Pemanasan Global Kian Mencekam, Mari Peduli dengan Bumi dan Menjaga Lingkungan Sekitar

Setiap hari, selepas bangun tidur pagi, saya bergegas menuju kamar mandi. Aktivitas pagi hari meliputi mandi, beribadah dan menyiram tanaman. Ya, tinggal di pemukiman warga, meskipun tidak mempunyai halaman khusus untuk merawat tanaman hijau, tidak menyurutkan niat untuk tetap menjaga bumi. Langkah awal yaitu berkebun daÅ‚am pot. Sebagai manusia, kita mempunyai peran untuk turut menjaga bumi. Masih teringat dalam ingatan saya, saat dulu masih menjadi anak sekolah SMA saat pelajaran IPA membahas pemanasan global. Dulu hingga sekarang, persoalan pemanasan global tidak hanya menjadi tugas negara Indonesia saja namun negara dunia juga. Pemanasan global telah menjadi tantangan bersama. 

Bunga Anggrek hidup di pot, pribadi

Pernahkah, kamu mendengar atau menonton berita, es kutub utara mulai mencair? Pastinya, tahu dong info tersebut. Es kutub utara mencair, efek dari perubahan iklim yang terjadi. Pemanasan global itu apaan sih? Mengutip dari Wikipedia, pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Dampak pemanasan global sangat nyata, diantaranya, perubahan iklim, terjadi kekeringan, naiknya suhu permukaan laut bahkan bisa membuat kepunahan hewan.

Pemanasan global itu terjadi di sekitar kita, tahukah kamu, penggunaan AC juga termasuk dalam pemanasan global? Ya, freon AC dapat meningkatkan kadar emisi atau gas buangan yang dilepas ke lapisan ozon dan berdampak ke pemanasan global. Selain penggunaan AC, kebakaran hutan juga turut menyumbang pemanasan global, bagaimana tidak? Pembakaran hutan, akan menghasilkan karbon dioksida dan memengaruhi lapisan bumi yang semakin tipis. 

Lalu, selain penggunaan AC dan kebakaran hutan, apa lagi yang menyebabkan pemanasan global? Ya, kendaraan bermotor termasuk penyumbang terjadinya pemanasan global. Zat karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor, termasuk merusak lapisan bumi. Limbah industri dapat merusak pemanasan global, limbah yang tidak diolah dengan baik akan mencemarkan lingkungan sekitar.

Bagaimana cara untuk menjaga bumi dan menghindari pemanasan global? Caranya bisa dimulai dari diri sendiri, langkah pertama, buanglah sampah pada tempatnya. Bayangkan jika membuang sampah di laut, ekosistem di laut bakalan tercemar. Selanjutnya, mengurangi limbah plastik. Saat kita belanja di swalayan, pernah ada larangan tentang kantong plastik. 

Nah, tujuan pelarangan tersebut untuk mengurangi pemanasan global. Biasakan membawa tas kain sendiri, di mana bisa dipakai berulang-ulang saat belanja di swalayan. Sebagai pengguna transportasi umum, langkah yang diambil sangat tepat. Transportasi umum khususnya di Jakarta sudah sangat baik dan sudah terhubung antara moda transportasi satu ke yang lain sesuai dengan kepentingan pengguna. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu sudah turut menjaga bumi.

Tanaman di rumah (pribadi)
Kalau di rumah, kamu bisa turut berperan aktif dalam menjaga bumi dari pemanasan global dengan cara, menggunakan kain lap saat ingin lap tangan, kurangi penggunaan tisue dan AC. Jika panas, kamu bisa menggunakan kipas angin. Jangan lupa, menanam dan merawat tanaman agar oksigen yang dihasilkan dapat dirasakan. Ruang hijau publik dapat membantu menjaga bumi kita dari pemanasan global.

Hal sederhana yang dilakukan berulang setiap hari, dengan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan transportasi umum dan membawa botol minum, peran nyata untuk membantu bumi kita dari pemanasan global.


Sudahkah kamu turut berperan menjaga bumi kita dari pemanasan global? Yuk, ditunggu peran nyatanya :)

12 komentar

  1. Alhamdulillah kami pun merawat tanaman di rumah, meski hanya langkah kecil, insyaallah ada manfaatnya bagi bumi kita ya..

    BalasHapus
  2. Salah satu hal yang kukerjakan dalam mengurangi pemanasan global adalah membuat variasi resep makanan dari tetumbuhan. Sebab aku berharap kalau aku doyan makan nabati, aku bisa bikin konten tentang makanan nabati dan bisa mempengaruhi banyak orang untuk makan makanan nabati juga. Sikap ini akan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap peternakan, karena peternakan itu cukup andil juga dalam menimbulkan pemanasan global.

    BalasHapus
  3. Duh takut banget sama pemanasan global karena mulai ngerasain efeknya kayak bumi yang semakin panas. Tapi sedikit banyak turut berkontribusi buat pemanasan global kayak masih banyak nyampah, masih pakai AC, masi beli air botolan, huhu. Semoga ke depan bisa hidup makin minimalis :(

    BalasHapus
  4. Perkara nggak buang sampah sembarangan ini kadang banyak orang lalai. Aku pernah sampai dimarahin temanku pas lagi jalan-jalan hanya karena buang sampah sembarangan. Dia malah menyuruhku untuk memungut kembali sampah itu. Duh malu banget. Tapi ya dia nggak mau tahu. Hehehehe

    BalasHapus
  5. mengurangi penggunaan AC di cuaca panas seperti kemarin itu sungguh perjuangan ya mba, sumuk banget dan bawaannya emosi. tapi alhamdulillah sekarang hawanya udah agak adem jadi pakai kipas angin aja udah mendingan. yang masih susah saya terapin itu bawa botol minum sendiri dari rumah kalo pergi2 :")

    BalasHapus
  6. Pemanasan global ngeri banget, takut nanti banyak pulau yang tenggelam gara-gara es di kutub mencair.

    Di rumah gak pakai AC. Tapi saya belum telaten menanam ih, kudu dirutinin.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan ya buat mengurangi pemanasan global iki. Aku juga kalau di rumah kalau nggak panas banget lebih memilih nyalain kipas angin ketimbang ac. Selain buat menjaga bumi juga biar lebih irit listrik. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menjaga bumi dimulai dari hal yang sederhana.

      Hapus
  8. Aku paling suka yang menanam tanaman dirumah, kalau dilihat rumah udah kayak hutan mini penuh dengan tanaman yang beraneka ragam. Bahkan sampe halaman depan rumah orang kutanami juga, tapi udah izin dan mereka malah seneng-seneng aja.. Syukurlah ak bisa terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan lewat menanam ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, Kak, semoga terus berlanjut yaaa kegiatan pelestarian lingkungannya.

      Hapus
  9. Hal sederhana yang biasa saya lakukan untuk kontribusi dalam pencegahan global warming adalah dengan tidak menyalakan AC, karena ac lagi rusak.

    Untuk lingkungan, setidaknya saya selalu membuang sampah pada tempatnya, dan memisahkan mana sampah organik dan anorganik.

    Banyak hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah sederhana, namun bermanfaat sekali ya, kak, lanjutkan!

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D