Pengikut

Proses Refund BIG TV, Ikuti 5 Langkahnya!

Era digital, telah membuka mata kita untuk melihat kemajuan teknologi sampai saat ini. Kemajuan teknologi tidak selalu berdampak negatif kok. Salah satu manfaat dari kemajuan teknologi, yaitu, membuat pekerjaan lebih efisien dari segi waktu. Misalkan, beberapa tahun lalu, saat kita ingin melakukan pembayaran telepon atau listrik, hanya berpusat di bank A saja. Kalau sekarang, alhamdulillah sudah mengikuti perkembangan dunia digital dan dengan mudahnya, kita bisa membayar tagihan melalui smartphone (via e banking).


Cara mudah, agar kamu tak lupa dan tak tergesa-gesa saat melakukan pembayaran tagihan, baik pembayaran listrik bulanan, kabel tv bulanan sampai pembayaran asuransi kesehatan juga, sebaiknya kamu bisa install aplikasi mobile banking di smartphonemu.


Nah, pada postingan ini saya mau berbagi pengalaman, mengenai proses refund BIG TV, di mana saya pernah transfer dua kali dan nominalnya berbeda dari tagihannya. Ikuti 5 langkah berikut ini  untuk refund (pengembalian uang pelanggan) BIG TV :

1. Jangan panik dan tetap kalem

Langkah pertama, ketika kamu sudah mengetahui kalau pembayaranmu salah nominal atau dua kali, jangan panik ya. Waktu itu, karena saya menggunakan mobile banking Mandiri, maka sudah tersimpan transaksi pembayaran BIG TV. Salahnya, saya tidak cek untuk nominalnya dan ketika jaringan lagi berproses, saya menekan lagi untuk transaksinya, alhasil double pembayaran dan salah nominal pula hihihi. Yaps, hal pertama yang perlu kamu lakukan, tetap kalem ya, tenang bisa di refund kok hehe.


2. Konfirmasi ke BIG TV via twitternya (@BIGTVCare) 

Pada setuju dong, jika sekarang eranya digital, apa-apa langsung terhubung ke social media. Seperti, yang saya lakukan, saya langsung ngetweet untuk konfirmasi, kalau saya ada double transfer. Ceritakan permasalahanmu via DM ya, biar lebih aman.

Kronologisnya via DM

3. Siapkan dokumen untuk proses refund

Setelah, menceritakan kronologis via DM twitter, nanti dari pihak BIGTV akan memberi tahu, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk refund tersebut. Dan dokumen yang dibutuhkan adalah :
- Surat Pernyataan

Surat pernyataan ini bisa kamu ketik dalam format word, di mana dalam surat pernyataan itu tertulis, nama, nomor pelanggan BIG Tv, alamat dan ceritakan lagi kronologisnya. Untuk surat pernyataan, kamu bisa browsing di internet ya atau bisa email saya, nanti dikirimkan (soalnya, belum saya simpan di google drive).

- Buku Tabungan
- KTP
- KK

Semua dokumen tersebut di scan ya dan kirim ke email customer.service@bigtv.co.id

4. Proses refund memerlukan waktu 14 hari 

Setelah, semua persyaratan untuk refund lengkap, nanti pihak BIG Tv akan membalas emailmu dan proses refund akan diproses selama 2 minggu.

5. Cek mutasi rekeningmu 

Yang terakhir, jangan lupa cek mutasi rekeningmu ya, karena untuk refund ini, tidak ada pemberitahuan kalau sudah dilakukan transfer.


Pernah mengalami yang saya rasakan? Yuk, ditunggu sharingnya di kolom komentar :)





4 komentar:

  1. wah, boleh dicoba nih waktu itu sepupu pernah nanyain cuma saya juga nggak tahu caranya

    BalasHapus
  2. Belum pernah, dan jadi bermanfaat banget tuh buat pembaca di luar sana yg mengalami transfer 2x juga. Lumayan lah ya menunggu 14 hari hehe.

    BalasHapus
  3. Inti setiap problem ya jangan panik
    Tp berguna juga nih tipsnya. Terima kasih utk sharing2

    BalasHapus
  4. Fiyuh, syukurlah ada mekanisme refund-nya, gak ribet lah ya, tinggal klik-klik juga.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D