Musik 90an Penuh Kenangan, Siapa Musisi Favoritmu?

Musik! Bisa dikatakan sebagai teman perjalanan seseorang. Melalui alunan musik, kamu bisa mendengarkan lirik lagu yang pas di telinga maupun suasana hatimu. Jika dibandingkan dengan kualitas musik tahun 2000-an dan 90-an, bagi saya yang terbaik untuk musik dan liriknya, yaitu, mereka para musisi yang sudah berkarya sejak tahun 90-an. Hayooo, siapa yang sehati dengan saya? Eh.

Bagi yang menikmati alunan musik para musisi 90-an, dapat dipastikan mengenal para musisi yang akan dibahas pada postingan ini. Sebagai bentuk apresiasi saya (pendengar musik awam) kepada mereka para musisi yang sudah berkarya sejak lama dan (berharap) sampai kapan pun. Siapakah saja mereka? Yuk, simak melalui postingan ini.

1. Sheila On 7

Band asal Yogyakarta, 6 Mei 1996, sampai saat ini masih ditunggu karyanya oleh penikmat musik. Yaps, Sheila On 7, band dengan kesederhanaan namun kaya akan karya, begitu dijuluki. Tepat, hari ini mereka merayakan hari ulang tahunnya ke 22 tahun. Masih teringat dibenak saya, lagu-lagu yang masih tersimpan di memori otak ini, seperti Sahabat Sejati, Dan, sampai Sebuah Kisah Klasik.

Setelah, berselancar di dunia musik hampir 22 tahun, kini band yang digawangi oleh Duta, Eross, Adam dan Brian sudah resmi untuk indie bernama 507records. Di tahun 2018 ini, band asal Yogyakarta, mengeluarkan single terbarunya, yaitu Film Favorit. Inti dari lagu ini, jika kamu menginginkan sesuatu, teruslah berjuang meski peran yang dimainkan bukan pemeran utamanya. Yang mau dengar lagunya, cek di youtube Sheila On 7.


Sebuah Kisah Klasik (sumber : Sony Music) 

2. Kahitna

Band asal Bandung ini, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya musiknya. Band yang mempunyai 3 vokalis, Mario, Hedi Yunus, Carlo Saba, sudah melintang di blantika musik sejak 1986. Cerita cinta merupakan lagu andalan dari dulu sampai sekarang. Bahkan, mereka seringnya tampil secara off air. Kalau saya sih, suka lagunya Kahitna yang Cantik, kalau kamu?

3. Dewa 19

Band asal Surabaya, yang digawangi Ahmad Dhani sebagai nakhoda, membentuk band Dewa 19 sejak 1986. Lagu pupus pernah menjadi hits di jaman 90-an, di mana menceritakan mengenai cinta bertepuk sebelah tangan dan itu menyedihkan, hihi. Ada satu lagu dewa yang saya sukai, hadapi dengan senyuman, di mana lagu tersebut, memberikan semangat, seberat apa pun masalahmu, jangan lupa tersenyum. Kalau kamu, suka lagu Dewa yang mana? Sangat disayangkan Dewa seperti bubar di tengah jalan, lebih seringnya membuat konser reunian gitu.

Pupus (Sumber : Aquarius Musikindo) 

4. Slank

Slank ini terbentuk sejak tahun 1983 lalu. Berlokasi di Gang Plotot, Jakarta di mana Kaka menjadi vokalisnya. Lagu yang menjadi andalan, yaitu lagu Terlalu Manis. Selain, menyuarakan untuk lagu cinta, Slank termasuk musisi yang peduli dengan perkembangan Indonesia, khususnya, mereka para wakil rakyat. Hayoo, kalau kalian mendengar nama Slank, lagu apa yang diingat? Semoga Slank tetap mewarnai blantika musik Indonesia.

5. Jamrud

Band ini terkenal lewat lagu Pelangi di matamu. Bahkan, mantan Presiden Indonesia juga mengcover lagu tersebut untuk dinyanyikan kembali. Masih teringat di benak saya, lagu Pelangi di Matamu, pernah menjadi soundtrack di acara sinetron. Dan lagu fenomenal dari Jamrud, selain Pelangi di Matamu adalah Surti dan Tejo. Kalau saya sih, sukanya lagu Selamat Ulang Tahun. Btw, band yang digawangi oleh Aziz ini, lagi sibuk apa ya? Hmm.

