Mau Ganti Nomor Handphone yang Sudah Tidak Aktif Lagi di Aplikasi Grab dan OVO? Begini Caranya, Dijamin Berhasil!

Holaaaa Juli, tidak terasa sudah memasuki pertengahan tahun saja. Tahun 2020 ini bisa dikatakan sebagai tahun yang lumayan menyita perhatian. Dimulai dari bulan maret lalu dan sampai saat ini, pandemi masih ada. Berharap semoga ada titik terang sesaat lagi. Gimana aktivitas sehari-harinya, sudah mulai bekerja ke kantor lagi atau masih menerapkan bekerja dari rumah? Semoga kesehatan selalu dijaga, dengan menggunakan masker dan tetap jaga jarak dengan sesama, rajin cuci tangan juga ya. 

Aplikasi Grab Bike
Hampir dua bulan lamanya, transportasi online di Jakarta tidak beroperasi. Dan pada masa transisi ini, ojek online sudah bisa beroperasi kembali. Pastikan, sebagai penumpang, tetap menaati protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh team gugus penanganan covid19, salah satunya, dengan membawa helm sendiri dan menyediakan hand sanitizer dalam tas.

Nah, membahas tentang transportasi ojek online, saya ingin sharing tentang pergantian nomer telepon yang sudah tidak aktif lagi pada aplikasi grab dan terhubung di ovo juga. Ikuti 5 langkah berikut ini untuk pergantian nomer handphone yang sudah tidak aktif lagi di aplikasi ovo dan grab :

1. Kirim Email ke OVO
Saya memilih cara berkomunikasi dengan email, kenapa? Karena bagi saya, melalui email merupakan cara surat menyurat secara resmi. Pasti yang mempunyai aplikasi Grab, mempunyai email juga dong? Ya, karena email merupakan syarat utama untuk log-in selain nomor telepon. Tujukan emailnya ke cs@ovo.id, dengan subjek permohonan pergantian nomor handphone. Biasakan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, perkenalkan nama dulu, dan alasan kenapa kamu kirim email. Dijelaskan juga, akun dan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi tersebut.

2. Siapkan Data Diri
Setelah kamu kirim email ke ovo, nanti akan dibalas dengan teamnya, kemudian akan diminta proses verifikasi data. Nomor handphone yang lama (yang akan diganti), foto KTP, nomor handphone yang aktif (jika ada dua nomor) dan foto selfie saat pegang KTP (jika kamu ragu memberikan data foto ktp yang asli, bisa menggunakan fotokopinya saja). Saat verifikasi data pribadi, saya juga melampirkan tangkap layar aplikasi grab.

3. Verifikasi Data dari OVO melalui Telepon
Ya, setelah melakukan verifikasi data pribadi, kemudian kamu akan ditelepon ovo. Untuk nomor telepon yang akan menelponmu akan diberikan diemail. Jadi, sebelum angkat telepon pastikan nomor tersebut resmi dari ovo +021 5086 0696. Saat itu saya ditelpon ke nomor yang mau diubah (nomor baru). Jika kamu tidak mengangkat telepon, maka proses verifikasi akan batal.

4. Jangan Lupa Tangkap Layar Sisa Saldo di Aplikasi Grab
Jika kamu masih bisa log in menggunakan alamat email, pastikan kamu tangkap layar atau screenshoot saldo grab. Atau bisa juga kamu cek riwayat pemesananmu terakhir menggunakan grab bike, grab food atau yang lainnya.

5. Ubah Nomor Telepon yang Baru pada Aplikasi OVO
Nanti akan ada pemberitahuan via email, jika nomermu sudah berubah. Dan segeralah untuk ganti nomor yang baru di aplikasi ovo, tinggal masukkan nomor telepon dan dikirim kode ke nomor, kemudian log in. Selanjutkan, ke aplikasi ovo di menu profile - ubah profile dan kemudian ubah deh nomor teleponnya dan selesai deh. Proses pergantian nomor telepon sudah selesai. Waktunya sekitar 3 hari paling lama. Dan bagi saya cukup efektif tanpa harus ke gerai OVOnya.

Jaga kesehatan ya, teman-teman.

12 komentar

  1. Terima kasih Titis informasinya. Walaupun gak punya Ovo dan ga install Grab, info ini berguna banget.

    BalasHapus
  2. Dulu paling senang kalau pakai OVO. Sekarang di Medan udah enggak bisa lagi top Up pakai Alfamart. Kalau enggak ke OVOnya langsung ya di carefur. Bisa juga pakai ATM. Sekarang malah enggak pakai lagi deh. Tapi kalau diingat-ingat lagi masih ada mungkin saldonya.

    BalasHapus
  3. Wah, ini informasi penting banget. Siapa tahu karena satu dua hal saya harus ganti nomor HP. Ternyata nggak ribet ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Oh begitu ya caranya, pakai email aja. Aku masih pakai nomer yang lama, gak pernah berubah nomer hape dari awal punya. Tapi aku simpan sih infonya ini, siapa tahu ada yang butuh, makasih yaaa udah sharing

    BalasHapus
  5. terima kasih untuk infonya. Sangat bermanfaat banget. Jadi tau gimana cara mengubah no.hp yang udah gak aktif pada grab & ovo.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah OVO masih aktif dengan nomor yang sama sejak beberapa tahun lalu. Hehehe. Tapi bener nih, informasinya berguna banget buat yg mendadak harus ganti nomer hp. Sayang kan poin dan saldonya.

    BalasHapus
  7. layanan OVO semakin baik ya
    Dulu untuk verifikasi premium harus keluar rumah, sekarang bias langsung
    Juga untuk ganti nomor, bias semudah itu

    BalasHapus
  8. Andaikan verifikasi pergantian nomor handphone untuk beberapa mobile banking semudah ganti nomor untuk grab dan ovo ini ya.

    Bermanfaat banget tulisannya mba.

    BalasHapus
  9. Oh gitu ya mbak caranya, makasih ya infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Terimakasih informasinya kak 😊 belum ada niat mengganti nomor hp sih tapi jika sewaktu-waktu harus mengganti no hp, sudah tau deh caranya

    BalasHapus
  11. Makasih sharingnya Mbak Titis. Sangat bermanfaat kalau ada yang kebingungan mencari cara ganti no hp untuk aplikasi e-money gini.
    Sesuai peran blogger kita sebagai educator.
    Makasih ya...

    BalasHapus
  12. Penting nih. Aku juga pengguna ovo nih. Selama ini sih blm pernah berubah nomor. Saved, buat jaga2 aja ah..

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D