Bagaimana Menyikapi Rasa Lelah? Ikuti 5 Tips Ini!

Bagaimana Menyikapi Rasa Lelah? Ikuti 5 Tips Ini! Apakah kamu termasuk orang yang mudah lelah? Jika iya, sudah saatnya kamu memberikan ruang istirahat bagi dirimu sendiri. Jakarta bagi sebagian orang itu ibarat kota impain, kota yang konon katanya memberikan banyak harapan di tengah asa, kota yang menyimpan sejuta kelayakan bagi kehidupan manusia. Untuk menggapai kehidupan yang layak di Jakarta, banyak perjuangan yang harus dilalui, dimulai dari bangun pagi, berangkat ditemani dengan kemacetan hingga pulang larut malam sudah menjadi kebiasaan para pekerja ibu kota. 

Jika kamu lelah, istirahatlah (edit by canva)

Apakah kamu menjadi salah satu yang mempunyai harapan di kota Jakarta? Selamat berjuang! Untuk yang sedang berjuang di kota lain, semangat juga ya! Mari mewujudkan impian masing-masing. Tanpa disadari, tubuh kita akan terasa lelah jika aktivitas yang dilakukan dari pagi hingga malam menyita tenaga. Apa yang kamu lakukan bila rasa lelah sudah menghampiri? Lakukan 5 tips ini!

1. Istirahat Sejenak Sekitar 5 - 10 Menit

Di sela waktu bekerja yang sangat padat dan rutinitas yang menyita waktu, sebaiknya kamu bisa memanfaatkan waktu dengan sebaiknya. Atau kamu bisa juga mengatur jam kerja, bekerja cepat namun tetap teliti dan fokus bisa menjadi solusinya. Ya, saat bekerja kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan. Ambil waktu untuk beribadah atau toilet, sambil refresh sejenak atau bisa istirahat sejenak. Bekerja sepanjang hari dapat mengakibatkan kelelahan. Saya ingat dengan tulisan dari Mas Adjie, seorang praktisi mindfulness, beliau berkata jika sedang lelah, maka istirahatlah. Tarik napas lalu hembuskan juga mampu membuat tenang sejenak.

2. Ambil Cuti / Off Sejenak dari Pekerjaan

Ya, untuk kamu pekerja, alangkah baiknya jika kamu mengambil jatah cuti. Ketika tubuhmu mulai lelah hingga pikiran sulit konsentrasi. Ambil cuti mampu membuat refresh sejenak. Di sisi lain, harus tetap stanby ya di online chat jika ada yang menghubungi. Cuti itu ibarat charge energi baru dan sangat dianjurkan untuk istirahat sejenak. Ya, baiknya kamu bisa manfaatkan cuti dengan meditasi, silaturahmi dengan teman hingga kulineran.

3. Weekend - Rebahan

Jika Senin s/d Jumat sudah beraktivitas, alangkah baiknya di waktu weekend, Sabtu-Minggu bisa kamu manfaatkan dengan rebahan. Ya, rebahan sangat membantu sekali di masa pandemi ini, agar virus corona tidak bermutasi lebih cepat. Semenjak pandemi, saya lebih senang berdiam diri di rumah, rebahan. Jika mau ke luar saat weekend hanya untuk janji atau momen tertentu saja. Apakah kamu termasuk team rebahan juga?

4. Silaturahmi dengan Teman

Percaya enggak, selain mendatangkan rezeki dan memperpanjang usia, silaturahmi juga bisa menepis rasa lelah. Ibaratnya, ketemu teman lama pasti ada energi baru. Setelah bertahun-tahun tidak bertemu efek pandemi, bercerita dan mendengarkan cerita hal yang seru. Energi baru seperti mulai kembali. Sesi sharing dapat membangkitkan semangat dan saling mendukung satu sama lain. Sudahkah kamu untuk silaturahmi bulan ini dengan teman lama?

5. Kulineran atau Traveling 

Memang, pikiran kadang butuh refresh agar kembali fresh lagi. Saat kondisi sedang lelah, bisa jadi sebagai sinyal untuk melakukan hal yang kamu sukai. Lelah di sini, mungkin penat dengan aktivitas sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan kulineran atau traveling bisa membuat rasa lelahmu terbayar. Lelah di sini bisa diibaratkan seperti lelah pikiran ya, penat. Hal yang kamu sukai seperti kuliner atau traveling, berkunjung ke alam mampu membuat kamu lebih optimis dan menikmati udara yang segar.

Kalau saya pribadi, jika lelah, saya ambil cuti lalu ketemu dengan teman lama, sesi cerita, kadang saya hanya rebahan saja. Pandemi masih ada, pastinya tetap pakai masker.

1 komentar

  1. Pas banget nih artikel buat saya sebagai pekerja di Jakarta. Lelah banget rasanya tapi emang silaturahmi dan jalan-jalan pas weekend bisa recharge energi yang terkuras selama weekday. Doaku semoga sehat selalu buat kita semua

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D