Pengikut

Impian Sederhana, Menabung!

Bulan Februari sudah menyapa dan ketika sebuah impian tersebut ingin segera diwujudkan maka kita sebagai pengagas mimpi tersebut harus siap untuk menyiapkan strategi apa yang harus kita laksanakan agar impian tersebut bisa diwujudkan. Mungkin diantara kalian ada yang ingin mempunyai impian ingin menikah, ataupun sukses dalam karir dan pendidikan. Mungkin bagi yang sedang bekerja ingin sekali mempunyai kenyamanan dalam bekerja sesuai dengan "passion"nya dan dimana pekerjaan tersebut mampu memberikan ruang yang membuat (pekerja) merasakan kalau pekerjaannya sesuai dengan impiannya dan bagi yang sedang mengenyam bangku kuliah, bisa menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu adalah sebuah impian, apalagi jika dalam kampus tersebut tidak menerapkan semester pendek. Namun bagi saya, impian sederhana itu bukan mengenai karir ataupun lulus kuliah semata saja. Impian sederhana saya adalah menabung. Kenapa saya ingin mempunyai impian berupa menabung? Bagi saya menabung itu hal yang paling sulit saya lakukan ditengah banyaknya biaya pengeluaran entah untuk biaya kuliah sendiri ataupun untuk kesenangan hidup saya kulineran atau sekedar ngebolang. Saya merasa gaji setiap bulan saya entah kemana larinya hihhihi. Jadi, sederhana sekali impian saya untuk tahun ini adalah menabung. Lalu upaya apa yang harus saya lakukan untuk mewujudkan mimpi saya?


Sebelum membahas mengenai langkah-langkah saya dalam mewujudkan mimpi sederhana yang berupa menabung tersebut mari kita senggol mengenai apa itu impian. Impian bagi saya adalah seperti sebuah harapan dimana kita sebagai manusia mempunyai tugas untuk mewujudkan "keinginan" yang sangat kita "dambakan" dan berusaha adalah upayanya. Impian itu bisa dikaitkan juga sebagai sebuah "pencapaian", dimana dalam sebuah pencapaiannya membutuhkan waktu dan proses. Waktu disini adalah sebuah tolak ukur saat kita mempunyai mimpi atau saat awal impian itu dicetuskan dan saat mimpi itu pula terwujud. Untuk waktunya sendiri tidak bisa kita ukur secara pasti namun bisa terlihat kapan mimpi itu akan terwujud dari sebuah langkah demi langkah usaha yang kita lakukan. Selain waktu, proses juga menemani saya pribadi dalam mewujudkan mimpi-mimpi itu. Prosesnya dimulai dari kita semua merasakan kegagalan dalam mewujudkan impian itu ataupun saat kita sudah lelah dalam mewujudkan impian terebut dan kembali bangkit lagi ketika teringat impian manis sudah menunggu untuk diwujudkan. Impian dan mimpi seperti sahabat sejati yang fungsi dan tujuannya sama. Kembali lagi dengan impian sederhana saya yaitu menabung. Menabung adalah menyisihkan "sedikit" penghasilan kita dimana jika suatu saat kita tidak sama sekali memegang uang tabungan tersebut bisa diambil. Tabungan itu seperti "cadangan" yang tersembunyi. Menabung bisa dilakukan di bank atau sekedar di celengan. Bagi saya, menabung di celengan sangat praktis, jika di bank menabung satu juta keatas baru dapat bunga dan bunganya kecil sekali, belum untuk biaya parkirnya jika tidak gratis dan saya sampai saat ini nyaman sekali dengan menabung di celengan. Berikut adalah langkah-langkah saya agar impian sederhana berupa menabung dapat terwujud :

1. Tentukan Niat

    Niat adalah faktor utama yang harus kita miliki sebelum mewujudkan sesuatu. Seperti menabung, mempunyai niat yang baik insyaAllah akan mudah dijalankan. Jadi, niatkan terlebih dahulu saya ingin menabung demi masa depan *eh

2. Mulai Sekarang Sisihkan Uangmu

    Pernah dengar kalimat #SaveMoney atau #SaveUangmu? