[KULINER] : Asinan Kamboja Rawamangun yang Menggoda Lidah

Kuliner, siapa yang suka jajan makanan? Hayooo ngacung! Hehehe. Sebagai anak yang lahir dan dewasa di Jakarta Timur, sudah tidak asing lagi dengan keberadaan makanan asli khas Betawi, yaitu Asinan Kamboja. Bagi yang sekitaran Jakarta Timur, tepatnya Rawamangun, pasti sudah hafal dengan nama Asinan Kamboja. Mau tahu gimana rasanya dan lokasinya? Simak melalui postingan ini, enjoy :)
Asinan Kamboja Rawamangun 
Asinan Kamboja ini sudah menjadi kulineran yang turun menurun. Mengenai rasa, bagi saya, masih sama, khas dengan bumbu dan sayuran atau buah yang segar. Tidak perlu jauh-jauh ke Bogor, kalau hanya ingin mencicipi asinan, cukup datang ke Asinan Kamboja H. Mansyur, Rawamangun.


Asinan Kamboja Rawamangun 
Lokasinya berada di Taman Kamboja No. 10, RW 11 Rawamangun. Nomer telepon 081213540980. Bagaimana rute ke sana? Jika kamu naik Transjakarta, ambil rute yang melewati Arion atau halte busway Pemuda, bisa naik jurusan Jelambar/Bunsen - Tugas, Patra Kuningan atau Dukuh Atas - Pulo Gadung, turun di halte busway Arion atau Pemuda Rawamangun. Dan menuju ke asinan kamboja, kamu bisa menggunakan jasa ojek online, dengan klik di tujuan, asinan kamboja betawai H. Mansyur.

Saat saya ke sana, rutenya melalui RS Persahabatan dari arah sodong, kemudian putar balik kanan dan masuk ke gang. Yang harus diperhatikan ketika sudah masuk ke gang, asinan kamboja ini berada di belokan ke dua ya, di mana berada di gang yang kecil, namun masih bisa dilalui kendaraan mobil atau motor. Cek foto di bawah ya, untuk memastikan asinan kamboja yang kamu tuju benar (soalnya di situ, ada dua outlet yang menjual asinan).

Rasa Asinan Sayuran Kamboja Rawamangun 
Mengenai rasa asinan kamboja yang sayuran, berasa segar sekali sayurannya. Dari ketimun, toge, tahu putih hingga kacang tanah diguyur dengan bumbu kacang yang pedasnya pas! Terdapat kerupuk merah dan kuning yang menambah renyah rasa asinan. Komposisi antara sayuran dan bumbunya pas banget, cocok dilidah. Pastinya, antara sayuran dan bumbunya di pisah, dapat disesuaikan dengan kemauan kita.

Asinan Buah Kamboja Rawamangun 
Selain asinan sayuran, di sana juga terdapat asinan buah yang tak kalah menggodanya. Untuk buahnya, ada buah nanas, timun, kedondong, mangga, bengkoang diguyur dengan kuah spesial khas asinan kamboja Rawamangun yang sudah melegenda. Terdapat kerupuk juga, menambah renyah saat menikmati asinan buahnya.

Asinan Buah
Berapa sih harga dari asinan kamboja?Asinan buah, 17K dan asinan sayuran 18K. Harganya lumayan juga untuk menguras kantong, tapi rasanya dijamin enak dan segar, jadi seimbang deh.

Jam Buka Asinan Kamboja Rawamangun
Senin-Minggu, dari jam 10:00 sampai 21:00 WIB. Untuk hari libur, bagaimana? Konfirmasi dulu melalui telepon (sudah saya berikan nomernya di postingan ini). Saran saya, lebih pagi datang sebelum jam 12 siang, lumayan ngantri kalau sudah agak siang. Btw, siapkan uang tunai ya, tidak menerima pembayaran selain tunai.

Antrian asinan kamboja 
Gimana, sudah tergoda? Ayo kulineran di Rawamangun! Siapa tahu bisa jadi teman kulineran saya, hihihi.

Salam,

@titisayuningsih

#rawamangun
#asinankamboja

18 komentar

  1. Aw aw aw mendadak aku ngeces bayangin kesegaran asinan kamboja. Harganya terjangkau, rasanya enak emang bikin kangen hehee

    BalasHapus
  2. asinan kamboja ini legend loh, aku dan kawan kawan kuliah dulu sering bolos demi main ke sini, makan asinan terus lanjut ke Tiptop Rawamangun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, asinan Kamboja Rawamangun ini legenda sekali, rasanya!

      Hapus
  3. Masya Allah, saya membaca ini langsung menelan ludah, udah lama ga makan asinan kamboja ini. Sy bisa ngabisin 1 porsi asinan sayur dan jg asinan buahnya.

    BalasHapus
  4. Aakkk aku senengg banget ama asinan.
    Kapan2 kalo ke JKT, aku mauukk bgt mampir kulineran k sini ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, sambil nyicipi asinan Kamboja ya

      Hapus
  5. Paling favorit sama asinan buah, Amaze juga waktu Dateng langsung. Sampe ngantri panjang ya..(hahaha)
    Bahkan ada pelanggan yg beli dalam jumlah banyak
    Hits bgt dan banyak di favorit kan ini kuliner

    BalasHapus
  6. Kenapa disebut asinan kamboja?
    Penasaran banget
    Karena di Bandung juga ada tapi dinamakan sesuai lokasinya yaitu jalan Macan

    BalasHapus
  7. Kalau di Jakarta, aku suka beli asinan Jakarta atau suka disebut asinan Betawi. Biasa beli di daerah Pisangan, Jatinegara. Sama nggak, sih? Itu juga enaaak banget. Bumbunya kacang tapi cairnya itu pas banget mau diguyur ke sayuran maupun buah-buahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini asli betawi juga tapi dikenal dengan nama asinan Kamboja

      Hapus
  8. Wah mantaps nih..asinan kesukaan suamiku. Saking sukanya blio piawai bikinnya juga hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, enak, tinggal langsung makan ya Mbak karena sudah dibuatin

      Hapus
  9. Harganya murah mbak menurut saya.
    Kalau ke Jakarta saya mesti menyempatkan waktu nih buat nyicip, bisa dibawa pulang ke Malang juga buat oleh-oleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, nanti pas Ke Jakarta bisa nyicipi ya, Mbak untuk asinan Kambojanya.

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D