Pengikut

Silahturahmi dan Temu Kangen Komunitas Blog

         Silahturahmi dan manusia, seperti hubungan yang mempunyai kekerabatan dan saling menguntungkan, kenapa? Ya, karena dalam silahturahmi kita memerlukan subyeknya, yaitu manusia. Manusia disini bisa berupa teman, sahabat, keluarga, kekasih. Dari hubungan antar manusia tersebut, maka akan tercipta sebuah ikatan dimana dalam ikatan tersebut akan melapangkan rezeki, menciptakan rasa persaudaran yang lebih erat dan ikatan tersebut dinamakan "Silahturahmi". Jika membahas mengenai silahturahmi, maka kita akan berusaha untuk mengenali orang lain, entah untuk teman yang belum dikenal sebelumnya atau teman yang sudah lama tidak bertemu lagi namun ikatan silahturahmi itu masih terjalin meski hanya komunikasi melalui udara, misalnya kirim salam di radio, atau bertukar kabar melalui pesan singkat di handphonenya. Bagaimana jika kesibukanmu menjadi penghalang dalam bersilahturahmi?


Sebenarnya, tidak ada kata "kesibukan" ataupun "tidak ada waktu" dalam bersilahturahmi, kenapa saya katakan seperti itu? Kalau menurut saya, sesibuknya manusia entah itu untuk "segudang" aktvitasnya, pasti ada waktu senggang meski sebentar. Misalnya, saat kamu sedang kerja dinas di luar kota dan ingin bertemu / menjalin silahturahmi dengan temanmu di kota tersebut, hendaknya bisa kok menyempatkan silahturahmi dengan cara hubungi temanmu saat kamu sudah tiba di bandara ataupun stasiun kereta api. Meski, waktunya tidak lama dalam hal mengobrol ataupun bercanda, tetapi "kualitas silahturahmi" sudah terwujud. Lalu, bagaimana cara "menyatukan waktu namun karena kesibukan masing-masing susah menjalin silahturahmi? Secara logika, meski sesibuknya manusia pasti ada waktu luangnya, misalnya disaat tanggal merah. Nah, maka sebelumnya, buatlah agenda untuk silahurahmi. Pasti bisa deh! Silahturahmi itu membawa dampak positif loh bagi kita, sebagai manusia diantaranya : Menjalin kembali silahturahmi yang sempat renggang di masa lalu, melapangkan rezeki, saling bertukar informasi. Berikut adalah penjabarannya :

-  Menjalin Silahturahmi Kembali 

Berbeda aktivitas antara kita dengan teman yang lainnya, tidak menutup kemungkinan tali silahturahmi akan renggang. Lalu bagaimana cara mengatasi kerenggangan hubungan pertemanan tersebut? Jawbannya adalah dengan menjalin silahturahmi kembali. Komunikasi, kuncinya. Komunikasi lah dengan temanmu melalui WA, Line atau social media yang lainnya, lalu yang keduanya, buatlah jadwal dimana kamu dan temanmu yang sama-sama jadwalnya kosong. Gimana kalau jadwalnya belum pas? Cara mengatasinya, salah satunya harus mengalah, atau tunggu tanggal merah di bulan selanjutnya. Tidak mungkin dong, temanmu sudah punya acara bulan depannya? Nah, selamat mencoba.

- Melapangkan Rezeki

Manfaat silahtrahmi itu selain menjalin silahturahmi kembali, yaitu melapangkan rezeki. Ya, saya pernah merasakan secara langsung. Contoh sederhananya adalah ketika kamu tidak bertemu dengan teman yang sudah belasan tahun lalu, tidak bertatap muka, tanpa disadari bertemu kembali, bukankah bertemu dengan teman lama adalah rezeki juga? Iya! Nah, darisitu kamu bisa mulai bercerita, siapa tahu rezeki kamu melalui perantara dia, seperti rezeki dalam mendapatkan pekerjaan. Atau kamu bisa saling "join"untuk berwirusaha? Nah, silahturahmi itu seperti "obat" wajib diminum dan harus dilaksanakan ya dalam prakteknya :)

- Saling Bertukar Informasi

Ya, melalui silahturahmi kita bisa saling bertukar informasi. Bertukar informasi disini mencakup luas, mengetahui kabarnya teman yang sudah lama tidak bertemu, eh si A apa kabarnya ya? Atau bertukar informasi mengenai, dimana sih kampus yang bagus atau ada lowongan kerja tidak sih? Selagi, masih bertukar informasi dalam hal positif maka silahturahmi sangat dianjurkan.


