3 Langkah untuk Memperoleh Kualitas Tidur, Apakah Kamu Sudah Menerapkan?

3 Langkah untuk Memperoleh Kualitas Tidur, Apakah Kamu Sudah Menerapkan? Tidur, merupakan faktor penting bagi seseorang. Setelah beraktivitas seharian, dari pagi hingga malam, rasa lelah menghampiri. Alangkah baiknya, dapat memanfaatkan sisa malam dengan tidur nyenyak, namun pada kenyataannya untuk bisa merasakan tidur nyenyak rasanya sulit sekali. Banyak faktor yang mengganggu ketika tidak bisa tidur nyenyak, diantaranya ada beban yang belum selesai atau memang insomnia. Tidur merupakan kebutuhan yang penting, mengapa? karena melalui tidur, sel, organ dan jaringan tubuh untuk bekerja secara normal. Maka dari itu, sebagai manusia harus menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. Saya jadi teringat saat melakukan medical check up lalu, saat berkonsultasi dengan dokter, beliau memberikan arahan bagaimana memperoleh kualitas tidur yang baik.

Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi semua orang. Mengapa? Alasannya, karena tidur sangat penting untuk sel, organ, dan jaringan tubuh untuk bekerja secara normal. Oleh sebab itulah, perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. Namun, seperti apakah tidur yang berkualitas itu? Bagaimana cara mencapainya? Yuk, cari tahu jawaban semua pertanyaan tersebut pada ulasan berikut ini!

Saya ingat saat berkonsultasi dengan dokter, beliau menyampaikan, usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam per malam. Tapi tergantung ke individu masing-masing, ada yang bisa tidur malam sampai 9 jam lamanya atau hanya 7 jam. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu harus memperhatikan 3 langkah berikut :

1. Usahakan untuk Tidak Makan Malam Lebih dari Jam 8 Malam

Ya, ternyata benar apa kata orang tua kita bilang, kalau bisa setelah jam 8 malam jangan makan malam, hal ini bisa mengakibatkan kelebihan berat badan dan tidak bagus juga untuk proses dalam tubuh. Menghindari minum saat mau tidur juga bisa kita lakukan, agar dapat menikmati tidur nyenyak, tujuannya biar tidak bolak balik ke kamar mandi. Nah, kalau kamu jam berapa terakhir makan malam? Usahakan jangan minum kopi juga ya, hal ini akan mengakibatkan kamu tidak bisa tidur, hal ini terjadi saat saya mengkonsumsi kopi saat siang atau sore hari. Apakah kamu merasakan hal yang sama dengan saya ketika minum kopi dan tidak bisa tidur?

2. Buatlah Kondisi Kamar dengan Nyaman

Untuk menciptakan tidur yang nyenyak dan memperoleh kualitas tidur, alangkah baiknya kita merapikan barang lalu menatanya dengan rapi ke tempatnya. Dengan menciptakan kenyamanan di dalam kamar akan membuatmu semakin nyaman untuk tidur, kalau saya pribadi lebih suka tidur dalam kondisi lampu gelap, dari kegelapan tersebut menciptakan tenang dan membuat tidur dengan nyaman.

Saya pernah membaca sebuah artikel di mana dengan membuat kamar menjadi gelap, secara tidak langsung memberi sinyal ke otak yang memberitahu waktu tidur sudah tiba. Kenyamanan di kamar dapat kamu ciptakan dari tempat tidur yang nyaman. Selain kasur, kamu juga bisa menggunakan topper. Penasaran topper itu apa? topper bisa dikatakan matras khusus sebagai pelapis bagian atas kasur. Jadi, jika kamu merasakan tidak nyaman dalam tidur, jangan langsung ganti kasur. Bisa dicek dulu matras toppernya. Kegunaan matras topper adalah sebagai pelindung kasur dari noda atau kotoran, dengan menggunakan matras ini, kasur tidak mudah kotor dan lebih awet.

Topper (sumber : Domibed)

Pasti ada yang penasaran, bagaimana memilih matras topper yang terbaik? Ada 3 langkah yang bisa digunakan dalam memilih matras topper sebagai berikut : Pilihlah matras yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Biasanya bahan matras topper di pasaran terbuat dari bulu, memory foam atau latex. Bahan terbaik yang digunakan untuk matras ini adalah memory foam dan latex. Kedua bahan ini mempunyai keunggulan yang lebih banyak daripada bahan lainnya. Kedua bahan ini, mempunyai tekstur dan tingkat kelunturan yang sangat tinggi. Bahan ini juga bisa kembali ke bentuk semula hanya dalam hitungan detik setelah terkena tekanan dan mampu menopang tubuh dengan sempurna. 

