Pengalaman Menyaksikan Uji Kesiapan Jaringan Indosat Ooredoo di Kota Makassar Menjelang Ramadan dan IdulFitri

Hmmm...tidak terasa bulan suci Ramadan akan segera menyapa kaum muslimin di seluruh dunia. Berbagai kegiatan menyambut bulan suci Ramadan sudah dilakukan, di mulai dari mempersiapkan kesehatan jasmani dan rohani. Banyak hal positif yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan, diantaranya mengaji, ataupun mendengarkan ceramah para ustad melalui streaming youtube. Apalagi, di era digital, kebutuhan untuk akses konten sangat beragam. Alangkah baiknya, menuju bulan suci Ramadan, streaming konten positif dan mendatangkan banyak pahala. Yuk, berbuat kebaikan.

Landmark Makassar
Nah, berhubung akan datangnya bulan suci Ramadan, akses internet serta kepuasan pelanggan dalam mengakses konten positif dan bermanfaat  menjadi fokus utama dari Indosat Ooredoo. Karena di bulan suci Ramadan, dapat dipastikan jaringan komunikasi dalam hal internet akan banyak diakses terutama saat sahur dan buka puasa. Nah, apakah kamu sudah ada agenda buka bersama? Saya jadi teringat, saat puasa, akan menggunakan akses internet untuk membangunkan teman untuk sahur ataupun memberi kabar saat sudah waktunya buka puasa.

Penasaran dengan uji kesiapan jaringan indosat Ooredoo? Cek infonya di sini :)

• Uji Kesiapan Jaringan Indosat Ooredoo serempak di 5 Kota di Indonesia •

Kamis-Jumat, 25-26 April 2019, menjadi saksi perjalanan uji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo di lima kota, yakni, Solo, Malang, Banjarmasin, Padang dan Makassar.  Pasti pada penasaran kenapa, lima kota tersebut yang dipilih Indosat dalam rangka uji jaringan? Karena lima kota tersebut, merupakan tujuan mudik utama di seluruh Indonesia. Dapat dipastikan, trafik telekomunikasi sangat tinggi pada lima provinsi tersebut. Dan membuktikan kalau jaringan #4Gpluskuat, tersebar ada di mana-mana, tidak hanya di DKI Jakarta saja, melainkan sudah merambah ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera dan Kalimantan. Ada yang mudik kelima kota tersebut?

Nah, sudah siap dong, menikmati jaringan Indosat menjelang Ramadan dan Idulfitri? Pastinya! Dimulai dari videocall, chatting via aplikasi, ataupun menjelajah dunia melalui internet.

• Dengan Strategi LEAD, Indosat Ooredoo Siap Hadapi Ramadan dan IdulFitri •

Dengan konsep strategi LEAD, Indosat Ooredoo, berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan melalui pembangunan jaringan berkualitas. Begini rinciannya, LEAD, yakni L adalah lampaui batasan untuk hasilkan kinerja terbaik bersama tim yang kuat. E adalah eksekusi pembangunan jaringan berkualitas video yang kompetitif. A adalah aktivasi percepatan B2B (Bisnis to Bisnis) sebagai mesin pertumbuhan baru. D adalah dapatkan kepercayaan dan berikan harga pantas untuk pelanggan. Dengan seiringnya tren digital dan penggunaan social media yang terus meningkat, pastinya akan mempengaruhi kesiapan kapasitas layanan data.


Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18,4 Terabyte/Hari. Tujuannya, yakni untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sekitar 15 sampai 20 persen. Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS/hari, selain itu disiapkan juga untuk kapasitas layanan suara hingga 37 juta Erlang/ hari. Penambahan sumber daya akan turut mendukung melakukan monitoring jaringan, agar para pelanggan dapat berkomunikasi di momen yang tepat bersama teman, sahabat dan keluarga, khususnya di momen Ramadan dan Idulfitri. Hadirnya jaringan 4G plus kuat dapat meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi di mana sudah menjangkau daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi dan secara nasional di seluruh Indonesia.

Di mana saja kah, spot yang dilakukan uji jaringan Indosat Ooredoo? 

Untuk kota Makassar, pada tanggal 25-26 April 2019, dilakukan uji jaringan 4G plus kuat yang berada di tempat yang padat aktivitas, seperti Bandara Hasanuddin. Selain itu, dilakukan juga, uji jaringan di tempat wisata, pantai Losari, tempat kulineran mencicipi makanan khas Makassar, Pallubasa hingga berkunjung ke Mesjid Almarkaz Al Islami Jenderal M Yusuf. Penasaran dengan uji jaringan Indosat Ooredoo di Makassar? Begini rinciannya :
Uji Jaringan Indosat Ooredoo di Pantai Losari (Sumber Kak Oskar) 

• Di Bandara Hasanuddin, Makassar, kecepatan jaringan Indosat berada di kecepatan download 53 Mbps.

