Komponen Cadangan, Program dari Kementerian Pertahanan, Simak 5 Syaratnya!

Komponen Cadangan, Program dari Kementerian Pertahanan, Simak 5 Syaratnya! 


Teringat saat dulu masih menyandang status sebagai Mahasiswi, pelajaran kewarganegaraan menjadi mata kuliah wajib. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme dan mengenal Indonesia dimulai dari sistem pemerintahan hingga hak dan kewajiban sebagai warga negara. Tertuang dalam UUD 45 pasal 27 ayat 3, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Kamu pernah nggak sih, waktu kecil ingin sekali menjadi bagian negara yang tugasnya menjaga kedaulatan NKRI? 


Jika kamu masih mempunyai impian tersebut, yuk wujudkan keinginan tersebut di tahun ini. Bagi kamu, yang ingin bergabung menjadi bagian dari Kementerian Pertahanan dalam program Komponen Cadangan dapat menyimak syaratnya melalui postingan ini. Sebelumnya, mari kenalan dulu dengan KOMCAD. Apa sih itu KOMCAD? Ya, Komcad merupakan singkatan dari Komponen Cadangan. Penasaran nggak nih, komponen cadangan itu apa? Baiklah, melalui postingan ini akan dijelaskan Mengenai KOMCAD.


Latihan Dasar Militer

Komponen Cadangan merupakan program dari Kementerian Pertahanan di mana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 tahun 2021, komponen cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Komponen Utama di sini yaitu TNI atau  dikenal dengan Tentara Nasional Indonesia. Pak Prabowo mengatakan, masa aktif komponen cadangan hanyalah saat mengikuti pelatihan dan pada saat mobilisasi tetapi anggota komponen cadangan harus siap siaga jika dipanggil negara. Mungkin ada yang bertanya, Bagaimana proses jika tertarik menjadi bagian komponen cadangan? Berikut 5 syaratnya :


  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

  2. Setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

  3. Usia 18 tahun – 35 tahun.

  4. Sehat jasmani dan rohani.

  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Pasti ada pertanyaan, bagaimana proses seleksi penerimaan dan apa saja keuntungan yang didapat setelah diterima menjadi komponen cadangan? Untuk pendaftaran sila mengunjungi website / aplikasi mobile pendaftaran komponen cadangan Kementerian Pertahanan RI. Selanjutnya ikuti proses seleksi, dalam hal seleksi menggunakan sistem gugur. Proses seleksi lolos, maka akan lanjut ke LATSARMIL (Latihan Dasar Militer) selama 3 bulan, tahap terakhir merupakan pengumuman kelulusan latsarmil dan ditetapkan menjadi komponen cadangan pertahanan negara. Jadi, ayo siapakan dirimu yang terbaik!


Pendaftaran komponen cadangan akan dibuka sampai tanggal 8 Mei 2022, sementara jumlah personel yang akan diterima adalah 2.500 orang dengan rincian sbb ;

TNI AD  Kodam II Sriwijaya : 500 orang, TN AD Kodam VI Mulawarman : 500 orang

TNI AD Kodam XIV Hasanudin : 500 orang, TNI AL  Kodikmar Surabaya : 500 orang

TNI AL  Pusdiklatpasgat Bandung : 500 orang


Jadi, ayo segera mendaftar! Komponen cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional. Selanjutnya, akan membahas tentang apa saja sih tugas dan kewajiban Komponen Cadangan. Komponen Cadangan mempunyai tugas dan kewajiban meliputi :

* Komcad dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang.

* Komcad dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR dengan komando dan kendali berada di bawah Panglima TNI.

* Komcad hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara.

* Masa aktif komponen cadangan tidak setiap hari dan tidak setiap saat.

* Meski tidak aktif setiap saat, komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara.


Pada tahun 2021, telah diterima komponen cadangan berjumlah 3.103 orang yang ditugaskan ke sejumlah induk Kodam.


  • Rindam Jaya 500 orang

  • Rindam III Siliwangi 500 orang

  • Rindam IV Diponegoro 500 orang

  • Rindam V Brawijaya 500 orang

  • Rindam XII Tanjung Pura 499 orang dan;

  • Universitas Pertahanan 604 orang


5 Hak menjadi KomCad antara lain :

  1. Uang saku selama menjalani pelatihan

  2. Tunjangan operasi pada saat mobilisasi.

  3. Rawatan Kesehatan

  4. Perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian

  5. Penghargaan.


Jika ditelisik status Komcad ini bukan menjadi pegawai tetap namun tetap harus siaga ketika negara memanggil untuk bertugas. Ada hal menarik dari proses penerimaan KomCad yakni bagi mahasiswa bisa mengikuti seleksinya atas persetujuan rektor / dekan, berijazah minimal SMP / sederajat, bagi ASN harus mendapat izin dari HRD dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Sudah siapkah kamu menjadi bagian dari Komponen Cadangan? Sila melakukan pendaftran di website komcad.kemhan.go.id).


TNI dan Komcad itu berbeda ya teman-teman, kalau TNI merupakan komponen utama di mana dalam menghadapi ancaman militer dan sistem pertahanan negara, TNI menjadi komponen utama. Dalam hal ini, TNI merupakan angkatan bersenjata negara Indonesia yang berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan. Komponen Cadangan merupakan komponen pertahanan, pertahanan dalam sistem pertahanan rakyat semesta yang dianut Republik Indonesia yang berfungsi untuk memperkuat komponen utama yakni TNI.


Selain itu Komponen Cadangan bukan wajib militer ya. Pendaftaran Komponen Cadangan dibuka secara sukarela. Komponen Cadangan aspek SDM adalah warga negara yang memenuhi syarat dilatih dasar kemiliteran dan diorganisir dengan status tetap sipil. Pada saat digunakan melalui mobilisasi baru berubah menjadi kombatan/ militer. Yuk, persiapkan diri untuk menjadi bagian dari Komponen Cadangan!






Sumber referensi dan gambar : https://www.kemhan.go.id dan komcad.kemhan.go.id


7 komentar

  1. Keren ini programnya.. Sukarela gak ada paksaan utk ikut tapi digaji juga yak..

    BalasHapus
  2. baru aja mau tanya, apakah Komponen Cadangan adalah wamil seperti Korsel

    ternyata ada jawabannya di bawah :D

    mungkin karena wamil, setelah selesai ya sudah

    sedangkan Komponen Cadangan selalu ada kesempatan dipanggil

    BalasHapus
  3. Keren juga masuk Komcad untuk membantu pertahanan negara di saat genting. Yach setiap orang perlu membaktikan diri kepada negara.

    BalasHapus
  4. Luar biasa mereka yang berdiri di garda terdepan melindungi Indonesia. Merelakan waktu bersama keluarga demi negara tercinta. Semoga pahala selalu mengalir untuk mereka.

    BalasHapus
  5. Pasti seru ya ini program KOMCAD. Itung-itung jadi 'semacam latihan jadi TNI', tapi memang fisik perlu prima banget. Hayo yang usianya masih masuk hitungan segera daftar.

    BalasHapus
  6. Semoga keduanya sehat-sehat selalu dalam menjaga ketahanan dan keamanan, sehingga masyarakat tenang menjalankan rutinitas

    BalasHapus
  7. Jujur, gegara baca ini jadi tahu singkatan Komcad itu apa. Selama ini sering ngerti istilah itu tapi nggak tahu artinya dan bagaimana bisa jadi Komcad.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D