Tips : Cara Menulis Konsisten di Blog

Halo para newbie ! Ya, kita seirama masih pemula dalam dunia blogger ini, toss :D. Bolehkah seorang anak yang umurnya lebih muda memberikan semua nasehat kepada orang yang umurnya lebih tua ? Mungkin ini fenomena yang "sering" terjadi dan seperti tidak masuk akal ya namun tanpa tersadari nasehat dari "mereka" ada benarnya juga loh, misalnya kita ambil contoh sederhana saja ya. Contoh sederhana itu sebagai berikut. Saat orang tua (Ayah ) kita sedang merokok di ruang tamu, tanpa disadari kegiatan merokok tersebut di lihat oleh anaknya, secara tidak langsung pasti anak tersebut menasehati, soalnya sih anak sudah duduk di bangku sekolah dasar dan telah mendapatkan pengetahuan tentang bahaya merokok.




Oleh karena itu sih anak berani menasehati ayahnya kalau merokok itu tidak menyehatkan dan Ayahnya pun mengiyakan karena dia telah malu ditegur oleh anaknya, setidaknya dia ( Ayah ) harus bisa memberikan contoh yang baik di depan anaknya.


Nah, seperti halnya saya di sini, meski masih pemula ngeblog, boleh dong saya membagikan tips : cara menulis konsisten di blog meski masih sederhana dan harap maklum soalnya masih tahap konsisten belajar ngeblog dari tahun 2011 hingga sekarang.


Sumber : google

Ngeblog adalah kegiatan tulis menulis yang dilakukan oleh sebagian orang saja, kenapa sebagian? Ya, karena sebagian orang saja yang menyenangi dunia membaca serta akan dibagikan melalui dunia menulis dimana berisi tentang pengalaman hidup serta berbagi ilmu via tulisan secara free, yang bisa dibaca oleh khalayak umum. Meski, saya masih pemula di dunia blog saya akan share tips cara menulis konsisten di blog meliputi :


1. Lihatlah di Sekitarmu

Kenapa harus melihat sekitarmu? sederhana sekali jawabannya, karena melalui sekitarmu dapat ditemukan berbagai bahan yang bisa kita olah menjadi bahan tulisan yang hendak kita tulis di blog. Hmm..seperti apa tuh contohnya? Misalnya, saat kita sedang menunggu  bus di halte atau commuter line di stasiun dalam rentang waktu yang cukup lama, pasti banyak kegiatan yang kita lakukan dari membaca buku, majalah, koran atau sibuk dengan gadget. 



Nah, dari situ kita bisa kembangkan menjadi obrolan kita di postingan blog. Setelah itu, ketika kita sudah berada di dalam bus pasti kita melihat beragam kegiatan yang terjadi, ada "musisi jalanan" yang menyanyikan beberapa lagu Indonesia atau Barat yang mempunyai suara merdu, itu pernah saya temukan di mayasari AC 84 jurusan Pulogadung-Depok dimana kalian bisa mengulas lebih luas lagi fenomena "musisi jalanan", saya lebih respect melihat mereka yang menyanyikan live daripada "sebagian musisi" membudayakan lip sync *eh.



Dan masih banyak lagi peristiwa sehari-hari yang bisa kalian olah menjadi bahan postingan di platform blog.


2. Tulis Saja Semaumu dan  Sesuai dengan Feel atau Moodmu

Hmm..kenapa saya menyarankan untuk tulis saja sesuai dengan feel atau moodmu, karena berdasarkan pengalaman saya dalam menulis di blog, saya lebih mendapatkan semangat dan pikiran itu akan terbuka lebar jika feelmu lagi bagus tanpa paksaan kecuali kalau kamu sering ikutan GA alias give away pasti ada tema yang sudah ditentukan. Nah dari menulis sesuai feel, kamu akan sering berimajinasi dalam menggunakan kata-kata dari yang tidak puitis menjadi puitis, misalnya itu diketahui ketika sedang merasakan jatuh cinta, terus kalau patah hati gimana? tulis saja!



