[SHARING] : Bagaimana Menyikapi Kegagalan?

Apa, kamu pernah merasakan kegagalan? Saya rasa hampir setiap orang pernah merasakannya. Entah itu gagal dalam percintaan, karir pendidikan atau pertemanan.  Dalam perjalanan hidup seseorang, kegagalan itu hal wajar. Selagi masih ada kesempatan berarti tandanya harapan itu masih ada.

Harapan pasti ada (sumber pribadi) gambar hanya pemanis hehe
Hal tersebut yang saya tanamkan ketika merasakan kegagalan. Hal yang baru saja saya alami beberapa minggu lalu, ketika sudah ada pengumuman tes cpns, ternyata saya belum rezeki untuk melaju ke skb. Ya, meskipun lolos passing grade dan tes seleksi kemampuan dasar. Saya akui, formasi yang saya pilih lumayan ketat. Lalu, bagaimana saya menyikapi kegagalan? Berikut yang saya lakukan  :)

1. Menerima kenyataan

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menerima kenyataan. Ya, bahwa nilai yang saya peroleh hanya sebatas lolos passing grade saja. Meskipun berat untuk menerimanya, tetapi kenyataan harus dihadapi. Ingat, dengan menerima kenyataan akan mengajarkan kamu untuk mengikhlaskannya. Dari awal, saya sudah menanamkan untuk tidak mempunyai ekspektasi terlalu tinggi. Jadi, saat suatu keinginan yang belum bisa saya wujudkan setidaknya, tidak terlalu jatuh dan bisa kembali bangkit untuk berdiri menatap sinar matahari yang sinarnya selalu menemani dalam setiap langkah :)

2. Menanamkan pada diri sendiri bahwa mencoba test adalah keputusan yang tepat

Bagi seorang gemini, paling tidak enak jika dihantui oleh rasa penasaran terhadap sesuatu. Daripada penasaran, akhirnya saya mencoba test yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu. Ada hal kepuasan tersendiri ketika berhasil mengalahkan rasa penasaran diri sendiri. Berjuang di awal,  dan menikmati prosesnya itulah bukti nyata perjuangan yang berzodiak gemini, hihihi. Ya, mencoba test, merupakan keputusan yang tepat, mampu mengukur kemampuan saat ini. Setidaknya, semangat belajar itu ada lagi, yeaaah.

3. Momen yang tepat untuk upgrade skill lainnya

Tahun ini, saya sudah bertekad untuk upgrade skill di bidang lain. Hal ini, sudah berjalan dan sedang dalam proses ikutan kelas online. Tujuan saya, karena saya ingin ada sesuatu yang baru pada diri saya, terutama dalam hal peningkatan skill yang dimiliki. Entah kenapa, lagi berusaha belajar di dunia digital marketing.  Semoga mampu membuat saya, setidaknya upgrade dari skill sebelumnya.

Nah menurutmu, skill apa yang harus dimiliki di era saat ini?

4. Rajin membaca buku

Entah kenapa, hal kemarin yang saya miliki membuat saya untuk menengok buku-buku yang sudah dibeli namun belum dibaca. Ya, memang benar adanya, setiap peristiwa yang dialami pasti ada sisi baiknya, jadi meningkatkan minat baca lagi, hehehe. Membaca buku mengenai self healing membuat saya pribadi menjadi diri sendiri dan menerima apa adanya.

Rekomendasi buku bacaan apa saja yang bagus untuk dibaca? Sila dibantu pada kolom komentar, ya.

5. Latihan dan latihan soal lagi

Ya, momen kegagalan kemarin membuat saya untuk latihan dan latihan soal lagi. Momen yang tepat untuk mengasah kemampuan diri lagi. Tidak ada alasan untuk bersedih ataupun meratapi yang kemarin. Momen saat ini digunakan untuk intropeksi diri. Menanamkan pada diri sendiri untuk lebih bersemangat dan berjuang lagi, yuhuuiiii.


Itulah cara yang saya lakukan dalam menyikapi kegagalan ataupun di mana hasilnya tidak sesuai dengan diharapkan. Kalau kamu, bagaimana?

Semoga postingan ini bisa membuat yang membaca lebih semangat dalam berjuang ^.^


8 komentar

  1. Hampir sama dengan kiat-kiat di atas, mba. Plus menanamkan pada diri sendiri bahwa pasti ada rencana baik yang dipersiapkan Tuhan yang lainnya yang masih menunggu.

    BalasHapus
  2. Tetap semangat titis, percaya Allah pasti telah menyiapkan yang terbaik. Yang penting sudah berusaha dan ikhtiar untuk hasil akhir selalu ada hikmah dibaliknya ^_^

    BalasHapus
  3. I feel you Mba. Sampai dulu pernah 2x ikut tes tp memang belum rezekinya. Meski demikian smw bergantung pada penerimaan diri kita. Hebat euy mba, tetap semangat yaaaa.

    BalasHapus
  4. Bagus banget, kegagalan harus bikin semangat
    Karena langsung sukses bikin males untuk berusaha
    Semangat ya 👍👍👍

    BalasHapus
  5. Kalau gagal ya mencoba lagi, atau bisa ke bidang yang lain dan tetep tersenyum 😊

    BalasHapus
  6. Wah sama mbak saya juga Gemini. Menyikapi kegagalan...hmmm topik yang bagus mbak. Kalau saya nangis nangis dulu lalu nulai instropeksi dan bangkit lagi. Terus lakukan hobi biar ga stress

    BalasHapus
  7. Gagal lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali. Setidaknya kita tau dimana batas kemampuan kita dan apa yang harus kita perbaiki setelahnya.

    BalasHapus
  8. Kegagalan itu memang menyakitkan. Tapi nggak boleh berlama-lama sedih, apalagi menyalahkan diri sendiri maupun keadaan ya. Kegagalan memang harus disikapi secara bijak

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D