Pengikut

Membuang Sisa Makanan? Eits...Tunggu Dulu!

Hai, bulan September! Apa kabar dengan resolusimu, kawan? Semoga sudah ada yang terwujud ya. Waktu itu tak terasa ya sekarang sudah memasuki periode kedua Collaborative Blogging KEB, dimana pada postingan ini saya akan menanggapi tentang postingan Mak Maya yang berjudul

Makanan Sisa, Diolah Lagi atau Dibuang


Opor Ayam (sumber : http://tips-cara.info)


Nah, kalau teman-teman gimana mengenai makanan sisa, lebih baik diolah lagi atau langsung dibuang? Kalau menurut saya pribadi, sebelum membuang makanan kita bisa melihat beberapa aspek misalnya, apakah makanan tersebut bisa diolah lagi atau tidak, terus jika masih bisa diolah sayang banget dong kalau dibuang?


Jadi, menurut saya alangkah lebih baik jika sisa makanan jangan langsung dibuang, coba kita lihat sisi pengolahan untuk variasi menu lainnya. Misalnya, ada makanan yang hari itu juga wajib dihabiskan dan tak bisa dipanaskan berulang kali seperti bayam. Nah, bagi yang sudah memasak sayur bayam itu lumayan banyak dan tiba-tiba gak ada yang makan terus harus dihabiskan juga saat itu juga, bisa dikombinasikan tuh untuk menu lainnya misalnya dengan menambah telur dadar dan kerupuk, dapat dipastikan selera makanmu bakalan meningkat. 




Saya pernah mencoba ketika masih ada sayur bayam yang tersisa dan bisa saya kombinasikan dengan menu lainnya dan alhamdulilah trik saya bisa berguna sehingga sayur bayam sisa makanan yang belum habis gak jadi dibuang. Sayang banget kan kalau udah masak tapi dibuang? Terus saat memasak opor ayam juga tuh, biasanya ayamnya sudah habis duluan namun kuah opornya masih ada, nah saat kuah opor masih ada jangan langsung dibuang ya karena bisa dimanfaatkan loh untuk kamu gabungkan di dalam menu ikan, biasanya masak ikan dibumbui kuning, sekarang cukup disiram pakai kuah opor aja sudah nikmat sekali. Ataupun nasi putih yang tersisa jika bosan bisa divariasikan dengan membuat nasi goreng.



Nah, biasanya kamu suka ngelola makanan sisa buat menu apa sih? Terus diolah lagi untuk bisa di makan lagi atau dibuang? Sisa makanan disini adalah jika masih bisa dimanfaatkan dan divariasikan dengan menu lain, kenapa gak diolah lagi? Asalkan tidak basi, kenapa tidak? Yuk, ditunggu Mak di kolom komentar ya sharingnya :)

30 komentar:

  1. Aku yang paling sering mendaur ulang nasi mba buat nasi goreng, sama ikan goreng biasanya tak masak kembali pakai santan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, masih bisa dioalah lagi ya mbak :)

      Hapus
  2. Saya termasuk yang sering buang makanan, mba...
    Bener yaa...bisa diakalin macem-macem.

    Cari idenya suka dimana, mba?

    *biasanya suka buang tahu atau tempe kering karena sudah bolak balik di goreng...sampe layu.
    Huuhhuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee, bisa browsing di internet mbak Len ^^

      Hapus
  3. Iya bener mbak Tis..sayang banget klo sisa makanan dibuang..terutama klo nasi..hehe karena bisa dibikin nasi goreng..atau korket nasi langsung laris deh 😊

    BalasHapus
  4. Ibu biasanya mendaur ulang nasi, ke nasgor mba. Tapi kalo sekarang saya kost, ya kalo abis beli mam ga habis, kebuang. Tadi juga sempat ngebuang melon yang kemarin beli separoh lupa ga ke makan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, nasib jadi anak kostan ya mbak. Aku pernah ngalamin juga :p

      Hapus
  5. Aku biasanya kalo sayur gitu suka ga pernah diolah lagi. Tapi kalo indomie goreng/rebus bisa dibikin bakwan ala-ala. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bakwan ala-ala kekinian banget tuh bakwannya hahaha

      Hapus
  6. Kalau saya jarang ada sisa makanan. Kalaupun ada, dikasihkan ke ayam. :D

    BalasHapus
  7. Kalo aku tuh suka eman eman sama makanan yg dibuang, soalnya nyari makan itu syusah... Tapi aku juga mikir sih, enggak semua makanan aku olah lagi... Ya milih milih lah

    BalasHapus
  8. opor ayam kalo masih ada kuahnya, aku suka ditambahin lontong (lontongnya beli jadi) buat sarapan. nyam nyam

    BalasHapus
  9. Aku kalau ada makanan sisa kumasukkan kulkas mbak. Beeoknya dihangati tanpa harus mendidih. Yg penting kulkas selalu dibersihkan agar tidak kotor dan tidak bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak, kalau masih bisa dihangati kenapa gak dimakan lagi ya

      Hapus
  10. Kalau masak kayak rawon itu pasti nggak habis sehari mba. Jadi diangetin, apalagi rawon itu makin lama makin enak karena bumbunya makin meresap.
    Intinya sih kayak Mba Titis bilang, liat dulu jenis masakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeees, setuju juga sama mbak Ety ^^

      Hapus
  11. Hm..., saya jarang banget masak Mba. Makanya giliran saya masak, semuanya harus dihabiskan sehingga ga ada yg terbuang. Kalo ga habis, pake ancaman biar habis. Hehe. Jawaban ngaco ini mah. Hehe.

    BalasHapus
  12. kalau aku sering mengolah nasi sisa jadi nasi goreng, atau kuah kari diceplukin telor.

    BalasHapus
  13. biasanya kodisional si mba.. kalo dilihat2 dan dirasakan bisa di olah lagi ya diolah lagi biar ngirit.. :D
    Tapi kalo kayaknya hampir basi ya dibuang takut keracunan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dilihat aja mbak yang masih bisa diolah atau gaknya

      Hapus
  14. Sejak kecil saya dikenalkan ibu dengan sayur paling enak sejagat yang beliau sebut "jangan blendrang" alias sayur sisa kemarin yang dipanaskan lagi. Biasanya sih yang ibu panaskan lagi kalau gak habis berupa sayur-sayuran bersantan. Kalau sayur bening, sop, dan sebagainya kalau gak habis ya udah untuk makanan ayam.

    Btw, bayam yang sudah dimasak sebaiknya gak dikonsumsi kalau sudah lewat 5 jam lho, Mbak. Coba deh cari-cari referensinya.

    BalasHapus
  15. Makanan dibuang? Aduduuu...sayang banget, ya. Kalo bunda ada istilah di keluarga yang namanya masakan
    "angek-angek" maksudnya makanan sisa tapi masih bisa layak makan, disatukan lalu dioleh dengan mengeringkannya. Setelah matang, rasanya? Ambooi, nikmat dimakan dengan nasi hangat putih mewangi.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D