Tidak ada salahnya juga kan membagi pengalaman pahit kepada yang lainnya, setidaknya dalam kisah kamu, menyelipkan kisah yang bermanfaat juga. Jika ada yang berkomentar blogya berisikan tentang curhatan pribadi, jangan menjadikan kamu ngedown dalam ngeblog anggap saja sebagai kritikan yang membangun. Kalau saya sih, jika ada yang mengatakan seperti itu ya terima saja jika memang sebagian blog kita berisikan curhatan pribadi. Ya namanya juga masih tahap belajar menulis jadi tulis saja semaumu selagi masih ada tahap sewajarnya.



Jika sudah mendapatkan feel menulis dalam arti yang luas, nah kamu bisa mengembangkan lagi tulisanmu untuk tema yang lebih menantang dan jangan lupa selipkan juga manfaat tulisan kita agar pembaca yang berkunjung ke blog kita merasa senang.



Jika feel atau moodmu sedang bagus-bagusnya pasti satu hari kalian bisa memposting tulisan lebih dari lima deh. Pecaya deh, gaya penulisan kamu dalam blog akan berubah dengan sendirinya jika kamu rajin latihan menulis dan membaca buku juga.


3. Simpan Tulisan di Draft atau Memo

Jika kamu lagi bersemangat dalam menulis, kebetulan sedang berada di jalan dan menemukan bahan yang pas untuk dijadikan bahan postingan. Nah, tugas kamu adalah menyimpan bahan yang akan dijadikan postingan tersebut dengan menyimpan ke memo handphone, cukup kamu tulis judulnya dan ditambahin dengan kalimat utama pembuka paragraf, nanti setelah sampe di rumah kamu bisa kembangkan lagi kalimatnya yang tadi sudah tersimpan rapi di memo itu.



Sekilas info saja, hal yang tadi saya share itu sudah saya praktekan saat saya sedang melaksanakan On Job Training di Perusahaan, kebetulan saya langsung berpikir untuk menulisnya di memo alhasil setelah sampe rumah, bahan untuk postingan yang tadi saya simpan di memo handphone, setelah saya kelola lagi jadilah satu postingan dan siap mejeng di blog hehehe.




Untuk kamu yang sedang tidak berlangganan paket data atau masa aktif pulsa internet habis, jangan risau jika kamu menemukan ide untuk memposting di blog nanti, eksplor lagi ide kamu, dan bisa kamu praktekan dengan menulis di word ibaratnya simpan dulu di draft, tanpa disadari efek semangat kamu yang menggebu saat menulis sudah berhasil menghasilkan dua sampe tiga postingan yang siap di pindahkan ke blog. Harus di coba loh cara ini :)



Ya, sekiranya begitu saja tips sederhana dari saya yang masih pemula di blog semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba ya tips sederhana dari saya :).  Semoga semangat saya akan terus menyala untuk menulis , bisa konsisten juga menulis di blog meski kesibukan sering melanda dan menyita waktu.


Kamu punya tips cara menulis konsisten di blog juga? Yuk sharing di sini :)


Salam Menulis dan Ngeblog!

25 komentar

  1. Ulasannya menarik...
    Thanks tipsnya ^_^

    BalasHapus
  2. tips yang kedua kayaknya harus terus diasah nih mbak, kadang nulis tergantung mood. duh, payah yah :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga lagi mencoba mengasah lagi. Intinya kita harus tetap semangat menulisnya :D

      Hapus
  3. Waah.. newbie tapi udah aktif sejak 2011 yaa Mbak.. Hehehe..
    Kalau itu bagi saya sih udah lebih senior.. -_-

    Setuju banget dengan 3 point diatas,, saya juga sering praktekin cara2 seperti itu Mbak.. masih belajar untuk konsisten juga nih!! Euyah, bicara soal draft alau boleh mampir saya punya alternatif seru nih >> http://www.chaidir.web.id/2013/08/cara-menulis-asyik-draft-onenote.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi baru aktif ngeblog baru setahun belakangan ini mas dan masih banyak yang harus saya pelajari lagi di blog hehehe . Siap mampir ^^

      Hapus
    2. Ooh sama2 newbie brarti.. saya bru aktif bln Maret kemarin..