Langkah kedua yaitu pilih yang menyediakan banyak ukuran. Selain bahan yang perlu diperhatikan, ukuran matras juga perlu menjadi perhatian utama. Matras yang berkualitas adalah matras yang tersedia dalam banyak ukuran. Umumnya, matras yang bagus menyediakan banyak pilihan ukuran matras sesuai dengan ukuran kasur. Ukuran matras terkecil dimulai dari 90x200 atau 100x200 sesuai dengan ukuran kasur single. Sedangkan ukuran matras terbesar 200x200 cm sesuai dengan ukuran kasur paling besar. Dan yang terakhir adalah pilih menggunakan hypoallergenic. Fitur hypoallergenic, merupakan fitur yang melindungi kulit dari iritasi ketika bergesekan langsung dengan matras. Matras yang menggunakan fitur ini aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Hal ini memastikan jika matras bebas dari bakteri dan virus yang bisa membuat kulit menjadi alergi.

3. Lakukan Olahraga Teratur 

Saat berkonsultasi dengan dokter lalu, saya disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, minimal seminggu 3x. Olahraga seperti jalan kaki ataupun lari bisa membuat kita merasakan capek dan saat malam tidurnya akan nyenyak.  Waktu yang tepat untuk olahraga adalah di waktu pagi hari atau sore hari, jika malam hari, minimal 3 jam Sebelum tidur malam. Ayo, hidup sehat!

Btw, jadi mau merekomendasikan matras topper terbaik yang sebelumnya sudah dibahas, ada merk yang bisa menjadi andalan yaitu domi.  Produk matras domi terbuat dari bahan air foam yang dilapisi dengan bahan latex. Bahan tersebut dapat mengurangi panas dan tetap nyaman. Matras domi menyediakan ukuran paling kecil 90x200 cm dan terbesarnya 200x200 cm. Selain itu, matras domi juga sudah dilengkapi dengan high density quantum base foam yang bisa menopang tubuh dengan maksimal. Selain itu, lapisannya juga dilengkapi antibakteri dan anti iritasi sehingga aman untuk semua jenis kulit. Harga matras topper dimulai dari 500.000, semoga tidurmu semakin nyenyak :)

12 komentar

  1. saya tuh ya selalu gagal mau olahraga, karena tidurnya selalu nggak cukup, takutnya olahraga malah pingsan hahaha.
    Memang kualitas tidur itu penting banget nget.
    Tidur cukup dan berkualitas bikin sehat mental dan fisik kita

    BalasHapus
  2. Menjaga kualitas tidur menjadi salah satu berperan penting dlm mengolah gaya hidup sehat
    Dan yups hal itu pun bisa di dukung dgn medianya seperti matras yg nyaman menjaga kualitas todur jadi baik

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, aku termasuk orang yang gampang banget tidur. Mau terang, gelap, sendirian, rame-rame, di tempat umum, di kendaraan... Pokoknya kalo ngantuk, ya tidur. Pernah sih insomnia, tapi gak sering kok, biasanya efek minum kopi. Tips nya sudah aku jalankan sih selama ini... Jangan lupa berdoa sebelum tidur.

    BalasHapus
  4. matras atau kasur ini memang berpengaruh banget pada kenyamanan tidur yaa, kalo matrasnya empuk, tidur pun akan lebih nyenyak yang otomatis membuat kualitas tidur akan lebih baik

    BalasHapus
  5. baru tau tentang matras topper, selama ini beli ya beli aja
    enggak tau bahwa kita bisa mengganti matras topper saja
    Informatif banget
    Karena kalo mau ganti kasur, gak tau harus dibuang di mana

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu ada topper ini. Sepertinya selain bisa digunakan untuk menambah kenyamanan saat tidur juga cocok punya ini saat anak usia toddler yang masih suka explore sana sini dan bawa segala macam mainan ke atas tempat tidur..

    BalasHapus
  7. Tidur memang sangat penting sekali. Saya pun merasakan, Mbak. Saat coba begadang karena ada deadline menulis, besoknya kepala saya pusing hahaha. makanya sekarang tidka memaksakan begadang. terus soal makan malam, saya biasanya malah makan sore sekaligus makan malam hehehe.

    BalasHapus
  8. Yang paling sulit mengatur jam tidur itu Kaka.. biasa sering jadi kalelawar

    BalasHapus
  9. Olah raga nih yang tidak aplikatif buat saya. Sejak mengalami saraf kejepit dan pergeseran tulang belakang, dokter menganjurkan saya untuk tidak terlalu aktif lagi. Terutama yang butuh gerakan extreme. Padahal dulu sering banget olah raga berat.

    BalasHapus
  10. Emang paling bener sih kasur atau matras yang nyaman tuh bikin tidur jadi nyenyak, oya satu hal lagi yang bikin aku tidur nyenyak, yaitu lepaskan beban fikiran, ambil buku, lalu mendadak ngantuk dan tidur nyenyak, hehe

    BalasHapus
  11. Wah matras topper unik nih, keknya aku butuh biar bisa bobo nyenyak. Karena yang makan tidak melebihi jam 8 malam + olahraga teratur kurang manjur.

    BalasHapus
  12. Daku dalam tahap belajar nih biar tidurnya gak kemalaman dan tetap 7 jam minimal lamanya, karena memang dampaknya berada pas bangun, lebih seger gitu

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D