Mau Service Motor? Perhatikan 8 Bagian Ini!

Mau Service Motor? Perhatikan 8 Bagian Ini! Mempunyai kendaraan bermotor bisa dikatakan impian para pencari nafkah, tidak lepas di kota Jakarta ini. Motor bisa dikatakan sebagai alat penunjang dalam beraktivitas. Apalagi di Jakarta, di mana dari daerah A, B dan C perlu moda transportasi yang mumpuni seperti motor. Nah, untuk menunjang melakukan perjalanan, motor harus dalam keadaan baik. Tujuannya, agar motor tersebut tidak 'ngambek' dalam perjalanan. Saya, jadi teringat, pas waktu naik motor sama teman, merasakan ketidakseimbangan dalam duduk, ternyata setelah diselidiki, ban belakangnya kempes. Komponen ban ini sangat penting dalam kendaraan bermotor. Oleh karena itu, sebagai pengguna kendaraan bermotor, 8 bagian ini harus diperhatikan, apalagi saat sedang melakukan service motor. Service motor ibaratnya seperti pengecekan motor secara rutin, misalkan kalau sudah sampai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek pun beragam meliputi : memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Simak yuk postingan ini :)

Berikut 8 bagian yang harus diperhatikan saat service motor :

1.  Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Jadi, para pengguna motor, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak yang tempuh yang tercapai di mana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Umumnya, biaya yang harus dibayar meliputi biaya pembelian oli, untuk harga oli ini tergantung merknya dan biaya jasa ganti olinya. Namun beberapa tahun terakhir, sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000Km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi, ya wajar kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa karena memang tertinggi di kelas oli. Perhatikan juga ya, untuk oli motor matic, bebek dan sport berbeda.

Oli Motor Bebek (Gambar by Planet Ban)
2. Busi

Busi merupakan bagian motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk menjamin aman dan nyaman dalam berkendaraan bermotor, busi ini, bagian yang harus diganti dan jangan lupa untuk ditanyakan kondisi busi saat akan service motor ya.

3. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Merupakan komponen motor yang berpengaruh besar pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun kurang pakem dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Apalagi kalau di jalanan, ketika tiba-tiba di depan kita ada kendaraan yang rem, maka secara tidak langsung, kita yang di belakangnya akan ngerem juga. Inilah alasan penting, kondisi kampas rem harus selalu dicek saat service motor.

4. Oli Gardan

Untuk kamu pengguna motor matic, wajib rutin ganti oli garden, di mana fungsinya oli gardan untuk melumasi gear yang ada di CVT (Continuously Variable Transmission). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli garden.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti baru.

6. Ban

Ban, salah satu bagian penting dari kendaraan bermotor dan perlu pemeriksaan rutin. Seharunsnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (ban gundul atau tidak) dan sebagainya. Apalagi sekarang lagi memasuki musim hujan dan jalanan licin, jadi kondisi ban harus benar-benar bagus.

7. Aki atau Accu

Tegangan pada aki, idealnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara, jika mesin menyala, maka tegangan aki berada 13,7- 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak, harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

8. Tune Up Motor Rutin

Service motor tune ap adalah service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson. 

Untuk tune up disertai dengan oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart. Namun, tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahalu kepada pelanggan. Jika, pelanggan setuju, baru mekanik akan melakukan perbaikan.


Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Kendaraan motor yang kamu pakai setiap hari, setidaknya harus dilakukan perawatan dan mencari bengkel service motor yang bagus. Nah, melalui postingan ini, aku mau merekomendasikan Planet Ban. Kenapa harus Planet Ban sih? Di bengkel ini, kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru, penasaran apa maksudnya? Service motor rasa baru dikenal dengan sistem service terpadu. Tujuan melakukan service ini yakni untuk upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan service motor rasa baru yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarak dicek dan disetel rutin.

Planet Ban

Jika kamu melakukan service di Planet Ban, akan mendapatkan 4 manfaat yaitu :

1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.

2. Jika dipadukan dengan penggunanan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng.

3. Ganti oli cukup mencapai jarak tempuh 5000Km saja (antara 4 s/d 6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis menjadi lebih hemat.

