Pengalaman Seru Reunian Ngetrip Bersama Big Bird Jalan-jalan ke Kawah Putih, Bandung

Halo, Januari 2018 ^^

Selamat tahun baru 2018 ^^. Semoga resolusi yang dituangkan di kertas ataupun tulisan di blog, satu persatu dapat diwujudkan di tahun ini. Jika ditanya, apakah resolusi saya di tahun 2018? Bisa dibaca melalui postingan ini , karena masih sama seperti tahun lalu, hihihi. Mengenai dunia blog, semoga masih bisa update postingan, mengingat di tahun lalu, hanya menulis tiga puluh tiga postingan dalam setahun huhuhu.

Mbak Windu, Titis dan Gara (Dokpri) 

Mumpung, masih semangat baru nih, di tahun baru pula, mau berbagi cerita tentang pengalaman reunian ngetrip bersama teman kelayapan. Waktu Sabtu dan Minggu, waktu yang ditunggu, karena pada dua hari tersebut, saya bisa merasakan hari libur. Memanfaatkan waktu weekend, saya mengajak teman kelayapan untuk explore daerah Bandung.



Yaps, teman kelayapan saya pas ke Bandung, yaitu Mbak Windu dan Gara. Dua orang ini saya kenal entah sejak kapan. Seperti, air yang mengalir, karena sama-sama suka ngeblog, akhirnya kami dipertemukan. Mau tahu keseruan reunian ngetrip saya, Mbak Windu dan Gara? Cek keseruannya melalui postingan ini ^^

• Reunian Ngetrip di Bandung

Entah kapan, kami memulai perjalanan bersama, mungkin karena status sebagai "blogger" membuat kami cepat akrab. Awalnya sih, waktu ikutan ngaprak di daerah Bogor. Berlanjut untuk trip sederhana mengunjungi tempat wisata yang menarik. Setelah melewati "reschdule", kami reunian ngetrip di Kawah Putih, Bandung. Berawal dari sebuah tawaran open trip, bisa dibilang ekslusift dari Big Bird Jalan-jalan. Kenapa, Bandung? Ya, karena kami ingin eksplore Kawah Putih yang konon ada pembaharuan dan jarak dari Jakarta tidak terlalu jauh, sangat strategis.

• Memanfaatkan Promo Big Bird Jalan-jalan 

Berhubung, lagi ada promo dari Big Bird Jalan-jalan, langsung deh saya kontak teman kelayapan untuk eksplore Kawah Putih dan keinginan saya pun disambut hangat oleh mereka. Big Bird Jalan-jalan mempunyai program jalan-jalan di weekend seperti Bandung yang meliputi Kawah Putih, Dusun Bambu, The Lodge Maribaya, Farmhouse, Cirebon dan Yogyakarta. Untuk lebih jelas, bisa langsung kepoin deh instagram di @bigbird.jalanjalan. Saya pas ke Kawah Putih, hanya mengeluarkan uang sebesar 225K. Menurut saya, dengan budget segitu untuk eksplore Kawah Putih dan Kapal Phinisi cukup terjangkau.


Apa saja fasilitas yang ditawarkan dari Big bird jalan-jalan ini? Pastinya, kita tinggal duduk manis aja. Yaps, mobil yang digunakan di sini adalah elf. Dengan budget 225K, kamu bisa mendapatkan fasilitas tiket masuk, asuransi perjalanan, transportasi pulang pergi, tol, parkir, bensin sudah termasuk lho. Pokoknya, ini trip yang murah tetapi kenyamanan dan keamanan tetap diutamakan. Supirnya pun sudah berpengalaman, ramah, sopan, melayani penumpang dengan sepenuh hati. Waktu ke Kawah Putih, saya, mbak Windu dan Gara ditemani oleh Pak Sarno.


• Explore Kawah Putih •

Tujuan wisata yang kami ambil adalah Kawah Putih dan Kapal Phinisi. Berhubung, saat pas di Bandung, sorenya hujan, jadi kami memutuskan untuk kembali ke Jakarta dan tidak ke Kapal Phinisi. Ada apa sih di Kawah Putih? Apa menariknya, sih? Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey ini membuat suasana Bandung beraroma sejuk dan dingin sekali. Kawah Putih era sekarang sudah banyak perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu pembaharuan yang ada di Kawah Putih adalah jembatannya (Dermaga Ponton). Lho, ada jembatannya? Iya, untuk menarik daya tarik wisatawan, Kawah Putih berbenah.


Mengutip dari Wikipedia, Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari Letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah berwarna putih lalu warna berubah menjadi kehijauan.


• Ada Apa di Kawah Putih Bandung? •

Kalau menurut saya, Kawah Putih Bandung, sama seperti sebelumnya, tapi ada sedikit pembaharuan. Misalkan, saat ada inovasi di Jembatan (Dermaga Ponton). Jembatan yang ada di sekitar Kawah Putih ini mempercantik suasana di Kawah Putih. Namun, untuk bisa foto di jembatan Kawah Putih, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 10K. Dan kamu tidak boleh lama-lama berada di jembatan tersebut karena bau belerang sedikit membahayakan untuk pernapasan.


Penampakan jembatan Kawah Putih (dokpri)

Dermaga Ponton (dokpri)
Oh iya, perihal tiket masuk ke Kawah Putih ini, wisatawan lokal 20K, buka jam 07.00 WIB, tutup jam 17.00 WIB.

