Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dicicipi

Semarang, setiap berkunjung ke kota Lunpia, berasa mudik ke kampung halaman, hehehe. Kota yang saya sempatkan untuk bertamu, minimal setahun sekali. Terakhir ke Semarang, saya ngebolang sama teman-teman, untuk keseruannya bisa dibaca di sini. Untuk tahun ini, tujuan ke Semarang, yakni, nyekar ke makam Mbah yang ada di Kendal sekalian nyobain tol trans Jawa, hehehe. 

Jika ditanya, perjalanan ke Semarang sangatlah lancar, hanya tersendat di tol Cikarang, Cikampek dan Karawang. Selepas itu, perjalanan lancar. Dari Cipali ke Semarang, lama perjalanan hanya sekitar 2-3 jam saja, dengan panjang tol 400KM. Nah, bagi yang mau berwisata ke Semarang, semoga postingan ini bisa jadi rekomendasi untuk memilih oleh-oleh khas Semarang :)

Semarang, terkenal dengan Simpang Lima, di mana, pada malam hari, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya. Beragam kulineran wajib dicicipi, begitupun dengan oleh-oleh khas. Penasaran dengan oleh-oleh khas Semarang, berikut oleh-oleh yang wajib dicicipi, jika berkunjung ke Ibu kota Jawa Tengah. 

1. Lunpia


Lunpia Ny Lien ini berada di gang kecil, namun keberadaan sudah terkenal sejak lama. Saya sudah pernah mencicipi, memang sih rasanya enak. Saya pun berkunjung ke Lunpia Ny Lien, karena pesanan teman saya. Lunpia Ny Lien berada di Gang Grajen, Jl. Pemuda No. 1 Pandansari, Semarang. Saya sarankan jika tidak mengetahui daerah Semarang, bisa memanfaatkan maps.



Untuk jam bukanya, Senin sampai Minggu, dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 10 malam. Oh iya, kalau bisa, kamu pesan dulu via telepon ya, biar besok saat sampai sudah siap. Bisa telepon Lunpia Ny Lien di nomor telepon 0243580734. Mengenai rasa pun beragam, ada yang original, seafood, special dan harganya dimulai dari 16000. Apakah kamu, sudah pernah mencicipi Lunpia Ny Lien?

2. Wingko Babad Cap Kereta Api


Semarang dikenal dengan wingko babad. Kalau menurut saya, wingko babad cap kereta api, mengenai rasa, lumayan menggoda di lidah dan enak. Untuk harganya pun beragam, rasa original dipatok dari harga 5500. Wingko babad cap kereta api yang rekomendasi ada di Jl. Cendrawasih No. 14, Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah. Patokannya dekat Stasiun Tawang. Saya saranin untuk pesan Wingko babad terlebih dahulu. Kamu bisa nelpon ke 0243542064. Mengenai rasa, ada rasa original, Kelapa, Cokelat, Nangka dan Durian. Ingat yang ada gambar keretanya.


3. Tahu Baxo Ibu Pudji


Tahu Baxo Ibu Pudji, begitu terdengar namanya, pasti para pecinta tahu baxo sudah hafal. Untuk lokasinya, Tahu Baxo Bu Pudji tersebar di kota Semarang, ada yang di Ungaran, dekat Undip, Pamularsih, Banyumanik. Untuk cabang Ungaran berlokasi di Jl Diponegoro No. 14 Mijen, Gedanganak, Kec.  Ungaran Timur, Semarang. Mengenai harga, untuk tahu baxo yang goreng, satu kotak, 37 ribu dan yang rebus 35 ribu. Sudah ada yang mencicipi? 


4. Bandeng Juwana


Selain Lunpia, ada satu oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu beli, jika lagi kelayapan di Semarang, yakni, Bandeng Juwana. Durinya sangat lunak, dan mengenai rasanya, nyummy. Untuk harganya berkisar 122ribu hingga 170ribuan. Dan lokasinya searah dengan Lunpia Ny Lien, di Jln Pandanaran No. 57. Dijamin ketagihan, heuheu. 

Sudah pernah ke Semarang? Apa favorit oleh-olehmu?


