Bagaimana Menyikapi Silaturahmi Setiap Hari Saat Ini? Begini Caranya, Mari Menikmati Ramai Sepi Bersama!

Tidak terasa, sudah memasuki bulan suci ramadan. Ada hal yang berbeda di tahun ini, di mana bisa dikatakan puasa pertama saat pandemi. Hampir semua negara merasakan kegelisahan dan kekhawatiran yang sama di masa pandemi ini. Tidak ada akses untuk ke luar rumah membuat jarak semakin jauh secara fisik, namun tidak halnya dengan masing-masing individu. Pasti ada jalan lainnya untuk mendekatkan, baik melalui aplikasi chat atau via telepon.


Meskipun tahun ini merasakan suasana ramadan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun tidak boleh menyurutkan niat kita dalam beribadah. Bisa dikatakan, momen seperti ini, waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan keluarga. Ada hal berbeda pastinya, umumnya bulan ramadan, dimanfaatkan untuk melakukan sahur dan buka bersama, namun keadaan saat ini mewajibkan kita untuk tetap diam di rumah.

Lalu, bagaimana menyikapi silaturahmi agar bisa dilakukan setiap hari saat masa pandemi ini? Begini caranya, mari menikmati ramai sepi bersama :

1. Jangan lupa saling menanyakan kabar satu sama lain

Hal pertama yang meski kamu lakukan adalah menanyakan kabar teman-temanmu. Apalagi bagi kamu yang mempunyai lingkungan pertemanan yang lumayan banyak dan berbagai grup whatsapp yang menyita setiap harinya. Tidak ada salahnya, kamu memulai menelpon duluan, untuk menanyakan kabarnya. Dari hal sederhana, di kondisi saat ini untuk menanyakan kabar seseorang seperti suntikan semangat kehidupan loh.

Apalagi, kalau temanmu hidup sendirian alias anak kosan. Dukungan saat ini sangat diperlukan, agar bisa menghadapi pandemi bersama-sama. Berhubung, sudah bulan ramadan, mari kontak lagi teman-teman kita, jangan lupa menanyakan kabar, saling berkabar saat sahur dan mengucapkan buka saat adzan maghrib berkumandang.

2. Manfaatkan Aplikasi Chat dan Social Media
Ya, hal kedua adalah manfaatkan aplikasi chat dan social media. Saat kamu saling menanyakan kabar satu sama lain menggunakan telepon, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi chat dan social media loh, untuk terhubung dengan teman-temanmu. Bisa menggunakan whatsapp, line, tele atau melalui DM instagram dan twitter.

Khusus kamu yang tidak bisa tanpa akses internet, bisa memanfaatkan program yang hari kamis lalu baru diluncurkan oleh team @IM3Ooredoo, yakni Freedom Kuota Harian. Dengan mengakses *123#, kamu bisa menikmati akses internet yang 28 hari, 28GB dengan harga yang bersahabat, Rp. 74.900, terjangkau bukan?

3. Tidak lupa untuk bertatap muka melalui virtual online (video call)
Ya, kondisi saat ini tidak dianjurkan untuk bertatap muka secara langsung. Alangkah baiknya, jika dapat menemukan jalan alternatif lainnya, ditambah dengan kemajuan teknologi. Banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita untuk bisa bertatap muka virtual online atau video call. Silaturahmi masih bisa dilakukan dengan video call. Dapat memanfaatkan beberapa aplikasi seperti skype, whatsapp, line ataupun yang lain.

Btw, dalam kondisi seperti ini, saatnya saling mendukung satu sama lain. Berkaitan dengan ini @IM3Ooredoo, meluncurkan sebuah dukungan membuat kolaborasi musisi, diantaranya Kunto Aji, Hindia, Yura Yunita dan Sal Priadi. Ada hal menarik dalam menghasilkan karya Ramai Sepi Bersama, semua dikerjakan dari rumah masing-masing. Ya, tujuan dilakukan di rumah masing-masing untuk mematuhi aturan jaga jarak. Ramai Sepi Bersama, tidak ada yang lebih dari silaturahmi.


Bagaimana caranya kolaborasi empat musisi bisa dilaksanakan? Dengan mengandalkan kuota dan koneksi, yang digunakan untuk berkomunikasi baik lewat chat, email atau video call selama proses produksi. Meskipun dalam situasi seperti ini, tidak menghalangi kreativitas untuk tetap berkarya, pastinya tetap di rumah saja. Memahami hal tersebut, untuk menjaga #SilaturahmiSetiapHari bersama orang yang disayangi, @IM3Ooredoo menghadirkan Freedom Kuota Harian.