4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa Beda Service Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain?

Apa sih kelebihan service motor di Planet Ban dibandingkan dengan tempat lain? Jika kamu service di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor menjadi berat. Sementara, jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan sehinnga seperti baru. Bahkan, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sia pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban membuat motor kamu seperti punya mesin baru loh. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin jadi bersih total. Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, hanya Rp 20.000 untuk motor injeksi dan service CVT sekaligus rantai juga Rp 19.500, bahkan service throttle body juga cuma Rp 20.000. Bagaimana, terjangkau bukan?

Jadi, yuk service motor di Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa baru. 8 bagian yang sudah disebutkan di atas Jangan lupa diperhatikan saat service motor ya, teman-teman.



15 komentar

  1. Jadi ingat motor suami tadi sempat nggak bisa jalan. Memang harus perawatan teratur ya motor, biar terus awet dan enak dipakai.

    BalasHapus
  2. Planet Ban jaid andalan deh, suamiku juga kesitu kalau mau service atau ganti ban dan oli, enak, aman dan nyaman apalagi Deket dari rumah

    BalasHapus
  3. Titis asli nih pemeliharaan motor ternyata gak gampang ya, aku juga ngerasain wkwkwk ternyata bisa habis banyak juga. Kalau di planet ban pasti beda

    BalasHapus
  4. 8 bagian di atas memang wajib diperharikan saat servis motor ya, Mbak. kalau semua oke, maka performa motor makin mantap, dan pastinya akan menunjang aktivitas kita.

    BalasHapus
  5. Noted banget! Saya suka banyak hal, tapi kalau masalah otomotif, jujur saya buta, hahaha.
    Tulisan ini mau saya save ah, nanti wajib dibaca lagi pas mau service.
    Btw, saya penasaran mau service di Planet Ban, kayaknya menarik

    BalasHapus
  6. Saya pribadi sudah pernah coba layanan di Planet Ban dan memang cukup baik. Selain cepat juga produk-produknya pasti berkualitas.

    BalasHapus
  7. Merawat motor agar selalu dalam keadaan apik memang jadi PR, tapi kan demi keselamatan ya, jadi ya harus dilakukan. Masa bisanya berkendara aja, tapi merawatnya enggan hehe

    BalasHapus
  8. Duh, jadi malu di deket rumah ada Planet Ban dan banyak bengkel lainnya tapi jarang banget servis. Habis sibuk (cailah) wkwkwk. Tapi memang lebih baik rutin berkala sebelum motor malah rusak dan jadi keluar ongkos besar.

    BalasHapus
  9. PLanet Ban jadi andalanku banget apalagi suami kan tiap hari kerja menggunakan sepeda motor sebagai transportasi. Data kita juga sudah tercatat di data base Planet Ban

    BalasHapus
  10. Deket rumah ada nih Planet Ban. Kirain cuma jual ban doang, taunya ada service motor juga. Pantas selalu ramai...Memang kalau motor mau awet, yaaa...harus rajin perawatan deh...

    BalasHapus
  11. Wah recommended banget ya servis di Planet Ban. Pelayanannya bagus hasil servisnya juga memuaskan gak bikin kita was-was soal motor.

    BalasHapus
  12. Anakku banget nih
    Setiap pulang ke Bandung pasti langsung bawa sepeda motor ke Planet Ban untuk service
    Karena dia selalu memastikan sepeda motornya kinclong dan lancar ketika dipakai

    BalasHapus
  13. Kemarin tuh iya kerasa gak enak banget sama kendaraan yang aku pakai.
    Ternyata bener deh.. ada bocor alus dan memang ban-nya butuh diganti karena uda aus.
    Nah, kalau uda begini butuh banget referensi Bengkel Service Motor Terbaik Planet Ban.

    BalasHapus
  14. Saat servis motor jangan lupa memperhatikan 8 bagian penting tersebut ya mbak
    Motor emang harus rutin di servis

    BalasHapus
  15. Masalah servis motor ini memang nggak bisa diabaikan ya kak apalagi kalau sudah ngomong oli harus memang ganti dengan oli yang sesuai dengan motor kita

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D