Salam, 

@titisayuningsih




43 komentar

  1. Syukur alhamdulilah, saya sudah sempat cicip semua oleh-oleh yang ditulis di sini. Memang mantap-mantap kuliner Semarang ini, soalnya bikin kangen. Jadi pengin ke Semarang lagi buat mencoba lunpia dan makan di restoran Juwana, hehe... atau makan Lekker Paimo, itu juga enak dan terkenal di Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lekker Paimo, bisa jadi rekomendasi saat ke Semarang (lagi) :)

      Hapus
  2. Iyaa kak beberapa aku udah nyobain pas kunjungan ke Semarang. Asli enak-enak yaah ternyata :D

    BalasHapus
  3. Wuaah, oleh2 diatas yg wajib bgt aku beli kalo pas ke Semarang :)
    Aduuh jd pgn ke Semarang deh lebaran kali ini :)

    BalasHapus
  4. Bandeng juwana dong juaranya haha
    Enak banget tis dimakan sama sambel dan nasi panas panas

    BalasHapus
  5. Aku suka wingko babadnya .Hemmm yummy..

    BalasHapus
  6. Suka dengan bandeng Juwana nya, btw saya pernah kuliah di Semarang, hiks jadi kangen Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuuuyyy mbak ke Semarang sambil nostalgia :)

      Hapus
  7. Waktu ke Semarang beberapa tahun alu hampir semua makanan di atas saya bawa sebagai oleh oleh. Kecuali tahu baxo. Kuliner Semarang memang enak enak.

    BalasHapus
  8. Semarang kota kenangan, pernah kerja disana dan test drive Indosat juga di Semarang 😁

    BalasHapus
  9. Paling sering dibawain Wingko Babad Cap Kereta Api nih kalo keluarga ada yang lagi tugas ke Semarang.

    Rasanya nggak berubah dari dulu. Khas banget.

    BalasHapus
  10. Lunpia itu Kuliner kas yang sayang banget kalau dilewatkan, daku bisa borong banyak dah 😂

    BalasHapus
  11. Bandeng memang paling enak nih. Pasti sedap banget ya.

    BalasHapus
  12. Duh jadi kepengen bandeng Juwana. Kalau aku suka Loempia Gang Lombok Mbak. Enaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted, bisa jadi rekomendasi nanti saat ke sana lagi.

      Hapus
  13. Saya ngebolang ke Semarang itu tahun lalu, Mbak.
    Lunpia, wingko dan Bandeng JuWana sudah saya coba. Termasuk banteng Juwana biasa dan vakum.
    Tapi.... tahu basonya belum. Jadi nyesal tidak cari setelah baca postingan ini hehehe.

    BalasHapus
  14. Sebelum ada tol, kalau mudik Madiun-Kediri, saya biasa singgah makannya di Semarang...sambil cari jajanan khasnya.
    Lunpia paling favorit, juga wingko, bandeng, tahu baxo...duh semuwa berarti ya haha
    Tapi setelah ada tol enggak mampir lagi...langsung cusss saja
    Jadi kangen Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makin asyik mudiknya lewat tol sambil kulineran mbak

      Hapus
  15. Sudah dong. Kebetulan kuliah disana. Paling suka dengan Gongso. Sempat cobain tidak?

    BalasHapus
  16. Tahu bakso udah juara banget buat aku mbam hehe. Lupa jarang beli euy padahal suka juga. Bandung, aku ga terlalu suka ikan heheh

    BalasHapus
  17. Lunpia sama bandengnya kalau tiap kali ingat oleh-oleh Semarang. Apalagi sama Lunpia, saya suka banget

    BalasHapus
  18. Pingin lumpianya.
    Ehh ternyata bisa pesen buat kirim luar kota, toh.
    Ok, noted.
    Nice sharing mbak.

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah ke Semarang. Tapi, sering banget dapet kiriman oleh2 seperti 4 item yang disebut di atas*

    BalasHapus
  20. Kalau aku suka lunpi, wingko kelapa, dan tahu.. Enak enak semua.. Aku komen di bulan puasa iki haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, yang kelapa rasanya emang nagihin sih mbak, wingkonya.

      Hapus
  21. Keempat oleh2 nya memang khas banget kota Semarang, yg terakhir biasa nyebutnya tuh bandeng presto

    BalasHapus
  22. Semuanya udah pernah nyicipin. Favoritku wingko dong, sayang gak tahan lama ya. Waktu itu pernah beli 5 besek dan ada yg jamuran karena kelamaan gak dibuka.

    BalasHapus
  23. Lunpia sama lumpia itu sama gak yah mbak? Kalo di Bandung sih biasa nyebutnya lumpia dan aku doyan banget hehehe


    Dan penasaran banget pengen nyoba wingko babad karena belum pernah. Nanti kalo mampir ke Semarang harus ngeborong nih hehehe

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D