Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dicicipi

Semarang, setiap berkunjung ke kota Lunpia, berasa mudik ke kampung halaman, hehehe. Kota yang saya sempatkan untuk bertamu, minimal setahun sekali. Terakhir ke Semarang, saya ngebolang sama teman-teman, untuk keseruannya bisa dibaca di sini. Untuk tahun ini, tujuan ke Semarang, yakni, nyekar ke makam Mbah yang ada di Kendal sekalian nyobain tol trans Jawa, hehehe. 

Jika ditanya, perjalanan ke Semarang sangatlah lancar, hanya tersendat di tol Cikarang, Cikampek dan Karawang. Selepas itu, perjalanan lancar. Dari Cipali ke Semarang, lama perjalanan hanya sekitar 2-3 jam saja, dengan panjang tol 400KM. Nah, bagi yang mau berwisata ke Semarang, semoga postingan ini bisa jadi rekomendasi untuk memilih oleh-oleh khas Semarang :)

Semarang, terkenal dengan Simpang Lima, di mana, pada malam hari, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya. Beragam kulineran wajib dicicipi, begitupun dengan oleh-oleh khas. Penasaran dengan oleh-oleh khas Semarang, berikut oleh-oleh yang wajib dicicipi, jika berkunjung ke Ibu kota Jawa Tengah. 

1. Lunpia


Lunpia Ny Lien ini berada di gang kecil, namun keberadaan sudah terkenal sejak lama. Saya sudah pernah mencicipi, memang sih rasanya enak. Saya pun berkunjung ke Lunpia Ny Lien, karena pesanan teman saya. Lunpia Ny Lien berada di Gang Grajen, Jl. Pemuda No. 1 Pandansari, Semarang. Saya sarankan jika tidak mengetahui daerah Semarang, bisa memanfaatkan maps.



Untuk jam bukanya, Senin sampai Minggu, dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 10 malam. Oh iya, kalau bisa, kamu pesan dulu via telepon ya, biar besok saat sampai sudah siap. Bisa telepon Lunpia Ny Lien di nomor telepon 0243580734. Mengenai rasa pun beragam, ada yang original, seafood, special dan harganya dimulai dari 16000. Apakah kamu, sudah pernah mencicipi Lunpia Ny Lien?

2. Wingko Babad Cap Kereta Api


Semarang dikenal dengan wingko babad. Kalau menurut saya, wingko babad cap kereta api, mengenai rasa, lumayan menggoda di lidah dan enak. Untuk harganya pun beragam, rasa original dipatok dari harga 5500. Wingko babad cap kereta api yang rekomendasi ada di Jl. Cendrawasih No. 14, Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah. Patokannya dekat Stasiun Tawang. Saya saranin untuk pesan Wingko babad terlebih dahulu. Kamu bisa nelpon ke 0243542064. Mengenai rasa, ada rasa original, Kelapa, Cokelat, Nangka dan Durian. Ingat yang ada gambar keretanya.


3. Tahu Baxo Ibu Pudji


Tahu Baxo Ibu Pudji, begitu terdengar namanya, pasti para pecinta tahu baxo sudah hafal. Untuk lokasinya, Tahu Baxo Bu Pudji tersebar di kota Semarang, ada yang di Ungaran, dekat Undip, Pamularsih, Banyumanik. Untuk cabang Ungaran berlokasi di Jl Diponegoro No. 14 Mijen, Gedanganak, Kec.  Ungaran Timur, Semarang. Mengenai harga, untuk tahu baxo yang goreng, satu kotak, 37 ribu dan yang rebus 35 ribu. Sudah ada yang mencicipi? 


4. Bandeng Juwana


Selain Lunpia, ada satu oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu beli, jika lagi kelayapan di Semarang, yakni, Bandeng Juwana. Durinya sangat lunak, dan mengenai rasanya, nyummy. Untuk harganya berkisar 122ribu hingga 170ribuan. Dan lokasinya searah dengan Lunpia Ny Lien, di Jln Pandanaran No. 57. Dijamin ketagihan, heuheu. 

Sudah pernah ke Semarang? Apa favorit oleh-olehmu?


Salam, 

@titisayuningsih




1 komentar

  1. Waktu ke Semarang beberapa tahun alu hampir semua makanan di atas saya bawa sebagai oleh oleh. Kecuali tahu baxo. Kuliner Semarang memang enak enak.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D