Paket Freedom Kuota Harian
Bagaimana cara mengaktifkan paket Freedom Kuota Harian? Mudah sekali. Tekan *123# dari smartphonemu, bisa digunakan selama 24 jam di semua jaringan dan benefit kuota utama 1GB per hari. Eitsss...yang perlu kamu ketahui, paket Freedom Kuota Harian juga dilengkapi dengan fitur pulsa safe, jadi internetan nyaman dan pulsa aman meski kuota utama telah digunakan. Membeli Freedom Kuota Harian, kamu sekalian beramal juga loh, ya, menyisihkan uang 2000 untuk membantu menanggulangi Covid-19.

Hayooo...bantu para petugas medis dengan jaga jarak, di rumah saja dan internetan menggunakan paket Freedom Kuota Harian dari IM3 Ooredoo. Sudah hampir dua bulan, saya menikmati suasana seperti ini, meskipun masih selang seling masuknya, tapi bekerja dari rumah itu solusi yang tepat saat ini. Selama bekerja dari rumah, saya menghibur diri dengan menonton youtube dan mendengarkan anthem Ramai Sepi Bersama, liriknya saling menguatkan di kondisi saat ini.

Saya biasanya setiap tahun, saat momen Ramadan, pasti sudah sibuk mengatur jadwal dari buka bersama teman sd hingga teman kantor bahkan sama yang lain, awal Ramadan biasanya sudah menentukan minggu pertama sama keluarga, lalu minggu kedua dan ketiga dengan siapa. Sabtu, Minggu, momen yang tepat untuk silaturahmi, sibuk mencari tempat buka puasa hingga mengatur harus buka dengan siapa. Bisa dikatakan menjadi ajang setahun sekali, apalagi dengan teman-teman lama. Bercanda bersama, saling bertukar cerita hingga adzan maghrib menyapa.

Namun, kondisi saat ini berbeda, puasa dalam keheningan dan bisa melakukan silaturahmi melalui virtual online chat atau video call. Sulit untuk menerima kenyataan saat ini? Wajar. Tapi jangan terlalu lama ya, karena pandemi ini akan segera berakhir jika kamu berdiam diri di rumah saja, tanpa mudik atau pulang kampung. Jaga diri masing-masing, saatnya peduli dengan diri sendiri, orang tua dan orang sekitarmu.

Lalu caranya gimana? Mudah sekali. Manfaatkan yuk, paket Freedom Kuota Harian IM3 Ooredoo, di mana :
1GB bisa digunakan untuk video call untuk bukber online dengan teman sd.
1GB bisa digunakan untuk chat bersama keluarga.
1GB untuk mendengarkan kajian via youtube. Nah, kegiatan positif lain bisa juga diakses melalui koneksi internet selama ramadan ini.

IM3 Ooredoo mendukung kita untuk menjaga #SilaturahmiSetiapHari dengan orang yang disayangi atau mendukung aktivitas internet harian yang dijalani dengan menghadirkan paket Freedom Kuota Harian.

30 komentar

  1. Mantap banget IM3 ini ya mbak, solusi banget bisa berhemat selama di rumah aja. Apalagi kebutuhan tambahan seperti kelas virtual seperti zoom yang butuh quota banyak.

    BalasHapus
  2. Wah keren ya, beli kuota juga sekaligus menyisihkan uang 2000 untuk membantu menanggulangi Covid-19. Masya Allah.

    BalasHapus
  3. Saya termasuk pengguna indosat dari dulu. Nomer hp dari zaman sekolah masih saya pakai sampai sekarang 😃👍. Nomer indosat saya sekarang buat nomer bisnis, hehehe.

    BalasHapus
  4. Iya bgt, manfaatkan medaos unt bersosialisasi dan juga menjaga silaturahmi. Rajin2 nyapa hehe

    BalasHapus
  5. Aduh, lagunya enak banget ini. Liriknya juga pas sekali sama kondisi saat ini. Memang ya nggak kemana-mana tuh rasanya sepi. Tapi jangan khawatir. Ramai sepi ini memang milik bersama, kok.

    BalasHapus
  6. wow im3 punya paket unlimited ya?
    Asyik dong, bisa nonton netflix sepuasnya
    Termasuk dengerin channel tafsir ayat suci Al Quran tentunya

    BalasHapus
  7. IM3 keren bangetlah ya, bertahun-tahun saya pakai IM3, sampai ganti 3x kartunya dengan nomor yang sama karena rusak dan usianya yang sudah harus ganti...hihi. Untuk komunikasi dengan saudara memang lebih enak chattingan gitu. Tapi, kalau sama orang tua saya lebih sering nelpon langsung. Lumayan banget pakai paket nelpon IM3 juga murmer...

    BalasHapus
  8. Ibu mertua aku nih yang sering video call, katanya kangen dengan kami. Aku sedih juga nggak bisa silaturahmi langsung. Kasihan karena kami sering bertemu tiap minggu. Senang ya kalo ada provider seperti IM3 Ooredoo yang mendukung aktivitas di rumah aja

    BalasHapus
  9. Era digital memudahkan buat silaturahmi ya. Apalagi dalam kondisi pandemi kayak sekarang. Bisa lebih tenang karena tau kabar teman dan kerabat yang untuk sementara waktu nggak bisa ditemui langsung.

