Menikmati Weekend di Kampung Betawi Setu Babakan dan Masjid Kubah Emas di Depok

Menikmati Weekend di Kampung Betawi Setu Babakan dan Masjid Kubah Emas di Depok. Weekend! Bagi saya weekend seperti hal istimewa, bisa kelayapan dan kulineran, berkumpul bersama dengan orang terkasih menjadi andalan. Pada beberapa bulan lalu, akhirnya saya mengunjungi tempat wisata impian yang baru bisa kesampaian di tahun ini, yaitu : Kampung Betawi dan Masjid Kubah Emas Depok. Kenapa dua tempat tersebut? Kampung Betawi, Setu Babakan, karena saya penasaran dengan kisahnya dan Masjid Kubah Emas di Depok, penasaran dengan emas di kubahnya, pastinya kemegahan juga. Yuk, mari kita jalan-jalan ke Kampung Betawi, Setu Babakan dan Masjid Kubah Emas di Depok melalui postingan ini :)

Sepasang Ondel-ondel di Kampung Betawi, Setu Babakan

Kampung Betawi, Setu Babakan

Perkampungan budaya betawi, merupakan kawasan yang lokasinya di Jakarta Selatan, di mana terdapat budaya Betawi baik kesenian, adat istiadat, sastra, kuliner hingga arsitekturnya. Kawasan Perkampungan Betawi terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan luas 289 Ha. Jujur, saat berkunjung ke sini, rutenya agak sulit, patokannya Universitas Pancasila, lalu jalan sekitar 200-300M ada pertigaan dan belok kiri, seingat saya lewat Jalan Moh Kahfi. Menuju ke sini, saya mengandalkan maps dan tanya ke warga sekitar. Setelah menempuh perjalanan selama satu jam dari Jakarta Timur, akhirnya saya sampai di Kampung Betawi, Setu Babakan. Saya sampai di sana masih pagi, sekitar jam 9an. Untuk tiket masuknya gratis ya. Nanti ada petugas yang mengarahkannya. Oh iya, hal istimewa ketika sudah sampai di sini yaitu Ondel-ondel.




Ondel-ondel akan menyambut kehadiran pengunjung dimulai dari pintu masuk, sepasang ondel-ondel, perempuan dan laki-laki. Mungkin, karena saya datang pagi ya, jadi belum ada acara apapun. Menurut saya, seperti museum di sana isinya, ada Ondel-ondel lagi di area dalam, baju pengantin ataupun adat istiadat Betawi, informasi makanan khasnya, hingga ada setrika arang. Setelah saya mengelilingi bagian dalam, saya ke bagian belakang, di sana terdapat sebuah taman dan ruang terbuka maybe tempat berkumpulnya kalau ada pertunjukan. Saya sempat juga melihat ada rumah panggung gitu, entah bisa digunakan untuk menginap atau tidak. Namun, kondisi toilet kurang bersih dan ada nyamuk, apa efek dekat kebon belakang ya. 



Museum Betawi

Selain ada museum, ada wisata delman juga di area dekat danau, namun sangat disayangkan kondisi danaunya airnya keruh. Nah, bagi yang ingin membeli ondel-ondel, silakan datang ke Perkampungan Betawi, Setu Babakan atau yang ingin melihat kondisi warga Betawi asli bisa langsung datang. Saya berharap, semoga akan banyak yang mendatangi Kampung Betawi diiringi dengan memadainya fasilitasnya. Tetap lestari untuk budaya Betawi. Alhasil....rasa penasaran saya dengan Kampung Betawi, Setu Babakan sudah terjawab.

Masjid Kubah Emas, Sawangan, Depok

Setelah dari Kampung Betawi, Setu Babakan, saya melanjutkan perjalanan ke Masjid Kubah Emas, Sawangan, Depok. Perjalanan ke sini agak ruwet jika tidak lewat tol. Menelusuri perjalanan dan sampailah di Masjid Kubah Emas. Tepat satu jam sebelum waktu Zuhur, saya bersama orang tua sudah sampai di sini. MashaAllah, seperti merasakan mimpi itu terwujud. Akhirnya....saya sampai di tempat yang sudah saya ingin datangi sepuluh tahun silam. Megah sekali bangunan masjidnya. Jika kamu berkunjung ke sini, untuk area parkir kendaraan bermotor ada di depan (gerbang masuk) dan jalan ke dalam ke tempat Masjidnya lumayan jauh, begitupun jika kamu membawa mobil atau bus, parkiran ada di area belakang dan jalannya pun lumayan jauh. Panasnya kota Depok itu sangat menyengat, jadi lebih baik siapkan minum ya, jangan sampai dehidrasi. Sebelum masuk ke Masjidnya, akan disamperin juru foto yang siap mengabadikan momen indah bersama orang terkasih. 

Masjid Kubah Emas Depok Jawa Barat



Masjid Kubah Emas atau dikenal dengan Masjid Dian Al-Mahri ini dibangun oleh Ibu Hj Dian dengan luas area 50Ha. Di area kubahnya terdapat emas dan dapat digunakan oleh publik sejak tahun 2001. Saat saya berkunjung ke sini, saya tidak dapat berkunjung ke area suci yaitu salatnya karena lagi 'bulanan'. Saran saya, jangan lupa pakai kaus kaki ya, ubinnya panas cetar euy. Waktu salat Zuhur sudah tiba, alhamdulilah bisa melihat saudara-saudari muslim bergegas melaksanakan salatnya. Saya sempat ke area toilet dan wudhunya, sangat rapi dan bersih. Sungguh, Masjid Kubah Emas Depok yang sangat megah, bagus sekali arsitekturnya. Satu persatu bisa mewujudkan wisata religi ke Masjid impian, semoga kelak bisa berkunjung ke Masjid yang ada di Mekah dan Madinah...aamiin.


Alhamdulilah...bisa mewujudkan berkunjung ke sini. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Kampung Betawi, Setu Babakan dan Masjid Kubah Emas, Depok? Yuk, ceritakan di kolom komentar, ya!





Tidak ada komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D