Pengikut

Setiap Hari itu Proses Belajar

       Belajar seperti menikmati sebuah proses dimana harus merasakan "perjuangan", jatuh bangun entah untuk mencoba mengerti atau memahami apa yang dimaksudkannya. Merasakan jatuh bangun ini mengibaratkan rasa dimana pernah mengalami pahitnya dalam menjalani kehidupan ataupun manisnya dalam menikmati kehidupan. Jika ditanya mengenai pengalaman, maka saya tidak bisa bercerita panjang lebar, secara saya masih "awam" memasuki dunia nyata alias dunia pekerjaan, pengalaman. Namun tak ada salahnya, jika saya bercerita dan berbagi sedikit mengenai postingan blog ini semoga bermanfaat :)

sumber : google
Bagi saya pribadi, setiap hari itu sebagai proses belajar dimulai dari kita membuka mata selepas bangun tidur dan memulai aktivitas sehari-hari, cara sederhananya adalah bagaimana kita belajar untuk bergegas bangun dari kenyamanan berupa tempat tidur dan menyambut pagi dengan semangat. Belajar kesabaran dalam hal mengantri (menunggu datangnya busway), dimana secara tidak langsung transportasi saat jam kerja itu luar biasa jalanannya macet euy! Nah, saat itu pula kesabaran kita diuji, bersama dengan itu maka kita sudah berhasil melewati proses belajar kesabaran. Dan saat tiba di kantor, tidaklah berjalan dengan harapan kita, kadang pekerjan yang datang tiba-tiba dan menumpuk mampu membuat kita bagaimana belajar "memanage" waktu dengan sebaiknya agar tidak pulang larut dan tepat waktu, belum juga dengan teman kerja dimana yang mempunyai tanggung jawab sama tapi dia mengesampingkan tugasnya. Pasti ada "orang" seperti itu, ya secara ini kan dunia kerja berbeda dengan dunia kampus. Secara tidak langsung, maka kamu akan belajar mengenali "sifat" orang yang tidak selalu sama dengan apa yang kamu harapkan. Lalu dimanakah kalian mengalami proes belajar lagi? Jika ada pertanyaan seperti itu, maka jawaban yang paling mudah adalah di setiap kaki melangkah. Contohnya, jika kalian ingin mengunjungi suatu daerah, maka disaat itu pula kamu harus belajar "mengenali" lingkungannya, entah itu orangnya, ataupun kebudayaannya. Jadi, disaat itu pula kamu akan belajar mengenali kebudayaan tersebut. Di setiap kaki melangkah, disaat itu pula kamu harus belajar bersikap, berkata ataupun belajar caranya beradaptasi.


Pasti diantara kalian juga pernah mengalami proses beradaptasi, ya dimulai dari lingkungan yang baru, dimana belajar bagaimana sih cara saya bersikap. Nah, bagi saya proses belajar itu tidak hanya terjadi ketika kita mengenyam bangku sekolah ataupun kuliah, proses belajar itu dimulai bagaimana kita sudah beranjak dewasa dan sudah tahu bagaimana membedakan mana yang harus diprioritaskan. Bukan seperti dulu, dimana jika sudah menginginkan sesuatu maka kita berburu sama keinginan tersebut, kalau sekarang sudah masa belajar "lapang dada" hehehe. Ya, belajar langsung dari perjalanan kehidupan, itulah proses belajar yang sesungguhnya. Dalam perjalanan hidup itu, kamu akan menemukan arti teman, sebuah tanggung jawab dan bagaimana rasanya mensyukuri nikmatNya. Melalui perjalanan hidup juga, akan belajar mengenai teman yang bisa mensupportmu dalam keadaan sedih ataupun senang, tanggung jawab terhadap diri sendiri dimana untuk masa sekarang bukan lagi menjadi seorang anak kecil yang harus kesana-kesini tanpa pamit ataupun jika dikasih kebebasan tidak disalahgunakan. Proses belajar yang sesungguhnya adalah proses dimana kamu belajar hal baik, hal yang dapat membuat kamu berkembang bukan menjadikan kamu stuck dalam keadaan saja, belajar dari pengalaman yang pahit untuk bisa merasakan pengalaman manis dan kemudian di kemas dalam kenangan *eh


Ya, selamat menikmati proses belajar!
Karena hidup adalah sebuah perjalanan, maka kamu harus belajar menikmati perjalanan tersebut dengan belajar berproses dan jangan takut untuk belajar untuk hal yang baik karena kebaikan akan membawamu kepada keberkahan untuk segala hal aamin.






18 komentar:

  1. Ngeblog juga salah satu pembelajaran :D

    -www.fkrimaulana.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Yup, bekerja, juga adalah proses belajar, bukan bearti sudah mahir.. Justru, dari bekerja itulah kita semakin mengasah kemampuaan kita..tsaaah....

    BalasHapus
  3. belajar setiap harii... hehehe
    ya semoga kita bisa mengambil setiap pelajaran tiap harinya. wkwk

    BalasHapus
  4. hari ini belajar ngucek kotoran baju yang nggak hilang2,butuh kesabaran memang hehehe.....
    seamat belajar mbk^^

    BalasHapus
  5. setuju...setiap hari adalah proses belajar..belajar masak yg ga bisa2 hiks

    BalasHapus
  6. belajar belajar dan belajar... terutama belajar ikhlas menerima keadaan tapi gak pernah nyerah untuk bangkit^^
    semangaaaat...!
    jangan lupa ikutan giveaway saya #promo :p

    BalasHapus
  7. Setiap aktivitas sehari2 semua pembelajaran, belajar terus walaupun gak ada guru..

    BalasHapus
  8. Belajar, belajar, belajar...
    Blogging ke blog om yandi juga termasuk belajar nih :p

    BalasHapus
  9. setuju mbak setiap hari itu proses belajar,tentunya banyak pengalaman yang bisa di jadikan motivasi untuk belajar menjadi lebih baik lagi :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D