Mau ke Museum MACAN? Perhatikan 5 Hal Ini, Agar Ngebolangmu Seru

Dua minggu sudah terlewati di tahun 2018 ini, tidak terasa ya, hehehe. Masih semangat dong, mewujudkan resolusi tahun ini? Semangat ya! Mengawali minggu kedua di tahun baru ini, mau berbagi pengalaman saat mengunjungi museum MACAN di daerah Kebon Jeruk. Ah, museum Macan? Pasti hal pertama yang kamu pikirkan itu, pasti ada hewan MACAN, ya. Eitsss, bukan. MACAN di sini artinya, Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. 


Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Museum Macan, alangkah baiknya, menyimak postingan ini hehehe.

Museum Macan ini berada di AKR Tower, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, RT.11/RW.10, Kota Jakarta Barat. Sebelum, kamu memutuskan untuk berkunjung ke sana, perhatikan 5 hal berikut ini :

1. Usahakan jangan datang saat weekend, kalau bisa weekday 

Saran saya sih, ketika mau berkunjung ke Museum Macan, usahakan datang saat hari Selasa - Jumat. Kenapa, Selasa - Jumat? Karena, setiap Senin, Museum tutup. Dibuka dari jam 10 pagi sampai 7 malam. Berdasarkan, pengalaman saya, datang saat hari Sabtu tidak dianjurkan, kenapa? Ramai sekali euy. Kalau pun bekerja, kalian bisa ambil cuti sehari deh, tapi kalau sabar mengantri, yowes datang di hari Sabtu dan Minggu.


2. Usahakan datang pagi biar leluasa menikmati pameran lukisannya

Yaps, saya sarankan untuk datang pagi ke Museum Macan. Jangan sampai tiba di sana sampai jam 12 siang ya, antrian tiketnya akan ramai sekali.

3. Pesan tiketnya secara online biar praktis

Kalau kamu sudah yakin dan pasti untuk tanggalnya, langsung deh pesan tiket online di website Museum MACAN. Usahakan, sebelum jam 6 sore ya, dan kalau bisa H-2 pesan tiketnya. Proses verifikasi email memakan waktu 24 jam soalnya. Jadi, kalau sudah pesan tiket online, bisa langsung masuk deh tanpa memikirkan antrian panjang.

Antrian panjang menuju ruang Infinity

4. Pilih alat transportasi yang nyaman dan tidak ribet

Dalam berkunjung ke Museum MACAN, sebaiknya kamu memilih alat transportasi yang praktis. Gimana sih rute ke sana? Saya sarankan untuk naik TransJakarta sih, paling enak ambil jurusan Harmoni - Lebak Bulus. Lalu, turun di Halte Busway Kebon Jeruk (Kompas Gramedia), dan jalan sekitar 300M menuju AKR Tower (Museum Macan).

Kalau naik kereta bisa gak sih ke Museum Macan? Bisa dong, kamu bisa turun di Stasiun Palmerah, dan sambung ojek online biar praktis. Atau bagi yang berasal dari luar kota Jakarta, bisa naik bus turun di Tol Kebon Jeruk lalu jalan kaki, jaraknya kurang lebih 400M atau lebih praktis naik ojek online.

5. Siapkan kamera terbaikmu

Bagi kamu yang suka dengan latar belakang yang keren, sangat cocok untuk berkunjung ke Museum MACAN. Atau bagi kamu yang suka dengan keindahan seni sangat dianjurkan untuk ke sini juga. Terdapat kurang lebih lima puluh lukisan yang super keren. Memang sih, seni itu mahal harganya. Bisa belajar sejarah dan mengabadikan momen bersama teman-teman serta orang tersayang, ya.


Setelah membahas apa saja yang kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Museum MACAN, selanjutnya mari membahas apa sih Museum MACAN tersebut.  Sudah dijelaskan di awal paragraf pada postingan ini, Museum MACAN, yakni Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. 

Mengulik Museum MACAN

- Berbagai koleksi seni yang sangat mengagumkan

Sebagai penikmat seni, saya termasuk orang yang sangat mengagumi keindahan karya seni. Ya, saya tahu kalau proses pembuatan sebuah karya seni membutuhkan waktu lama dan harus telaten. Dibagi menjadi 4 karya seni, diantaranya : 1. Bumi, Kampung Halaman, Manusia, 2. Kemerdekaan dan Setelahnya Soekarno, 3. Pergulatan Seputar Bentuk dan Isi, 4. Racikan Global.


Racikan Global (Dokpri) 

FX Harsono
Wipe Out #1 (Penghapusan #1)2011
Acrylic on canvas
160 x 200 cm
© FX Harsono (Dokpri) 

- Harga tiket masuk Museum Macan

U
Untuk umum = 50 ribu, Pelajar = 40 ribu, anak kecil = 30 ribu. Tiketnya, hanya berlaku 2 jam, misalnya kamu pesan tiket untuk yang jam 12 siang, maka batasan masuk antrian ke dalam (loket masuk) sampai jam 2 siang. Tapi, untuk akses di dalam tidak ada batasannya.

- Jangan lupa untuk foto di ruangan Infity Mirrored Room

Nah, bagi kamu yang kids jaman now, sangat cocok untuk berfoto di ruangan Infity Mirrored Room, karya seniman Jepang, Yayoi Kusama. Di mana dihiasi dengan gelembung serupa lampu berwarna-warni, dan di kelilingi oleh air. Tapi, sayangnya saat berada di ruangan ini, tidak diperkenankan menggunakan flash dan waktunya sangat singkat 30 detik huhuhu. 

Sampai kapan Museum MACAN? 

Oh iya, jika kamu ada rencana mau mengunjungi Museum MaCAN, segera deh. Soalnya, hanya sampai 18 Maret 2018 (info yang tertera di tiketnya).