• Setelah dari Bandara Hasanuddin, lalu menuju ke pusat keramaian di Pantai Losari, di sini, kecepatan download berada di titik terbaik, yakni, 93 Mbps.

• Saat mencicipi kulineran Pallubasa, kecepatan jaringan Indosat berada di 51 Mbps.

• Di pelabuhan Soekarno Hatta, dilakukan juga uji jaringan, dan kecepatan berada  di 55 Mbps.

Selain mengunjungi Pantai Losari, saya juga mengunjungi Pulau Samalona dan Benteng Fort Rotterdam. Gimana nggak senang coba? Sambil menikmati uji jaringan Indosat Ooredoo bisa menikmati liburan dan belajar sejarah juga.

Bagaimana Uji jaringan Indosat Ooredoo di Malang, Solo, Banjarmasin dan Padang? 

Di kota lain, seperti Malang, Solo, Banjarmasin dan Padang juga dilakukan uji jaringan di berbagai spot pusat keramaian. Kenapa di pusat keramaian? Karena akan terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri, diantaranya di alun-alun kota Malang, De Tjolomadu Solo, Jembatan Siti Nurbaya Padang, hingga Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Dalam kegiatan tersebut dilakukan uji terhadap kualitas sinyal serta kecepatan akses internet atau data pada masing-masing lokasi.

Untuk hasilnya, menunjukkan bahwa sepanjang rute uji jaringan aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Dapat dipastikan, dalam uji jaringan tersebut, jaringan 4G plus kuat secara kontinyu, di lima kota tersebut dengan melakukan berbagai aktivitas layanan, seperti download, live streaming youtube dan video call.

Oh iya, saya punya rekaman hasil video conference di lima kota tersebut, bisa cek di bawah ini, ya :










Jadi kesimpulannya adalah dalam kegiatan uji jaringan di lima kota tersebut, diperoleh kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps sampai 104,7 Mbps, dengan rata-rata download 85,33 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps (Losari Makassar), 76,5 Mbps (Kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo), 62,7 Mbps (Kawasan Alun-Alun Malang), 89,7 Mbps (Kawasan Gunung Padang) dan 104,7 Mbps (Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin).

Upaya Indosat dalam Meningkatkan Jaringan 4G Plus Kuat

Selama uji jaringan Indosat Ooredoo juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 4,47% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

Coverage Area jaringan Indosat Ooredoo di Kalimantan Selatan
Coverage Area jaringan Indosat Ooredoo di Jawa Tengah

Coverage Area jaringan Indosat Ooredoo di Jawa Timur

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional. Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring.

Coverage Area jaringan Indosat Ooredoo di Sulawesi Selatan 


Bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan.


Sudah ada rencana mudik ke mana, tahun ini? Selamat menyambut bulan yang penuh berkah, Ramadan dan Idulfitri bersama keluarga. Puasa nyaman, mudik tenang, pastinya komunikasi tetap terjaga dengan jaringan 4G Plus kuat Indosat Ooredoo :). Mohon maaf lahir dan batin ^^

48 komentar

  1. Mantap banget dong nih jaringan 4G Plus Indosat Oredoo, jadi gak galau lagi buat diajak travelling ya, gak susah sinyal lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, travelingnya jadi nyaman dan bisa terus update konten, ya, mbak

      Hapus
  2. Wah jd tertarik juga sama kartu Indosat Ooredoo, signalnya kuat ya, bisa jadi kartu kedua di hape saya

    BalasHapus
  3. Okelah ... sebagai pengguna Indosat, saya hanya bisa bilang: Mari kita buktikan waktu Lebaran nanti.

    BalasHapus
  4. Oh jadi ini yang menyebabkan Mbak Titis kemarin ke Makassar, hehe what an experience ya, Mbak. Bagus hasil tes jaringannya, semoga memang sesuai di saat Lebaran nanti, jadi tidak ada komplain pesan tidak terkirim atau telepon putus-putus karena kekurangan bandwidth, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Gara. Silakan dicoba, jika berkunjung ke 5 kota tersebut.

      Hapus
  5. Saya pengguna indosat ooredoo, paling kenceng di sekitar rumah dan ramah dikantong buat saya. Btw, selamat menyambut ramadhan, maaf lahir batin

    BalasHapus
  6. Wah, jadi pengen move on ke Indosat aja hehehee...

