Tips : Memperlebar Networking

Jika membahas mengenai networking, maka akan berhubungan dengan ruang lingkup yang luas (lagi). Biasanya, networking mempengaruhi cara berkembangmu dengan lingkungan sosial. Misalnya, untuk kamu yang berprofesi sebagai entrepreneur, maka kamu memerlukan inovasi dalam mengembangkan bisnisnya untuk memperluas networkingmu. Atau bagi Anda seorang Direktur, maka sangat disarankan untuk bisa memanfaatkan networking untuk menjalin relasi dan lain-lain. Nah, bagi saya dalam menunjang "passion" di dunia blog, maka networking sangat saya perlukan. Namun, apakah saya bisa dengan mudah untuk memperluas networking saya?




Jujur, saya akui dalam dunia blog jika bukan diri sendiri yang menyuruhmu untuk maju maka dapat dipastikan kehadiranmu seperti hembusan angin loh. Hembusan angin, dimana hanya bisa dirasakan hanya sesaat dan jika sudah dirasakan akan hilang begitu saja.

Salah satu penunjang networking, yaitu dengan mempunyai kartu nama ; bisa dipesan di http://www.praktisprint.com

Nah, tips sederhana dari saya yaitu untuk memperlebar networkingmu khususnya di dunia blog, semoga bisa membantu ya :

1. Rajinlah Menulis di Blog

Ya, sebagai seorang blogger sudah tak begitu asing lagi dengan dunia menulis. Sebagai bentuk konsisten kita yang mengatasnamakan "passion", maka kita sangat dianjurkan untuk update postingan di blog kita. Gimana bisa dilirik sama brand, kalau update postingan saja gak mau? Yuk, sebelum memperluas networkingmu di dunia blog, saatnya perbaiki dahulu kualitas menulismu dan jangan lupa saling blogwalking.

2. Aktif di Komunitas Blog

Setiap "passion" pasti mempunyai wadah anggotanya untuk berkembang lebih pesat lagi. Jadi, jika kamu sudah menemukan apa passionmu, segera-lah bergabung dengan komunitas yang mempunyai visi dan misi yang sejalan. Hadirilah jika ada undangan dari komunitas yang kamu ikuti dan mulai-lah aktif untuk saling berinteraksi dengan anggota lainnya. Pertama, memang akan merasakan canggung dan terasing jika belum kenal. Tapi, bukankah itu salah satu siklus hidup? Mari berkenalan! Dari berkenalan bisa saling tukar informasi dan tentukan akan memperlebar networkingmu.


3. Asah Skillmu dan Networking akan Mengikutimu

Yaps, skill memang harus dimiliki oleh setiap orang, untuk menunjang masa depan. Untuk apapun skillmu, selagi masih dalam batas wajar dan positif lakukanlah. InsyaAllah, networking akan melirikmu. Karena networking akan berjalan lurus dengan skill yang kamu punya, percaya deh!


Nah, untuk para blogger dalam memperlebar dunia networking harus mempunyai skill yaitu menulis. Asah terus yang menjadikan kamu bisa berkembang dalam hal membangkitkan produktivitas. Selain menulis, para blogger juga harus mempunyai identitas diri, biar semakin kece saat dilirik yang lebih luas lagi dalam dunia networking. Yaps, blogger memerlukan identitas diri berupa kartu nama. Karena melalui kartu nama, kita bisa saling tukar informasi dan pastinya akan memperlebar networkingmu juga.

Terima kasih sudah membaca Tips : Memperlebar Networking dan selamat berkarya!

26 komentar

  1. Pengen aktuf di komunitas, tp klo ada event, acaranya lumayan jauh huhu

    BalasHapus
  2. Naahhhh.......... Kartu Namaaaa...
    Sudah sejak lama aku pngn bikin kartu nama, tapi sampai sekarag belum jadi-jadi juga. Huhuhu.......

    Mungkin solusinya bisa bikin di praktisprint aja kali, ya. Tinggal bikin online kemudian jadi :D

    BalasHapus
  3. cantik kartu namanya. Asyik aku juga sekarang udah punya kartu nama :)

    BalasHapus
  4. musti rajin bersilaturrahim yaa, baik di dunia maya maupun dunia nyata :)

    BalasHapus
  5. Huuwaaa...itu bagus kartu namanya. Bunga-bunga :)

    BalasHapus
  6. kudu itu punya kartu....
    biar............dapet dorpres :v

    BalasHapus
  7. harus punya self branding juga berarti ya, mbak.. sering posting blog ini lho yang kadang susah, hehe. makasih tipsnya.. :))

    BalasHapus
  8. Pingin kembali aktif di komunitas, tapi waktu blm bersahabat. Hiks Pdahal emang paling ajib banget komunitas utk perluas networking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti Mbak, setelah lahiran bisa aktif lagi dalam komunitas :)

      Hapus
  9. setujuuu, rajin BW juga termasuk ya mbak, kalo ketemu kita tukeran kartu ya

    BalasHapus
  10. masih harus mengasah nih mba hehehe...

    BalasHapus
  11. Wah, dirimu pesen yang bunga-bunga ya, Tis. Aku masih bingung pilih yang mana. :))

    BalasHapus
  12. perlu diterapkan ni tipsnya mbak,,, biar semakin luas networkingnya.. :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D