Danone Indonesia, Perusahaan Ramah Keluarga untuk Generasi Maju

Danone Indonesia, Perusahaan Ramah Keluarga untuk Generasi Maju. Tepat di tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women's Day. Danone Indonesia sebagai perusahaan ramah keluarga, sangat peduli dengan para perempuan Indonesia. Tahu-kah kamu, jika Danone memberikan hak cuti selama enam bulan kepada karyawati yang bekerja di Danone Indonesia? Syukurlah, ada perusahaan yang peduli dengan kondisi kesejahteraan para pekerjanya. Memperingati Hari Perempuan Internasional dimanfaatkan oleh Danone Indonesia untuk membahas peran perempuan yang menjadi pekerja. Kondisi saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan perempuan sebagai pemimpin tak perlu diragukan lagi. Hampir 48 persen level manajerial dan 56 persen dewan direksi Danone adalah perempuan (2020). Dengan demikian, Danone Indonesia sudah turut menerapkan kebijakan ramah gender.

Hal tersebut disampaikan dalam zoom meeting yang dihadiri oleh Psikolog, perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari IBCWE hingga team Danone Indonesia. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu sudah tahu apa itu IBCWE? Sekedar informasi, IBCWE yaitu Indonesia Business Coalition for Women Empowerment di mana fokus dan berkomitmen kepada pemberdayaan ekononomi perempuan dan kesetaraan gender di tempat kerja.


Dalam sesi pertama, Ibu Rosdiana Setyaningrum sebagai Psikolog menyampaikan berdasarkan laporan BPS ada 50-70 juta perempuan yang usia lebih dari 15 tahun yang bekerja di mana jumlahnya niak sekitar 2,63 persen dibandingkan tahun 2019 yaitu 49,40jt. Beliau juga menambahkan anak perempuan dari ibu bekerja punya pencapaian karir yang lebih baik dan sama bahagianya (Harvard Business School 2015), hal ini untuk menyalurkan aspirasi diri agar berharga sebagai manusia. 

Beliau juga memaparkan perusahaan juga bisa berperan dalam mendukung ibu yang bekerja dengan memberikan workshop (parenting, self healing, finansial dll), fasilitas (cuti melahirkan untuk ibu dan ayah, day care) dan peer support.




Peer support, pernah mendengar? Peer support kondisi di mana tiap orang merasa aman secara psikologis dan saling membantu. Salah satu support adalah lingkungan yang lebih fleksibel dan empati. Support yang baik terhadap Ibu bekerja akan meningkatkan kinerja perusahaan. 


Narasumber yang kedua, yakni Bapak Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA, menurut beliau, pemerintah mendukung adanya kesetaraan gender dalam hal bekerja. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi di dunia kerja. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Maya Juwita, Direktur Eksekutif IBCWE, beliau menyampaikan Danone, sebagai perusahaan yang ramah keluarga memberikan kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki untuk berkarir dan menciptakan keseimbangan gender. Ibu Maya juga menyoroti tentang Ibu sebagai guru untuk anak-anaknya. 


Perwakilan dari Danone Indonesia dihadiri oleh Ibu Vera Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menjelaskan Danone sebagai perusahaan yang ramah keluarga turut mendukung tumbuh buah hati dengan memberikan cuti enam bulan untuk Ibu dan berbayar, sepuluh hari untuk Ayah. Selain itu, Danone juga memberikan fasilitas lainnya seperti asuransi untuk para karyawan dan mendukung 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). Selain itu, menyediakan pula ruang laktasi dan program DANISA (program pendampingan menyusui untuk karyawati agar sukses dalam menyusui). 

Di sisi lain, Danone Indonesia juga menyediakan Careline selama 24 jam yang bisa diakses  melalui 0800-1-360-360 (bebas pulsa), atau bisa menghubungi via WhatsApp dan social media lainnya. Ibu Flora Pramasari, Head of Careline and Community Danone SN Indonesia juga menjelaskan untuk layanan akses Careline Danone ini bisa diakses untuk umum, laki-laki atau perempuan. Beliau juga mendorong agar kaum bapak-bapak dapat menjadi support system bagi istrinya.


Jadi, mari bergandeng tangan untuk menciptakan generasi maju. Ibu bekerja juga membutuhkan dorongan baik dari lingkungan diri sendiri, keluarga ataupun pekerjaannya. Saya sebagai perempuan berharap akan banyak perusahaan yang peduli dengan keseteraan gender dan perusahaan ramah keluarga. 

#DANONEINDONESIA

#WOMENINTERNATIONALDAY2022


Happy International Women's Day! Semangat terus para Perempuan Indonesia!

25 komentar

  1. Wah salut kepada Danone yang kasih cuti sebanyak itu. Benar-benar tahu apa yang dibutuhkan oleh karyawan terutama karyawan perempuan. Di LN bahkan bapak/suami juga ada cuti khusus dan siapa tahu ke depan Danone akan menerapkannya ya :)

    BalasHapus
  2. Masyaallah 6 bulan cuti melahirkan berbayar pula. Serta 10 hari untuk si ayah. Masyaallah banget ya Danone.

    Jika dibilang wanita tidak boleh bekerja, nampaknya tidak mungkin ya. Tetapi jika ada perusahaan spt Danone ini yang memerhatikan keluarga Indonesia, masyaallah banget. Suatu kesempatan berharga bisa bergabung dg perusahaan Danone.

