Pemanasan Global Kian Mencekam, Mari Peduli dengan Bumi dan Menjaga Lingkungan Sekitar

Setiap hari, selepas bangun tidur pagi, saya bergegas menuju kamar mandi. Aktivitas pagi hari meliputi mandi, beribadah dan menyiram tanaman. Ya, tinggal di pemukiman warga, meskipun tidak mempunyai halaman khusus untuk merawat tanaman hijau, tidak menyurutkan niat untuk tetap menjaga bumi. Langkah awal yaitu berkebun dałam pot. Sebagai manusia, kita mempunyai peran untuk turut menjaga bumi. Masih teringat dalam ingatan saya, saat dulu masih menjadi anak sekolah SMA saat pelajaran IPA membahas pemanasan global. Dulu hingga sekarang, persoalan pemanasan global tidak hanya menjadi tugas negara Indonesia saja namun negara dunia juga. Pemanasan global telah menjadi tantangan bersama. 

Bunga Anggrek hidup di pot, pribadi

Pernahkah, kamu mendengar atau menonton berita, es kutub utara mulai mencair? Pastinya, tahu dong info tersebut. Es kutub utara mencair, efek dari perubahan iklim yang terjadi. Pemanasan global itu apaan sih? Mengutip dari Wikipedia, pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Dampak pemanasan global sangat nyata, diantaranya, perubahan iklim, terjadi kekeringan, naiknya suhu permukaan laut bahkan bisa membuat kepunahan hewan.

Pemanasan global itu terjadi di sekitar kita, tahukah kamu, penggunaan AC juga termasuk dalam pemanasan global? Ya, freon AC dapat meningkatkan kadar emisi atau gas buangan yang dilepas ke lapisan ozon dan berdampak ke pemanasan global. Selain penggunaan AC, kebakaran hutan juga turut menyumbang pemanasan global, bagaimana tidak? Pembakaran hutan, akan menghasilkan karbon dioksida dan memengaruhi lapisan bumi yang semakin tipis. 

Lalu, selain penggunaan AC dan kebakaran hutan, apa lagi yang menyebabkan pemanasan global? Ya, kendaraan bermotor termasuk penyumbang terjadinya pemanasan global. Zat karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor, termasuk merusak lapisan bumi. Limbah industri dapat merusak pemanasan global, limbah yang tidak diolah dengan baik akan mencemarkan lingkungan sekitar.

Bagaimana cara untuk menjaga bumi dan menghindari pemanasan global? Caranya bisa dimulai dari diri sendiri, langkah pertama, buanglah sampah pada tempatnya. Bayangkan jika membuang sampah di laut, ekosistem di laut bakalan tercemar. Selanjutnya, mengurangi limbah plastik. Saat kita belanja di swalayan, pernah ada larangan tentang kantong plastik. 

Nah, tujuan pelarangan tersebut untuk mengurangi pemanasan global. Biasakan membawa tas kain sendiri, di mana bisa dipakai berulang-ulang saat belanja di swalayan. Sebagai pengguna transportasi umum, langkah yang diambil sangat tepat. Transportasi umum khususnya di Jakarta sudah sangat baik dan sudah terhubung antara moda transportasi satu ke yang lain sesuai dengan kepentingan pengguna. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu sudah turut menjaga bumi.

Tanaman di rumah (pribadi)
Kalau di rumah, kamu bisa turut berperan aktif dalam menjaga bumi dari pemanasan global dengan cara, menggunakan kain lap saat ingin lap tangan, kurangi penggunaan tisue dan AC. Jika panas, kamu bisa menggunakan kipas angin. Jangan lupa, menanam dan merawat tanaman agar oksigen yang dihasilkan dapat dirasakan. Ruang hijau publik dapat membantu menjaga bumi kita dari pemanasan global.

Hal sederhana yang dilakukan berulang setiap hari, dengan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan transportasi umum dan membawa botol minum, peran nyata untuk membantu bumi kita dari pemanasan global.


Sudahkah kamu turut berperan menjaga bumi kita dari pemanasan global? Yuk, ditunggu peran nyatanya :)

Tidak ada komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D