Pengikut

Tips Survive dan Semangat Ngeblog Ala Kania Ningsih

Yeaaaaah, gak terasa nih kocokan arisan link grup 4 blogger perempuan sudah memasuki kocokan ke 10. Ada yang belum tahu arisan link itu apa? Arisan link ini seperti arisan pada umumnya yang membedakan antara arisan umum dan arisan link ini terletak di pemenangnya, biasanya kalau arisan kita kan memperoleh uang ya dan di arisan link ini yang menang akan mendapatkan ulasan dari blogger lainnya. 


Mbak Kania Ningsih (sumber : fbnya)


Nah, di grup 4 ini pemenangnya adalah blogger Tangerang dimana namanya sudah sering mondar mandir di dunia perbloggeran, yuk kita kenalan sama mbak Kania Ningsih. Bagi yang sering blogwalking, mbak Kania Ningsih ini cukup eksis loh di dunia blog, beliau mempunyai 4 blog loh. Woowwww, saya takjub sama beliau dan 4 blog tersebut dan tetap konsisten mengisi postingan di empat blog tersebut. Saya cuma punya satu blog aja sudah ngos-ngosan ngepostingnya hehehe.



Yuk, intip Ibu dua anak ini yang mempunyai 4 blog, dimulai dari aktivitas sehari-hari hingga gimana caranya biar bisa survive dan semangat terus dalam berbagi melalui tulisan di blog.


SESI PERKENALAN

Sebelum kita mengulik lebih jauh tentang mbak Kania Ningsih, alangkah baiknya jika kita berkenalan dulu yuk dengan sosok perempuan yang produktif ini. Kania Ningsih merupakan seorang istri dan Ibu dari dua buah hatinya, Za dan Ra. Selain menjadi Ibu rumah tangga, mbak Kania Ningsih sangat produktif loh di dunia blog. Dulunya beliau pernah berjualan online, jualan obat herbal dan sekarang lagi sibuk bisnis online dengan bekerjasama dengan @klipjilbab_turkey untuk memasarkan klip jilbab dan bros magnet di wilayah Bintaro dan sekitarnya. Beliau berpesan kalau mau bisnis online harus fokus biar tidak setengah hati dalam terjun di bisnis online.



Tips Survive dalam Ngeblog Ala Kania Ningsih

Nah, setelah berkenalan dengan mbak Kania pasti pada penasaran dong 4 Blog punya mbak Kania itu apaan aja sih. 4 blog yang dikelola mbak Kania Ningsih meliputi  :
1. Parenting (www.petualanganzara.com),
2. Lifestyle (www.rumahmayakania.com),
3. Dapur (www.bersenangsenangdidapur.blogspot.co.id), 
4. Buku (kaniadanbuku.blogspot.co.id).



Tips survive dan semangat dalam ngeblognya :

1. Tentukan untuk Jadwal Postingan di Setiap Blog (Jika Mempunyai Blog Lebih dari Satu)


Menurut momblogger yang berdomisili di Tangerang ini, target untuk jadwal postingan ini penting jika mempunyai blog lebih dari satu. Misalnya, untuk blog dapur dan blog bukunya, mbak Kania ini mempunyai target minimal sebulan sekali update, dan untuk blog parenting dan lifestyle beliau menjadwalkan untuk seminggu minimal sekali. Perlu diingat terpenuhi atau tidaknya tergantung ide dan kesempatan.


2. Fokus dengan Tema Blog 



Menurut blogger wanita yang mempunyai 4 blog ini, jika kamu mempunyai blog lebih dari satu pastinya untuk temanya sudah ada dong. Seperti blognya mbak Kania yang mempunyai blog petualanganzara.com memang khusus buat untuk mendokumentasikan cerita tumbuh kembang anak-anaknya dan tulisan tentang anak pada umumnya. Dan cerita tentang anak tak ada habisnya. Kalau mau sih, semuanyaaa diceritain sekalian curhat hehe. Tapi tentu saja kalau sudah di ranah medsos, ada yang bisa diceritakan ada yang nggak. Jadi, ketika sudah ada tema dalam ngeblog gak ada alasan untuk gak ngeblog ya teman-teman. Dan pastinya harus bisa fokus dalam ngeblog kalau bisa jangan kebanyakan buka tab lainnya hehe.



3. Tulis Saja dan Nikmati Prosesnya

Survive dalam menulis memang tak mudah, menurut mbak Kania kita bisa survive dalam ngeblog berasal dari hobi, misalnya jika kamu suka menulis ya tulis saja lalu nikmati prosesnya. Jika sesuatu yang dilandaskan hobi seperti ngeblog pasti akan terasa senang dan gak merasa berat untuk menjalaninya.




Bagi yang penasaran gimana sih, caranya menerbitkan buku solo dan mbak Kania juga membagi resepnya loh, mengenai inspirasi, beliau menjelaskan inspirasi bisa dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain. Misalnya novel remaja berjudul "Supergirl Patah Hati" itu terinspirasi dari pengalaman nyata saudara yang anaknya diadopsi sama kakaknya. Proses nulisnya 1 bulan di bulan Ramadhan, tiap hari nulis beberapa halaman, kurang lebih 1 bln selesai plus riset kecil. Lalu diendapkan beberapa minggu terus dikirim penerbit dan alhamdulillah di acc.






