomnia -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh gawat bener setiap hari insomnia -,-

      Hapus
  9. Saya juga orangnya gampang banget kepikiran... dan kadang itu menyiksa. Bener bgt, dg sholat hati pasti jauh lbh tenang :')

    BalasHapus
  10. memang menenangkan diri yg paling ampuh dgn sholat :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D