Seperti yang saya lakukan pada tanggal 7 September 2014 lalu, dimana saya menghadiri silahturahmi halal bihalal hingga ajang temu kangen dengan komunitas blog. Silahturahmi dengan komunitas blog adalah hal "terbaru" dalam diri saya. Halal bihalal, temu kangen, kopdaran sesama blog di dunia nyata merupakan ajang menjalin silahturahmi yang dilakukan oleh komunitas blog KEB, dimana komunitas yang anggotanya adalah perempuan yang mempunyai tujuan yang sama, yaitu mempunyai "passion" di dunia menulis dan ingin berbagi pengalaman, cerita melalui tulisan. Dan saya merasakan sekali  menjalin silahturahmi secara langsung dengan para blogger perempuan, dimana saya tak hanya kenal di dunia maya namun di dunia nyata juga, merasakan sebuah keluarga baru yang anggotanya sangat baik, saling menyupport para blogger pemula seperti saya, tidak memandang antara blogger senior ataupun junior, mendapatkan ilmu mengenai dunia blog. Selain itu, dengan silahturahmi secara langsung bisa meningkatkan rasa persaudaraan, mempunyai teman baru yang banyak dan pokoknya silahturahmi itu menyenangkan!


Yuuuuuk ah, kita saling silaturahmi baik di dunia nyata dengan saling bertemu, bertukar cerita ataupun saling blogwalking di dunia maya (blog) ^^



42 komentar:

  1. Indah ya Mbak Titis ketemu bareng teman blogging, sayang saya
    Gak di undang Mbak.. apa acaranya khusus Ibu Ibu saja Mbak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya,komunitas blog khusus perempuan :)

      Hapus
  2. Barrakallah dapat pertamax meski tak bisa bertemu silaturrahmi nya juga
    Selamat Idul Adha 1436 H ya Mbak Titis, salam sukses/sejahtera :)

    BalasHapus
  3. Komunitas Emak Blogger (KEB) ini merupakan salah satu komunitas blogger yang paling aktif di Indonesia. Salut dengan penyelenggaraan silaturahmi seperti ini. Selain memupuk silaturhami juga menambah wawasan dan pertemanan. Indah sekali. Semoga terus berlanjut even even Silaturahmi seperti ini

    BalasHapus
  4. kl dah kumpul bareng komunitas dijamin keberkahannya melipat ^^

    BalasHapus
  5. Silaturahmi itu menyenangkan ya kak :D
    ayoo kopdar lagi :D :D

    BalasHapus
  6. Persahabatan, jaringan dan komunikasi memang indah maks ;)

    BalasHapus
  7. pengin deh silaturahmi sama Mak titis, tapi masih silaturahmi di dunia maya aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah suatu saat nanti bisa kopdaran di dunia nyata ya Mak Sari :)

      Hapus
  8. salut saya bisa terus eksis di online dan offline. semoga sukses

    BalasHapus
  9. Wah baru liat kog cewek semua.. ternyata memang komunitas emak blogger.. gagag gak jadi dah bilang kapan saya boleh ikutan.. :D

    BalasHapus
  10. Kopdarnya seru..
    (KEB)ersamaan..

    BalasHapus
  11. udah lama ga main ke sini eh udah jadi .com sekarang :)

    BalasHapus
  12. Silaturahmi ala Blogger alias memang selalu seru dan banyak manfaatnya ya mbak...kr itu jd pingin lg dan lg....hehe
    Terimakasih sdh berpartisipasi dalam GA saya mbak...

    BalasHapus
  13. asyik banget ya gan bisa kumpul bareng sama teman-teman yang sudah lama nggak ketemu, nice share gan

    salam kenal gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asyiiik bangeet gan ngumpul sama teman" ^^

      Hapus
  14. iya, akhir2 ini memang merasa silaturahim dengan teman2 lama mulai longgar.
    harus dipererat kembali nih

    BalasHapus
  15. asik banget ya bisa bersilaturhi sesama blogger

    BalasHapus
  16. sayang banget saya ga dapat undangan hehehe

    BalasHapus
  17. Menitipkan jejak, menjalin silahturahmi mungkin berbagi info seperti para blogger. Thanks, Mbak :)

    BalasHapus
  18. Titis berkibar. Mengepakkan sayap. Hihihi

    Kalau sering silaturrahim, malin banyak kenalan baru ya, Tis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Idah mengikuti jejakmu hehehe

      Hapus
  19. wah kumpul2 semua seru sekali yaa :)

    BalasHapus
  20. itu blogger semua tuh ? kereeen banyak banget ..wkwkwks

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D