Pengikut

Mengenal Dunia Elektronika :D

Yukkk ah..kita mengenal dunia elektronika. Sebelumnya kita kenalan terlebih dahulu alat dan bahan apa aja sih yang dipergunakan di bidang Elektronika ini :D

Tiga tahun lalu saya pun sebagai orang awam belum mengerti apa itu PCB, solder, bor, penyedot timah, echingan, dll. Semoga bermanfaat tulisan ini untuk kalian pecinta dunia Elektronika :D, mungkin saya menulis sebagai orang yang baru memulai di dunia elektronika hehehehe. Harap dimaklumin ketika belum sempurna informasinya.



Cekidot yuuuuuuuuuuuuuuuuk

1. PCB

    PCB itu istilah asing yang artinya Printed Circuit Board,sebuah papan yang terbuat dari fiber dimana pada papan tersebut terdapat rangkaian elektronika yang sudah dicetak untuk menghubungkan komponen-komponen yang akan disolder hingga menghasilkan suatu rangkaian yang benar (harus dites pada multimeter apakah jalurnya ngeshort atau tidak,dan bisa diukur nilai tegangannya).

Ini contoh PCB yang masih polos

Gambar 1: PCB Polos


2. Solder

    Solder adalah alat untuk melelehkan timah dan saat menggunakan solder ini harus panas,dimana fungsi solder ini diguanakan untuk melelehkan timah sehingga kaki-kaki komponen tersebut menempel.

Gambar 2. Solder

Dimana ujungnya (lancip) itu merupakan mata solder dimana berfungsi untuk melelehkan timah dan besi panjang itu sebagai elemen panas, dan yang warna kuning itu gagang / pegangan solder  untuk melindungi dari panas dan kabel hitam itu untuk mendapatkan sumber tegangan..


3. Timah 

  Timah merupakan komponen untuk menempelkan kaki-kaki komponen pada papan PCB dengan menggunakan solder.

                                                                 Gambar 3. Timah

4. Penyedot timah

Alat ini berfungsi untuk menyedot karena sistemnya alat ini untuk menarik komponen yang salah pasang pada pcb.

Gambar 4. Penyedot Timah

5. Bor 

Bor adalah alat yang digunakan untuk melubangi pcb, atau saat membuat chassis (chasing), box dll. Bor ini terbagi menjadi bor mesin dan bor tangan. kalau dilihat dari efisiensi waktunya bor mesin lebih efisien waktu dan cepat dan lebih rapi. Tapi bagi mereka yang mau ngebor dirumah bisa menggunakan bor tangan. Mata bor pun bermacam-macam ada yang 2mm, 3mm dll tergantung kebutuhannya.


  

Gambar 5. Bor Tangan                                         Gambar 6. Bor Mesin

6. Multimeter

   Multimeter adalah alat pengukur listrik,dimana kita bisa mengukur volt (tegangan), ampere (arus) dan ohm (resistansi) atau yang disingkat dengan VOAM (VoltOhmAempereMeter). Ada 2 jenis multimeter ada yang multimeter analog dan multimeter digital. Untuk mendapatkan hasil yang akurat lebih baik menggunakan multimeter digital. 
Gambar 7. Multimeter Digital

Sumber : Catatan kuliah dan browsing di internet



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D