Wih, sebulan pengerjaannya produktif sekali dan fokus ya mbak Kania. Selain itu, saya juga bertanya tentang gimana resepnya bisa menang lomba dan kalau kata beliau saat ingin ikut lomba harus menyertakan pengalaman pribadi mungkin akan lebih menjiwai tulisan. Terus baca tulisan peserta lain juga bikin kita semangat untuk lebih baik. kalau lihat tulisan orang lain yang pakai infografis dan video keren, suka jadi ingin bisa juga walau belajarnya gak bisa sekejap dan kelengkapan informasinya juga mendukung kali ya, biar yang baca enak dan dapat manfaatnya. Tapi kalau untuk lomba yang penilaianyya like atau share terbanyak, nyerah deh!





Ternyata, mbak Kania ini sudah ngeblog dari tahun 2000an loh, wih terbayang dong konsistennya. Menutup percakapan saya dengan mbak Kania, beliau berharap dengan arisan link ini bisa mengenal blogger lainnya dan terasa dekat karena kami sering berdiskusi di grup dimana dimulai dari membahas dunia blog hingga saling curhat-curhatan. Berharapnya sih, setelah arisan selesai, kita tetap mengadakan proyek yang bermanfaat buat anggotanya, misalnya menerbitkan buku.




Semoga harapan mbak Kania dapat diwujudkan di grup arisan link 4 ya, memanggil pasukan sapuk ijuk hehe. Silakan bagi yang mau mampir ke blognya> http://www.petualanganzara.com


33 komentar:

  1. makasiiiiih mba Titis, happy blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeaaaaaaaaaaah, happy blogging too mbak Kania :)

      Hapus
  2. saya sudah pernah berkunjung keempat blognya :) keren ya bisa meng-handle 4 blog :D

    BalasHapus
  3. Mba kania ini emang keren. Konsistensinya perlu banget ditiru. Ga salah deh jadi KeB Month ya mba Tis.

    BalasHapus
  4. blogku gado-gado sih, dan aku ngasih jadwal untuk tiap postingan dengan tema berbeda setiap kali ngepost hihi

    nice sharing mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, tetap semangat mbak ngeblognya :)

      Hapus
  5. mba kania emang keren n produktif.
    soal buka tab banyak pas ngeblog, itu masih godaan buat aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, sama mbak aku juga banyak buka tabnya :(

      Hapus
  6. Aku punya bbrp blog dan bs bisa bikin jadwal rutin. Masih sesukaku aja, hehe. Payah ya

    BalasHapus
  7. Jadi semangat Ngeblog kalau baca tulisan ini mbaaa
    Mba Kania sering aktif menulis dan update tulisan ya mbaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeaaaaaah, happy blogging mbak Rach :)

      Hapus
  8. Ya ampun Mba Kania, saya satu blog aja kadang keteteran.
    Salut sama komitmennya.

    BalasHapus
  9. Ya ampun Teh Nia banyak banget blognya. Aku satu aja gak keurus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, sama mbak aku juga cuma satu blog

      Hapus
  10. Mba Kaniaaaaaaa super deh :D
    empat blog, aku aja dua masih megap-megap hihihi tapi ini lagi meh pengen nerusin blog resensi buku yang mandeg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cuma satu aja ngos-ngosan kak hehe

      Hapus
  11. Wiiih 4 blog? kereen. Saya satu aja gak keurus *sigh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya mbak Kania mempunyai 4 blog.

      Hapus
  12. Mba Kania memang produktiv, kalem dan pastinya rajin BW. Bener2 bisa bagi waktunya ya. Saya jadi terpacu nih biar semangat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga terinspirasi dari mbak Kania ya mbak Ipeh hehe

      Hapus
  13. Mba Kania supeeerr sekaliii...
    *jadi inget kata-kata Pak Mario yaa...

    Kapan saya bisa merapihkan "rumah" seperti mba Kania yaa..?
    4 rumah?

    Mashaallah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mbak Len beres-beres "rumahnya" ya ^^

      Hapus
  14. Wow, 4 blog, alamak. Saya satu aja kelimpungan jaga semangatnya utk konsisten update. Sebulan ini turun drastis, hiks.
    Belajar dari Mba Kania nih. Biar bisa survive.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuuuk mbak belajar bersama mbak Kania ^^

      Hapus
  15. Memang mba Kania top banget deh.. Salut sama konsistensi ngeblognya..

    BalasHapus
  16. Saya cuma dua...ngos-ngosan. Begitu konsen di blog satu, yang satunya terabaikan hingga lebih 6 bulan. Mantap mbak Kania

    BalasHapus
  17. Lho...lho saya belum komen ya disini. Aish ndak keren.
    Saya salut dengan fokus en manajemen waktunya.
    Doain ya mbak biar sayanya juga bisa fokus, en semua keurus
    (kesini minta doa,ckckc)

    BalasHapus
  18. Wah sampai ada 4 ya blognya. Hebat. Saya satu saja susah sekali yak. Ada sih blog lain, tapi kayaknya udah lumutan berat.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D