SEO Moms Community, Belajar SEO untuk Pemula

SEO Moms Community, Belajar SEO untuk PemulaTernyata, hampir setengah tahun saya tidak update blog. Aktivitas di dunia nyata lagi padat merayap hehehe. Entah kenapa, saya selalu merasa 'haus' akan ilmu ya. Meskipun aktivitas di dunia nyata sangat menyita waktu, tapi saya selalu berupaya untuk upgrade ilmu, apapun itu bentuknya. Entah, ilmu mengenai blog, kesehatan mental ataupun lainnya. Toh, pada dasarnya, belajar bisa kapanpun. Kalau dilihat dari perkembangan blog, semakin ke sini, semakin dituntut untuk bisa update yang kreatif atau harus bisa mengenal apa itu SEO.

SEO MOMS Community (sumber grup WA)

Beruntung, meskipun saya tidak lagi aktif di dunia blog, tapi masih ada beberapa komunitas blog di grup WA. Setidaknya, saya masih tahu berita apa yang lagi ramai di lini timeline. Nah, kebetulan saat itu, ada teman saya yang share tentang belajar SEO yang digagas oleh SEO MOMS COMMUNITY. Sempat ragu, saat ingin daftar sih, karena kalau dilihat dari judulnya MOMS, kirain saya hanya untuk Ibu-Ibu saja. Eh ternyata yang belum menikah juga boleh daftar, asalkan perempuan hehe. 

Awal Perkenalan dengan SEO MOMS COMMUNITY

Seperti halnya, kelas belajar lain, jika ingin masuk kelas belajar, harus isi form dan dilakukan penyaringan. Nah, saya termasuk yang beruntung untuk ikut kelas gratis SEO MOMS COMMUNITY. Waktu itu, saya niatkan untuk belajar, jika rezeki, maka saya akan berkesempatan untuk mengikuti kelasnya. Bagi seorang blogger, SEO merupakan hal yang penting, secara umumnya, SEO seperti pondasi sebelum membangun sebuah rumah. 

Saya bergabung dalam kelasnya di bulan September 2020 lalu. Pada saat masuk ke grupnya, dijelaskan apa itu SEO, yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sesuai dengan nama grupnya, SEO MOMS BASIC, pasti materinya juga dari dasar banget. Di awal pertemuan online, founder SEO MOMS mengatakan tujuannya dibuka kelas ini bukan untuk menaikkan DA. Lalu, tujuannya untuk apa? Baca ya ulasanku sampai selesai.

Siapa sih yang Membangun SEO MOMS COMMUNITY ?

Pada penasaran nggak, siapa yang membangun SEO MOMS COMMUNITY? Beliau adalah seorang lelaki yang berasal dari Pontianak yang bernama M Sahlan atan dikenal dengan Bang Q. Saat itu, beliau juga dibantu oleh seorang blogger asal Surabaya, di mana namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Mbak Sari Widiarti selaku Co-Founder. Kolaborasi yang sangat menarik dan berbagi ilmunya wajib dicontoh. 

Materi apa yang diajarkan saat kelas SEO MOMS BASIC?

Ya, sesuai dengan namanya, SEO MOMS BASIC, pasti materi yang diajarkan pun dari dasar. Ternyata, materi SEO itu beragam sekali. Dimulai dari bagaimana cara biar url nama blog kita tidak ada tulisan M=1, kalau dibuka via handphone. Membahas materi on page seperti (title, description, struktur, meta description). Petuah yang diberikan oleh bang Q, untuk membuat konten yang bank sesuai dengan kaidah SEO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

7 Langkah tersebut adalah :

1. Judul konten hars mengandung kata kunci.

2. Jumlah kata dalam konten minimal 500 kata.

3. Dalam konten setidaknya ada satu link internal yang menuju ke konten terkait yang sedang kita tulis.

4. Dalam konten setidaknya ada dua kata kunci utama yang dibidik yang disebar dalam konten.

5. Setidaknya dalam konten ada 3-5 kata kunci berdasarkan latent semantic indexing.

6. Jika harus link ke luar, usahain no follow, namun jika do follow juga tidak bermasalah.

7. Susunan h1 h2 dan h3 sesuai dengan standar yang berlaku.

Oh iya, dalam kelas online SEO MOMS ini, kita sebagai peserta wajib melaksankan tugas yang diberikan. Ada hal yang saya senangi, ketika berkumpul di grup SEO MOMS ini, tidak ada perbedaan antara senior ataupun junior, semuanya sama-sama belajar. Dan sekarang sudah ada perwakilan wilayah juga loh, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Sulawesi. 

Tujuan SEO MOMS ditujukan untuk almarhumah Ibunda tercintanya, semoga kebaikan Bang Q selalu menjadi amal jariyah untuk sang bunda ya. Untuk tugas SEO MOMS COMMUNITY yang diberikan bisa dicek di Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas. Penasaran sama kelas SEO MOMS? pantau terus social media @seomoms.


Salam,

@titisayuningsih

Tidak ada komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D