    BalasHapus
  10. Wah saya juga pengguna M3,baru tahu ada paket untuk silaturahmi begini. Memang M3 juga saya pakai buat internetan, lumayan terjangkau dan sinyalnya juga oke sih di tempat saya. Trims infonya, Mbak

    BalasHapus
  11. Pilihan paket di M3 emang memuaskan kak, aq udah pake lebih dari 10tahun yang lalu, tapi sayangnya sinyal internet disini agak buruk. Huhu..

    BalasHapus
  12. Video call jadi jalan saat ini. Setidaknya itu dulu ya. Semoga keadaan kembali pulih biar bisa berkumpul lagi dengan keluarga

    BalasHapus
  13. Haloo Titiis, apaa kabar? Smoga sehat selaluuu yaa.
    *hihii poin no 1 nanya kabar.

    Bener banget nih,silaturahmi jaman now banyak banget caranya ya, makin dipermudah aja. Cuma pas bagian vcall aku suka skip hhaaa, soalnya pas ga pake hijab gawat.

    BalasHapus
  14. Iya nih saat pandemi ini silahturahmi ya melalui virtual atau wag aja. Setuju kak ramai sepi nikmati aja bareng bareng

    BalasHapus
  15. Wah beneran pandemi ini merubah dunia ya, tapi kita juga harus bisa beradaptasi dengan cepat, silaturahmi jalan terus. Videocall juga makin lancar dengan jaringan yang smeakin bagus

    BalasHapus
  16. IM3 dari.dulu emang lebih hemat dari provider lainnya..,.semoga.kuota yang ada ..bemar2. ..dimanfaatkan untuk kebaikan..silatu Rahmi dan memberikan semangat positif via sosial media..

    BalasHapus
  17. Setuju sejak pandemi harus pandai menyiasati agar tetap bersilahturahmi lewat berbagai media online ya.

    BalasHapus
  18. Beruntung kita hidup di zaman ini ya Tis, zaman di mana mudah bersilaturahmi secara daring.

    BalasHapus
  19. Lumayan gede juga kuotanya untuk paketan yang paling murah ya. Bisa sepuasanya online neh jadinya hehheheh.

    BalasHapus
  20. Sepakat banget Mbak...saya jaran video call, seringnya telpon, menanyakan kabar keluarga dan WA menanyakan kabar sahabat, kolega, dan mahasiswa-mahasiswa saya. Btw, walau sepi ramadan kali ini, kita harus tetap bersilaturrahmi yaa.

    BalasHapus
  21. aku pun iseng juga vcal temen2ku supaya lepas kangennya hehehe. jadi tetap silaturahmi ama mereka

    BalasHapus
  22. aaaah bener bgt jangan lupa tatap muka virtual. apalagi pake paket internetnya im3ooredoo

    BalasHapus
  23. Aku anak kosan nih mba hehe. Bener banget sih anak kosan tuh juga butuh temen yang bisa nanya kabar, gimana puasanya, dan lain-lain. Anw kebantu banget nih ada paket dari IM3 Ooredo yang bisa aku manfaatin buat VC ke temen bahkan keluarga ;).

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah ya Tis masih bisa berkomunikasi dengan keluarga walau secara virtual dan kuota dari IM3 Ooredoo sangat membantu banget buat silaturahmi sepuasnya pakai platform apa pun :)

    BalasHapus
  25. Ngga pernah nyangka silaturahmi bakal virtual kek gini.
    Btw aku udah nonton videonya beberapa pekan lalu dan suka banget. Huhu feelnya dapet. Musiknya juga asyique. Semoga wabah ini segera berlalu :')

    BalasHapus
  26. Ya setidaknya dengan adanya internet bisa setiap hari bersilaturahmi, ya. Coba kalau zaman dulu mengalami begini. Benar-benar ketemunya sama orang rumah aja

    BalasHapus
  27. Betul juga ya mbak.. di saat kondisi pandemi kayak gini justru moment yang tepat untuk kita memulai lagi silaturahmi sama teman teman lama, sekedar nanya kabar aja rasanya udah seneng banget. Hehe. Aku juga suka video call sama keluarga dan pakai im3 pula donk hehe

    BalasHapus
  28. Bener dgn intrnet yg jauh jadi dekat

    BalasHapus
  29. Saya termasuk pengguna IM3 dari tahun 2004, alhamdulillah masih betah pakai nya.

    Baru tahu nih ada paketan keren ini, efek biasa pakai WiFi di rumah, hehe.

    Makasih banyak infonya Kak.

    BalasHapus
  30. Biarpun ga bisa silaturahmi langsung, kita masih bisa silaturahmi online setiap hari ya.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D