Menjalani Hidup Apa Adanya, Bagaimana Caranya? Ikuti 5 Tips Ini Agar Hidup Tanpa Basa-Basi

Menjalani apa adanya (pribadi)
Pernah-kah kamu membayangkan kehidupan berubah seiring berjalannya waktu? Jika iya, perubahan itu hal yang wajar. Membayangkan tentang sebuah perjalanan, saya jadi teringat pengalaman di masa lalu dan membawa ke masa sekarang. Waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, saya pernah mempunyai cita-cita untuk menjadi guru. Cita-cita yang umum dilontarkan oleh anak-anak dulu. Namun seiring berjalannya waktu, cita-cita pun berubah, bertambah usia yang memengaruhi pola pikir seseorang. Prinsip hidup tanpa basa-basi dan menjalani hidup apa adanya, akan menjadi pedoman bagi saya pribadi untuk melangkah ke arah selanjutnya. Bagaimana denganmu?

Kalau kamu lagi merasakan kehidupanmu tidak baik, sudah saatnya kamu menjalani kehidupan apa adanya. Berikut tips sederhana, agar hidup tanpa basa-basi dan menikmati hidup apa adanya :

1. Setiap kehidupan manusia memiliki jalan yang berbeda

Ya, pola pikiran secara tidak langsung akan memengaruhi tingkat kedewasaan seseorang. Seberapa kuat keinginan di masa lalu dan masa sekarang tidak terwujud, kamu akan lebih mudah mengikhlaskan. Lebih tepatnya, lebih menerima. Sudah tahu dan menyadari bahwa jalan kehidupan seseorang berbeda satu sama lain. Ketika, kamu sudah memahami jalan kehidupan berbeda dengan temanmu, akan tetapi kamu masih bisa belajar dari sosoknya. Misalkan, temanmu berhasil masuk ke seleksi ke perguruan tinggi, maka kamu bisa menanyakan tips belajar dan latihan soal seperti apa.

Untuk hal tersebut, pasti komunikasi yang memudahkan adalah dengan menelpon ataupun chatting via aplikasi. Seperti halnya dengan hal komunikasi, pasti membutuhkan kebebasan dalam akses dalam internet. Dengan paket Freedom @IM3Ooredoo, akan memberikan kamu kebebasan tanpa syarat ketentuan, tanpa basa-basi deh.

2. Ubahlah Cara Pandanganmu

Percaya atau tidak, mengubah cara pandangan akan lebih mudah melihat yang terjadi di depan nanti, apa adanya. Hal ini akan membuatmu untuk lebih menjalani kehidupan, mengalir tanpa basa-basi. Berfikir positif dalam menjalani kehidupan mampu membangun menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Jadikan, kritikan orang lain untuk jadi bahan introspeksi diri. Kritikan dari orang biasanya tanpa basi-basi, tanpa kepura-puraan, jadi kamu akan lebih bersemangat lagi menjalani hidup apa adanya #eaaaa.

3. Atur Lingkungan Pertemanan 

Tips ketiga yaitu atur lingkungan pertemanan. Agar hidup menjadi apa adanya, kamu juga harus mengatur lingkungan pertemanan. Tanpa disadari lingkungan pertemanan akan membawa menjadi pribadi yang pesimis atau optimis. Sebagai contohnya, jika saya sedang merasakan lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari, saya mempunyai beberapa teman. Bayangkan, kalau lingkungan pertemanan saya dalam kondisi tidak mendukung aktivitas sehari-hari, saya mengeluh, saya lelah dan macetnya jalanan Jakarta.

Jika lingkungan pertemanan saya di kelilingi dengan orang pesimis, maka akan membawa saya menjadi pesimis, dan saran yang diberikan oleh teman, tidak akan membuat saya semangat, justru malah menjadi pesimis lagi. Berbeda, jika lingkungan pertemanan saya di kelilingi dengan teman-teman yang jiwanya optimis, maka saran yang diberikan ke saya, membawa menjadi pribadi yang optimis dan pantang menyerah.

Oleh karena itu, atur lingkungan pertemanan, akan membawamu untuk menjalani sehari-hari yang apa adanya. Tidak perlu basa-basi lah.

4. Belajarlah dari Pengalaman yang Gagal

Saya yakin, hampir sebagian orang pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Entah, kegagalan dalam karir, pendidikan, cinta hingga pertemanan ataupun kehidupan pribadinya. Saya pernah sharing dengan teman, katanya seperti ini : namanya hidup, kegagalan itu hal wajar, tapi jangan sampai kegagalan itu mengalahkan kita sendiri. Hal yang bisa saya petik di sini adalah mumpung masih muda, habiskan jatah kegagalanmu. Gagal di waktu muda tak masalah, semoga nanti di masa tuanya, bisa hidup bahagia.