    BalasHapus
  3. Nah bener banget, danone satu-satunya perusahaan yang peduli banget dengan lingkungan sampai banyak programnya yang menggencarkan menjaga lingkungan. Keren sih semoga sukses terus danone!

    BalasHapus
  4. Setuju, ibu butuh support dari dalam dan luar. Termasuk dari lingkungan keluarga dan pekerjaannya.

    BalasHapus
  5. Perusahaan nya bagus dan ramah keluarga ya, ibu baru melahirkan diberikan cuti 6 bulan. Keren banget perusahaan Danone ini

    BalasHapus
  6. Salud dengan Danone Indonesia yang tergerak memberikan layanan Careline 24 jam untuk siapa saja berkonsultasi. Wow ini baru keren ya cuti melahirkan selama 6 bulan dibayar.Yang umum'kan hanya 3 bulan ya,top deh Danone

    BalasHapus
  7. Terus berkreasi melalui programnya Danone dalam menginspirasi kegiatan

    BalasHapus
  8. diberi cuti 3 bulan dan tetap dibayar aja udah bahagia, apalagi diberi cuti sampe 6 bulan, pasti rasanya lebih bahagia lagi. Semoga semakin banyak perusahaan yang mengikuti jejak Danone dalam memperlakukan karyawan wanita

    BalasHapus
  9. Danone ini humanis ya kepada para keluarga Indonesia. Karena produk2 yg mereka produksi juga banyak membantu mengurangi permasalahn gizi buruk. Produk2 roti dan biskuit dari Danone aku suka.

    BalasHapus
  10. Salut banget sama Danone. Semoga ini ditiru oleh perusahaan lain ya dan jadi standar bagi tiap perusahaan supaya lebih ramah terhadap peran penting dalam keluarga

    BalasHapus
  11. bagus nih perusahaan yang ramah keluarga, work life balance jadinya terwujud. semoga perusahaan perusahaan lain bisa mencontoh DANONE ya, apalagi perusahaan start up yang isuenya sangat membudayakan kerja hustle culture

    BalasHapus
  12. Setiap stakeholder harus bertanggung jawab untuk suksesnya persamaan gender. Terutama suami yang harus punya peran besar untuk persamaan gender. Semoga misi Danone dapat diikuti oleh perusahaan lain untuk mengembangkan dan menyamakan peran perempuan dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  13. Betul banget ya.
    Ibu bekerja itu, ibu yang mau berkreasi itu, membutuhkan support dan dorongan kuat dr orang2 di sekitar dia.

    BalasHapus
  14. Bahagia banget waktu tahu kalau pihak Danone Indonesia memberikan jatah cuti selama enam bulan bagi karyawatinya. Semoga perusahaan ini makin maju dan kelak menjadi percontohan bagi perusahaan lainnya yang ingin menjadi perusahaan ramah keluarga juga.

    BalasHapus
  15. Speechless akutu sama perusahaan2 yg makin ke sini makin memahami kesetaraan gender dan ramah keluarga.Salut sama Danone juga...
    Paling keren kalo perusahaan bisa berperan mendukung ibu bekerja dengan memberikan workshop seperti parenting, self healing, finansial dll.
    Dan juga fasilitas cuti melahirkan untuk ibu dan ayah, day care.
    Makin betaah kerjanya deh.

    BalasHapus
  16. Keren nih perusahaan, semoga jadi inspirasi perusahaan lain. Banyak ditiru kan asyik kalau banyak perusahaan yang ramah keluarga ya...

    BalasHapus
  17. Hadirnya kebijakan perusahaan ramah keluarga seperti yang dihadirkan Danone sangat membantu bagi para perempuan

    BalasHapus
  18. Layanan Carelin-enya menarik, karena bisa diakses juga oleh laki-laki dan perempuan. memang untuk memberdayakan perempuan, butuh juga laki-laki sebagai support system-nya. Sukses selalu untuk Danone.

    BalasHapus
  19. Betul nih support sistem untuk ibu bekerja sangat penting. Biar ibu bahagia dan produktif

    BalasHapus
  20. keren banget nih Danone, jarang - jarang ada perusahaan yang peduliterhadap perempuan. hampir gak menemukan sih. ditempat kerja saya yang lama malah ada syarat untuk perempuan bersedia tidak hamil dalam jangka waktu tertentu

    BalasHapus
  21. baru tau kalo Danone juga menyediakan Danone Indonesia Careline selama 24 jam

    penting banget untuk keluarga Indonesia nih

    karena sering timbul hal yang nampak kecil tapi ganjel dan butuh jawaban

    BalasHapus
  22. Asyik banget ya bisa cuti 6 bulan. Di tempat kerja saya dulu, udahlah cuti cuma beberapa minggu, itu pun di rumah habis lahiran dan ribet ngurus anak, masih diribetin lagi sama kerjaan. Padahal judulnya lagi cuti...

    BalasHapus
  23. Waah keren banget danone ini, selain peduli terhadap konsumen dan lingkungan, perusahaannya juga peduli kesetaraan gender 🥰

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah Danone sudah sangat ramah pada pekerja wanita yaa, semoga semakin banyak perusahaan lain yang melakukan hal serupa

    BalasHapus
  25. Keren banget! Ngasih cuti sampe 6bulan lho, bener-bener memperhatikan perempuan sekali ya Danone ini. Mantap! apalagi ibu setelah melahirkan itu memang butuh waktu agak panjang untuk pemulihan.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D