- Terapi di Ruang Floating Garden

Setelah lelah mengunjungi Museum MACAN, saya menyempatkan mampir di sebuah sudut bagi anak-anak yang bernama Floating Garden. Asli, di sini saya merasakan sebuah ketenangan dan kedamaian, seperti sedang terapi. Bagus sekali,  di mana kita bisa mewarnai gambar dan pensil warna, kertas sudah disediakan juga. Pokoknya, keren bangeeeet!
Floating Garden (Dokpri) 




Ada rencana ke Musuem MACAN? Happy weekend  ~

porary Art in Nusantara

58 komentar

  1. Bener juga sih ya, Teh. Jangan hari weekend. Mending dihari-hari biasa, agar lebih longgar. Baru dengar nama museumnya, tapi penasaran akan suasana dalamnya. Meskipun sudah tahu dari tulisan ini. Aku rasa dengan datang secara langsung akan baik. Bisa mengabadikan foto secara langsung disana..hehe

    BalasHapus
  2. Wow tiketnya hanya berlaku dua jam, hhh
    Bener, mending berkunjungnya pas weekday yak, sayang kan dua jam kl nggak bisa menikmati pameran lukisan karena terlalu ramai..

    BalasHapus
  3. Ih kereeennn, pengen ke sanaaa, kenapa dia temporer siiihhhh. Huhuhu.

    BalasHapus
  4. baru tahu ada tempat ini di Jakarta, hihihi... agendain ah

    BalasHapus
  5. Tiketnya ternyata dihitung perjam gitu ya, ini kawasan macet banget aku cuma ragunya itu aja hehhehe. Tapi kabarnya isinya bagus, suka juga sih ada museum kyk gini di Jakarta

    BalasHapus
  6. tentunya aku penasaran, karena aku suka dengan mueseum

    BalasHapus
  7. Lokasinya nggak begitu jauh dari kantorku di Palmerah nih, mba. Mau ah sekali skali ke sana. Tapi antriannya hanya 2 jam aja ya

    BalasHapus
  8. Wah, menarik banget nih. tapi memang baiknya weekday ya, ngeliat di instagram kayaknya juga rame banget di sana

    BalasHapus
  9. Hmm, baca judulnya pikiran udah ke MACAN binatang hahhaaa..

    Ternyata eh ternyata museum karya seni, aku belom pernah ke sini Mak.
    Aku hanya sebagai penikmat keindahan karya seni, suka seneng dan kagum dengan hasil2 mereka.

    Noted, iya pas weekday lebih leluasa yaa..

    BalasHapus
  10. wah kirain museum satwa heheh.. sayangnya bukan permanen ya.. atau mau pindah kota gt?

    BalasHapus
  11. Aaaa pengin banget ke sini. Fotonya seliweran di sosmed dan kayanya worth it buat didatengin

    BalasHapus
  12. wah baru tau museum MACAN ini ga familiar hehehe..sampe maret y mba lama cuman syang aku lagi hamil gede ga bisa ke Jekerdah :D

    BalasHapus
  13. Ternyata ada pameran kaya gitu dg pengunjung yang luar biasa antrinya. Mungkin ini agenda tahunan atau seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau, tapi kayaknya hanya momen tertentu saja deh

      Hapus
  14. sangat membantu tipsnya, dalam waktu dekat saya juga pengin kesana. mumpung di Jakarta, hehe..

    BalasHapus
  15. Museumnya keren. Pantesan pengunjungnya banyak, sampai ada batasan waktu untuk antri ^^

    BalasHapus
  16. Thank you infonya mbak! PEnasaran sama museum ini karena cuman sampai beberapa bulan lagi yaa ternyata.

    BalasHapus
  17. Iya ya kenapa kalau senin museum museum pada tutup yakk.. Dekeeetttt padahal. Aku baru tau. Tadinya aku kira ada macan hidup nya. Untung sampai maret, mau kesini deh kalau ada waktu

    BalasHapus
  18. Keren banget museumnya baru skrng lihat antrian ke museum seramai itu

    BalasHapus
  19. akupun juga suka kalau jalan - jalan di weekdays, kalau weekend nggak bisa menikamti suasana :))

    BalasHapus
  20. Kalo weekend udah pasti dijamin rame ya mbak. Memang lebih baik dateng saat weekdays aja.

    BalasHapus
  21. Tanya Floating garden hasil karya kita bisa di pajang di situ atau cuma bisa lihat doang

    BalasHapus
  22. Wah seru nih wisata ke museumnya..kpn kita jln barengan yuk tis :)

    BalasHapus
  23. Ini yg dinamakan maha karya ya. Ahh Jakarta lagi 🤣🤣 lumayan kalo dari Tangerang. Tapi mengedukasi juga sih ya buat anak2 harga tiketnya pun samalah kayak kita nonton bioskop yg 2 jam ya tapi lumayan nambah info nih karena anak kecil pun harga tiketnya beda dengan dewasa yess

    BalasHapus
  24. Pengen kesana tapi ngga jadi2, kapan2 kesana lagi nyoook

    BalasHapus
  25. Ini lagi hits banget di media sosial. Yaah sampai Maret aja ternyata yaa... Belum sempat ke Jakarta, udah tutup museumnya :)))

    BalasHapus
  26. Di museum ini banyak spot ciamik buat pose-pose kecehhh :D

    BalasHapus
  27. Wuahh..rame bgt ya..ternyata banyak penggemar seni. Artistik bgt sih klo liat pamerannya

    BalasHapus
  28. Museumnya keren, sudah sering liat liputannya di TV tentang museum ini. Semoga suatu saat bisa main kesana :-D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D