    BalasHapus
  7. keren banget ikut uji coba sambil jalan2. kukangen banget sama makassar jadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangen sama kulinerannya juga yg enak2 :D

      Hapus
    2. Iya, sambil liputan eh ada refreshing. Iya betul makanan di sana enak-enak

      Hapus
  8. Tis..gak pengen tes jaringan di Sumenep? hehehe... Semoga kualitas jaringannya bisa diandalkan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa direkomendasi ke Indosat untuk ke Sumenep, semoga yaaa. Tapi waktu itu pernah buat event di sana, Kak

      Hapus
  9. ya ampun bareng Indosat, jadi ingat event indosat di balikpapan..langsung ngebayangin ada Titis ikutan. Ibu saya pengguna indosat juga selalu senang pakai ooredo.
    Eh, jadi 5 kota besar itu tempat mudik ya. Okeh, ntar lagi saya mau mudik ke malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, mudik ke Malang ya mbak Lid. Moga kalau ada kesempatan bisa ke Balikpapan juga.

      Hapus
  10. Di Makassar jaringannya oke ya Tis. Sayangnya Titis sebentar banget di Makassar ya. Untungnya Kita masih bisa ketemuan 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke banget, Kak, semoga bisa berjumpa kembali.

      Hapus
  11. Asik, puasa lancar silaturahim lancar ya karena jaringan Indosat makin mntap

    BalasHapus
  12. Saya pengguna Indosat juga. Alhamdulillah banter banget jaringannya di Surabaya. Semoga pas lebaran nanti bakalan banter juga di kampung halaman... Sudah lebih 10 tahun lebih pengguna nomor Indosat, tepatnya dari tahun 2007

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, sudah lama juga ya mbak, semoga mudiknya nanti makin nyaman untuk silahturahmi juga

      Hapus
  13. Alhamdulillah solo masuk ke dalam jaringan ooredoo. Aman deh posting foto liburan lebaran haha

    BalasHapus
  14. Pengalaman tidak terlupakan pastinya menjadi saksi uji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo di Makassar. Indosat Ooredoo siap melayani pelanggan untuk memenuhi akses kebutuhan jaringan 4G plus kuat menyambut ramadhan dan lebaran.

    BalasHapus
  15. Wih.. wih.. Jadi kangen Makassar nih, Mbak Titis
    Terkahir saya ke Makassar Mei 2017 hehehe.
    Dan dengan hadirnya jaringan ooredoo, komunikasi makin lancar pas traveling ke sana nih.

    BalasHapus
  16. Wah Makin siap nih mudik. Ga bakal ilang sinyal. Terakhir ke Makassar 2014. Udah lama juga ya

    BalasHapus
  17. mba titis, sayapun pengguna setia indosat nih, semoga dimana mana sinyalnya makin bagus, jaddi traveling ke makasarr atau kmanapun gak khawatir lagi

    BalasHapus
  18. Jadi ga usah khawwatir ga ada sinyal ya kalau pakai Indosat dimana-mana jaringannya kuat.

    BalasHapus
  19. Keren juga nih Indosat Ooredo, uji cobanya di kota Daeng. Semoga nanti pas mudik jaringan tetap stabil

    BalasHapus
  20. wah jaringan udh siap untuk dipakai mudik di kampung halaman. Sinyal Indosat memang juara sih, di sumatera juga pling bagus mbk.

    BalasHapus
  21. Wahh kebetulan lagi mau pindah provider, indosat boleh nih dicoba

    BalasHapus
  22. Aku pemakai indosat nih kak, kok gk pernah dapat info kegiatan indosat ya.. Heheh

    BalasHapus
  23. Makassar Kota YG Kaya Akan budaya. Kemajuan teknologi komunikasi bikin orang senang

    BalasHapus
  24. Persiapan mudik gak hanya akses jalan aja ya yang terus bagus, akses internet pun perlu dikembangkan lebih baik

    BalasHapus
  25. Kalau pulang kampung terus menemukan jaringan internet yang kuat, rasanya bahagia banget. Sambil silaturahim dengan keluarga hubungan terhadap dunia luar tetap lancar

    BalasHapus
  26. 5 kota besar itu pada hari raya kemungkinan akan penuh dengan para pemudik, ya. Kalau udah seperti itu memang butuh sinyal yang bagus. Setiap orang sekarang pada menggunakan handphone

    BalasHapus
  27. Wahh..bagus ya terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya. Semoga lebih baik apalagi saat ini kebutuhan jaringan internet tuh udah kaya kebutuhan primer bukan sekedar komunikasi tapi juga akses informasi dan lain sebagainya

    BalasHapus
  28. Keren! rata-rata diatas 50MB/s, video call, voice call, download pasti cepat sekali meski ukuran filenya besar. Indosat makin bagus aja nih

    BalasHapus
  29. Makin luas aja nih Indosat, pas mudik gak perlu khawatir lagi deh gak dapet sinyal

    BalasHapus
  30. Jaringannya makin kuat ya Indosat. Jadi pengen ngetes di tempat saya. Paling seneng kalo jaringan internet kuat, kerjaan beres.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D