PERSAHABATAN

Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang mesti terpenuhi. Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau panen dengan penuh rasa terima kasih. Dan dia pula-lah naungan dan pendianganmu. Karena kau menghampiri saat lapar dan mencarinya saat jiwa butuh kedamaian. Bila dia bicara, mengungkapkan pikiran kau tiada takut membisikkan kata "tidak" dikalbuu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata "ya".




Dan bilamana dia diam, hatimu tiada henti mencoba merangkum bahasa hatinya karena tanpa ungkapan kata dalam rangkuman persahabatan, segala pikiran, hasrat dan keinginan terlahirkan bersama dengan sukacita yang utuh, pun tiada terkirakan. Di kala berpisah dengan sahabat, janganlah berduka cita karena yang paling kau kasihi dalam dirinya mungkin lebih cemerlang dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki , nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran. Dan tiada maksud lain menyisakan pamrih, di luar jangkauan misterinya, bukanlah kasih tetapi sebuah jala yang ditebarkan : hanya menangkap yang tiada diharapkan. 



Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu. Jika dia tahu musim surutmu, biarlah dia juga mengenal musim pasangmu. Gerangan apa sahabat itu, hingga senantiasa kau mencarinya, untuk sekedar bersama dalam membunuh waktu ?



Carilah ia, untuk bersama, menghidupkan sang waktu ! Karena dialah yang bisa mengisi kekuranganu, bukan untuk mengisi kekosonganmu. Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria, berbagi kebahagiaan. Karena dalam titik-titik embun pagi, hati manusia menemukan fajar hari dan gairah segar kehidupan.



- KAHLIL GIBRAN -



8 komentar

  1. barang siapa yang menemukan sahabar berarti dia telah menemukan harta karun

    BalasHapus
  2. jangan-jangan harta karunnya One Piece itu persahabatan? :D
    *maaf OOT

    BalasHapus
  3. Sahabat sejati selalu ada dalam suka dan duka, dialah pasangan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pasangan sehidup semati dalam dunia akhirat..semoga.

      Hapus
  4. Jadi inget sahabat sendiri :( kangeenn



    msmahadewi.com

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D