      Euyah, kayaknya tulisan ini cocok untuk diikutkan GA Ika Koentjoro lhooh Mbak..
      Temanya pas ttg cerita pengalaman supaya eksis ngeblog.. ^_^
      Saya lagi nyari ide mau ikutan jga..

      Hapus
    3. Iya mas, namun lebih baik untuk mengikuti GA saya coba menulis lagi dengan ide yang lain deh. *kalau berminat*

      Hapus
  4. iya saya setuju, menulis berdasarkan mood..

    tapi saya justru jadi blogger suka-suka mba, maksudnya ya suka-suka saya mau nulis atau ga :D.. payah ya..krn memang sy cuma menumpahkan uneg-uneg atau apa yang sedang terlintas dipikiran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm..saya juga dulu seperti itu dan kadang sekarang juga masih terbawa hehehe. Tetap semangat menulis ^^

      Hapus
  5. Saya juga kalo ada ide dikit aja, pasti langsung nulis di draft atau memo, sebelum idenya menguap entah ke mana. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp mbak, saya pun demikian soalnya mencari ide kan gak mudah gak susah jadi manfaatkan saja jika sudah ada idenya :D

      Hapus
  6. emang buat konsisten itu susaaah :'))
    saya udah punya blog sejak sma tapi postingannya baru dikit banget... ide sih sebenernya banyak, masalah utama saya ya males, hahaha XD
    oh iya, salam kenal ya mbak~ doakan saya biar bisa konsisten nulis :))
    kalau mau saya tunggu kunjungan baliknya~ ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, oleh karena itu kita diwajibkan "mencoba" untuk konsisten :D. Salam kenal kembali mbak, ayooooo semangat menulis ^^

      Hapus
  7. Ijin menyimak untuk belajar ya Mba.

    Salam wisata

    BalasHapus
  8. Ijin membaca dan bener juga nich tulisan nya. Dah aku praktekan buat ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, makasih sudah membaca dan berkunjung di blog saya ya :)

      Hapus
  9. kalo ada orang yg nanya saya seperti yg tertera di point no.2, saya akan jawab, "terserah gue dong ini kan blog pribadi gue, bukan blog khusus otomotif atau blog khusus komputer" hehehe
    btw, ini balasan kunjungan balik saya setelah mbak komen di postingan saya yg ini http://yusufismail91.blogspot.com/2013/09/mangkuk-rezeki.html
    thanks & salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anggap aja itu sebagai bahan evaluasi blog di masa mendatang hehehe. Btw, terima kasih sudah blogwalking balik ya mas ^^

      Hapus
    2. sama-sama mba, btw tulisan2nya bagus juga.. salut (y)

      Hapus
  10. Ide ada dimana-mana cuman kadang susah nangkepnya. Tipsnya bisa langsung aku terapin nih.
    makasih ya sudah berpartisipasi di GAku ^^

    BalasHapus
  11. Hm ... kalau saya sih biasanya, semangat menulis karena banyak ide untuk ditulis... nah kalau nggak sedang depan komputer... saya langsung tulis pokok yang akan saya tulis di buku catatan. yg kudu dibawa kemana-mana. Kalau lagi buntu ide, biasanya bisa dibuka pake baca buku santai, atau blogwalking sebanyak mungkin... pasti dapat inspirasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, karena ide itu sebenarnya ada dimana-mana ya :)

      Setuju, blogwalking juga selain menambah teman, bisa mendaptkan inspirasi ya untuk menulis nanti hehe.

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D