Kegagalan merupakan titik pahitnya seseorang, namun lewatnya kita bisa belajar mengenai hidup yang tanpa tedeng aling-aling. Ibaratnya, kegagalan itu jujur, tanpa ada yang harus disembunyikan. Jadi, bisa jadi kegagalan itu sebenarnya sahabat yang benar apa adanya, membuat kita lebih sadar dan bersyukur, misalkan belum terwujud suatu keinginan, akan diwujudkan suatu saat ini. Yang diperlukan adalah proses untuk tetap semangat menjalani hidup apa adanya, ya, kamu sendiri yang menjalani.

5. Jujur Pada Diri Sendiri 

Jujur pada diri sendiri, bisa menjadi tips kelima dalam menjalani hidup yang apa adanya. Tanpa basa-basi. Jika, kamu sudah bisa pasa jujur pada diri sendiri, maka akan lebih mudah untuk bisa menjalaninya. Ingat, tidak perlu lah ikutan tetangga sebelah yang sebenarnya bukan prioritasmu sendiri.

Pada penasaran nggak sih, kenapa daritadi saya membahas tentang tanpa tedeng aling-aling, tanpa kepura-puraan, tanpa basa-basi dan menjalani hidup apa adanya? Jadi tuh, saya yakin, hampir setiap orang menbutuhkan akses internet yang memadai untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti halnya dengan saya pribadi. Apalagi, pekerjaan membuat saya harus siaga dalam aplikasi whatsapp dan internet menjadi tumpuan dalam memperlancar pekerjaan sehari-hari. Pas banget, menunjang untuk berselancar di dunia maya, uhuuuiiii. IM3 Ooredoo bahkan melengkapi hal ini dengan menghadirkan lini produk telekomunikasi yang simple, bebas syarat ketentuan seperti Freedom Internet.


Jadi, sudah siap menjalani hidup apa adanya? Simak video di bawah ini, gaess!


57 komentar

  1. Perlu banget ya jujur sama diri sendiri. Ini jadi PR ku sampe sekarang. Aku jadi ingin tahu apa yang sebetulnya benar2 aku inginkan. Memang jadi diri sendiri lebih menenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena diri sendiri kuncinya :)

      Hapus
  2. Setuju gak sih sekali kita hidup dalam kepura-puraan, selamanya kita akan cari cara untuk menutup-nutupi itu. Cape sendiri kan jadinya. Emang udah paling bener kalo kita hidup apa adanya dan fokus sama karya. Itu yang penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, jadi capek sendiri. Berkarya dan jadi diri sendiri aja ya, Kak ^^

      Hapus
  3. Nomer 5 ngena banget, dulu suka overthingking. Sekarang selow bae, harus jujur pada diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, terlalu overthinking itu nggak baik, jadi kepikiran mulu :)

      Hapus
  4. wah point terakhir sih ngena bangt. jujur pada diri sendiri, aku sedang mencoba lakuin hal ini khsusnya untuk bersosial media.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya dan tetap jujur pada diri sendiri ^^

      Hapus
  5. Setuju banget dengan tips sederhananya.

    Yeah, Iam ready donk!
    Akupun lagi belajar terus nih sambil fokus berkarya .

    BalasHapus
  6. Setuju kalau pertemanan pengaruh banget sama kondisi kita. Kalo harus basa-basi sama teman (or dibasa-basiin teman) rasanya ngga enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya basa-basi emang bikin nggak nyaman, ya.

      Hapus
  7. Teman itu memang paling berpengaruh untuk pembentukkan karakter kita ya, tapi kalau temennya dah ga nyaman ya mending jadi diri sendiri. Jadi diri sendiri tuh jalaninya tenang ya, Mba. Kalau penuh pencitraan duuuh.. capek deh.

    BalasHapus
  8. Ubah cara pandang memang pengaruh banget agar bisa hidup dengan lebih bebas, tak perlu ada kepura-puraan. Jadi enggak berat menjalani hidup karena apa adanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, Tosss..
      Ubah cara pandang kita bisa membuat lebih bebas..

      Hapus
  9. Basa basi itu bikin cape ya?
    Dan sekali berbohong akan muncul kebohongan lainnnya
    Yang paling tepat cuma jalani hidup apa adanya

    BalasHapus
  10. Kalau lingkungan bikin kita enggak bisa jadi apa adanya berarti itu bukan lingkungan yang cocok buat kita, saya sih mikirnya gitu. Jadi buat apa bertahan di lingkungan yang enggak membawa aura positif, lebih baik cari lingkungan pertemanan yang lain,hehe.