Harga tiket masuk Kawah Putih (dokpri) 

Dan bagi kamu yang suka banget foto-foto, di sana juga di sediakan juru foto lho. Kalau gak salah, harganya 20K untuk satu foto. Juru foto di sana, sangat ramah banget lho, ini buktinya, ketika mbak Windu dan Gara tanya mengenai kehidupan juru foto di Kawah Putih.

Mbak Windu dan Gara lagi ngobrol sama juru foto (dokpri) 

Waktu terus berputar, tak terasa kami hampir 3 jam berada di Kawah Putih. Pada waktu ke sana, hujan lagi turun sangat derasnya, dan kami memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Perjalanan dari Bandung - Jakarta, kurang lebih 3 jam. Kalau lapar, jangan lupa untuk makan dan istirahat ya di rest area yang sudah disediakan.



Perjalanan yang super seru, reunian ngetrip mengajarkan saya mengenai banyak hal, seperti mengatur waktu dan silahturahmi sama teman, melihat keindahan alam Indonesia, serta menumbuhkan rasa bersyukur atas nikmatNya yang luar biasa.



Terima kasih, Gara dan Mbak Windu, untuk perjalanan ngetrip yang menyenangkan. Semoga di tahun 2018, bisa ngetrip bareng lagi, ya.

36 komentar

  1. Waah...aku yang di Bandung malah belum pernah ke kawah putih, Tiis...
    Ada-adaaa aja deeh...

    Dan lebih perih lagi, aku juga belom pernah ke Lodge Maribaya coobaa...
    Padahal kalo dari rumahku sekitar 20 menit deeh...

    Hiikss~~

    Semoga diberi kesempatan berwisata ke puncak-puncak Bandung.
    Aamiin.

    BalasHapus
  2. Wewh terjangkau juga ya harga tiketnya,tinggal duduk manis dan bersiap menikmati perjalanan dong ya. Duhh bahagianya yg bs jjs ke kawah putih cukup ditempuh 3 jam pula dengan fasilitas kendaraan yg nyaman dan enak pastinya. Ahh tapi kalo aku lagi OOTD an disitu..mana bisa sebentar huhuhu..karena spotnya instagramable banget ya. Have fun di next trip ya

    BalasHapus
  3. Seru banget di Kawah Putih. Aku pernah ke Bandung, tepatnya di Cikole tapi blum pernah ke kawah putih. Tiket masuknya terjangkau pula. Cuma 20rb. Bandung selalu ngangenin :D

    BalasHapus
  4. Indah kawah putih, keren buat foto-foto

    BalasHapus
  5. Mbak, km sukses bikin iri akoh.. Duuw, pengin ke kawah putiiih.. Btw, selamat tahun baru yaaa

    BalasHapus
  6. Terakhir ke Kawah Putih belum ada jembtannya. Sekarang makin keren aja ya...

    BalasHapus
  7. Udah lama seneng liat pemandangan kawah putih, apalagi dipercantik dengan adanya jembatan pontonnya, uwiihh, bakalan tambah seru nan indah nih ya klo foto atau untuk sekedar menikmati alam fi Ciwidey,

    Semoga suatu hari bisa sampai sana dan mbak Titis bisa bolang lagi sama Mbk Windu dan Mas Gara di trip selanjutnya yaa 🙏🙋😂🙌👼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sekarang dipercantik gitu Kawah Putihnya

      Hapus
  8. Titis, ajakin kek ke Kawah Putih. AKu belum pernah ke sana. Itu murah lho 225ribu udah termasuk transport PP.

    BalasHapus
  9. Kawah putih sekarang dibuat lebih instagramable ya. Sayang bgt karena harga masuk mobil.pribadi kekawasan kawah putih mahal jdnya setiap kesana sll naik mobil yg disiapkan pengelola. Itu 225rb mepo Bdg atau dari jkt? Klo dr jkt, murse itu.

    BalasHapus
  10. Duh, lama banget ga ke Kawah Putih. Terakhir ke sana jaman kuliah dulu. Terus lanjut Pengalengan. S

    BalasHapus
  11. Waaah belum juga nih sempat main ke Kawah Putih. Baru lihat ternyata ada jembatan ya.

    BalasHapus
  12. Nice info banget mbak buat big birdnya. Baru denger malahan. Praktis sepertinya..
    Kawah putih, lokasi wisata yg pengen dikunjungi. Belom pernah nyampe sini kalo ke bandung 😅

    BalasHapus
  13. Huaaaa asyiknya..jadi pengen nih cobain ngetrip pakai Big Bird.

    BalasHapus
  14. Serunyaaa. Akhir bulan ini juga mau ke Bandung tapi entah bisa ke Kawah Putih apa gak, pengennya liat2 kota Bandung dulu, dah lama banget gak ke sana hehe TFS

    BalasHapus
  15. Lumayan mahal ya HTM-nya, 20rb. Hehe. Buatku sih itu lumayan. Tp dg panorama secakep kawah putih, yaa, worth it lah. Kapan aku bisa kesanaa huaaa

    BalasHapus
  16. Belom pernah ke bandung dan explore bandung, wish list duluu, kepoin akun ig nya bird ahh, penasaran nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuuus kak, semoga kesampaian yaaa ^^

      Hapus
  17. Wah, aku jadi pengen ke Kawah Putih lagi, tapi dingiiiinnya....;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dingin gak seberapa kalau cuacanya panas kok, hihihi

      Hapus
  18. Aku pengen ke kawah putih tapi sampai skarang belum terwujud. Hihihihi

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D