Selamat Ulang Tahun (Sumber : Netmedia) 

Sebenarnya, banyak sih band-band yang mewarnai masa tahun 90-an, namun 5 band tersebut, menurut saya sih sudah mewakili. Tahun 90-an, di mana para musisi tidak menciptakan karya berupa lagu sedih, cinta, atau patah hati, namun juga menciptakan lagu semangat. Nah, kalau membahas musisi 90-an, kamu teringat sama siapa nih?


Salam generasi 90an, konon bisa dibilang generasi yang bahagia! Karena, masa kecil dan dewasa, diwarnai dengan musik sesuai dengan kebutuhan.




35 komentar

  1. Sheila on 7 sedari dulu mencuri perhatianku haha keren sampe skrg masih bisa eksis y mba

    BalasHapus
  2. Aih ini semua 5 band kesukaan aku. Apalagi Sheila on 7 dan Kahitna :)

    BalasHapus
  3. Saya suka semua lagu Sheil On 7, gak ada yang jelek menurutku hehe.

    BalasHapus
  4. S07, Padi dan Dewa adalah "OST hidup" masa2 sekolah menengah saya. Musiknya everlasting, lagu-lagunya masih asyik didengerin sampai kini

    BalasHapus
  5. Saya kelahiran 79. Suka banget dulu nyayiin lagu Mayangsari, Nike Ardila dan Dewa 19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dewa 19 memang terbaik di jamannya.

      Hapus
  6. Lagu kenangan sih terima kasih dari jamrud. Tapi yang paling suka lagu kabari aku. Huhuhu..jadi melayang ke jaman smp sma doeloe.

    BalasHapus
  7. Sheila on Seven sih yang terbaik.
    Ga pernah bosen aku tu :D

    BalasHapus
  8. Sheila on 7 dongs 😘😘😘

    BalasHapus
  9. Titiiis...
    Ini jaman aku banget banget banget.

    Aku selalu ikutan nyanyi.
    Adalagiii...macam Potret ((Melly Goeslow), Base Jam, Dygta, emm...apalagi yaak??

    Aku masih suka Dewa yang Angin.
    Bener gak judulnya...
    Ini lagu ada kenangannya soalnya.

    Dan gak berani download.
    Hihii...masih takut sama #baper

    BalasHapus
  10. Java jive, kla project. Nambahin dua mbak...masih banyak yang lainnya sih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget, kla sama java jive tetap di hati mah

      Hapus
  11. Yesss bener bgt. Musik 90'an tak lekang oleh waktu. Sampai sekarang msh enak saja didengar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaaay, musik 90an memang berkualitas ya.

      Hapus
  12. Akuuu suka semua lho mba. Lagunya keren-kereen soalnya

    BalasHapus
  13. Demi apapuuunnn, aku masih suka kangen sama lagu-lagu mereka.
    Yutupan nyarinya lagu lama. Hahaha

    BalasHapus
  14. Sy generasi 90 an tp sukanya ada band. Ttp enak didengar sampe sekarang. Keduanya S07 boleh lah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada band lagunya romantis ya, dan musiknya enak banget di dengar.

      Hapus
  15. Kahitna , tapi lbh suka musik malasyia utk yang 90 an

    BalasHapus
  16. Opsi 1 dan 2 itu favorite saya. Masih kurang, harusnya masukin Ada band juga. 1 era deh itu

    BalasHapus
  17. Ga usah ditanya, kamu pasti tahu yang mana favoritku. Eh Padi ga masuk daftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong, Padi mah tetap di hati eaaa.

      Hapus
  18. Uwaaahhhhh lagu2 fav ku semuanya dr era 90an. Di spotify, yg aku save di playlist juga lagu2 90an. Sheila on7 jg g ada matinya yaaaaa, fans berat ama duta mah aku :p

    Trs kalo dewa aku sukanya yg ari pas vokalis. Diganti ance aku ga suka lagi. Ga cocok ama seleraku lagu2nya sejak ance :p

    Trus kyk poweslaves, humania, bayou, voodoo, belum lagi band rock yg luar negri :p. Ga ada yg bisa ngalahin lagu2 mereka. Sampe skr pun ttp ga bosen di denger

    BalasHapus
  19. Ini kok bisa pas gini ya, dan ketika saya baca tulisan ini, dan saya sedang mendengarkan lagu Dewa, dan sebelumnya juga udah dengerin slank, SO7. Mungkin nanti next ke Jamrud dan Kahitna..hehe

    BalasHapus
  20. Aku suka semua grup musik yang disebutkan disini. Apalagi Slank dan Jamrud hahaha

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D