    BalasHapus
  11. Saya setuju banget mbak, sebenarnya kita memiliki "waktu" masing-masing, tak perlu menakar hidup kita seperti orang lain apalagi melihat ke atas terus, bisa-bisa kita ga bisa menikmati hidup. Ada waktunya kita gagal, ada waktunya kita sukses, namun tiap-tiap orang berbeda 😊

    BalasHapus
  12. Ehmm..kira-kira aku masuk dalam lingkaran pertemanan yang mana nih :D
    Yupps jujur apa adanya dengan menjadi diri sendiri akan lebih membuat merasa nyaman untuk menjalani hari

    BalasHapus
  13. Bener banget ubah cara pandang karena Kita enggak bisa mengubah orang lain. Selain itu memilih lingkaran pertemanan juga efektif banget, biar sama-sama punya temen yang sefrekuensi.

    BalasHapus
  14. Nomer 2 masih jadi peer Kak, karna masih suka mikirin pendapat orang lain, terutama klo orgnya penting ya hahaha padahal harusnya kalo udh yakin mah, jalan aja, toh kita yg jalanin, tul gakk?

    BalasHapus
  15. Aku jug pengguna Indosat bahkan sudah tahunan soalnya gimana ya, hmm udah pewe sih semoga kedepannya Indosat lebih baik ya

    BalasHapus
  16. Aku ga pernah jadi orang lain karena itu tidak jujur pada diri sendiri dan itu pasti tidak akan menyenangkan ...:D

    BalasHapus
  17. Nggak perlu ada kepura-puraan, jalani aja hidup apa adanya dengan tenang ya mbak

    BalasHapus
  18. Jadi ingat anakku yang pingin
    jadi guru, saya malah ingin jadi biarawati eh malah jadi mualaf
    Hidup memang ga boleh ngoyo, harus apa adanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, rahasiaNya tidak ada yang tahu ya mbak :)

      Hapus
  19. Jujur pada diri sendiri itu yang susah banget ya. Jadi kadang susah juga untuk hidup apa adanya. Ini PR banget, semoga ku bisa.

    BalasHapus
  20. Sudah siap dong, apalagi habis baca postingan ini..
    Makin pd Jalani hidup apa adanya

    BalasHapus
  21. Setuju banget sama poin 3 tentang mengatur lingkungan pertemanan. Memang ya, kita adalah dengan siapa kita berteman. Kece banget nih campaign-nya IM3 Ooredoo. Suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, karena lingkungan pertemanan juga memengaruhi, ya.

      Hapus
  22. Menjadi diri sendiri menjadikan hidup kita berkualitas.

    BalasHapus
  23. Mengatur lingkaran pertemanan ini memang penting menurutku mbak karena bahkan ada pepatah bilang you are whom you make friends with, jadi harus benar benar kita filter

    BalasHapus
  24. Aku juga dari dulu prinsipnya hidup apa adanya aja. Ngak dilebih2kan. Kalau mampunya hanya segitu ya jalanin aja, malah lebih santai hidup apa adanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, sesuai kemampuan ya jalaninnya.

      Hapus
  25. Menjadi apa adanya itu penting banget dan benefit yang kita dapat seperti merasa tenang dan nyaman menjalani kehidupan juga pasti bisa dirasakan. Oiya terimakasih yah mba atas tips nya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, selamat menikmati diri sendiri

      Hapus
  26. Ah semangat kak! Emang perlu pake banget menjadi diri sendiri tuh. Hidup tuh nggak asik kalo penuh dengan kepura-puraab yekan kak hihi

    BalasHapus
  27. Jalani hidup seperti ini bikin hati tentram gak merasa dikejar-kejar ya Tis :)
    Juga selalu berpegang teguh pada sikap jujur.

    BalasHapus
  28. Hidup apa adanya akan lebih dihargai ya, fokus berkarya dengan kelebihan yang kita miliki tanpa perlu menjadi orang lain.

    BalasHapus
  29. Memang akan lebih tenang dan tentram kalo hidup jujur aja yah mbak, karena pura-pura terus pastinya malah bikin hidup jadi lelah.

    BalasHapus
  30. Hidup sederhana memang lebih nikmat. Pertemanan juga bisa mempengaruhi. Makanya harus dipilah-pilah juga

    BalasHapus
  31. Tips nya sesuai banget mba dengan kehidupan nyata. Di Medsos juga harus bisa menjaga pertemanan yang sehat tanpa harus berpura pura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, meskipun di medsos harus jaga juga pertemanan ya.

      Hapus
  32. Jujur pada diri sendiri itu sangat penting ya Tis. Bisa jadikan kita bisa menjalani hidup apa adanya

    BalasHapus
  33. Hidup apa adanya dan tdk ngoyo itu bikin tenang ya. Tanpa dibuat-buat dan mengalir bikin hati adem.gak grusah grusuh.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D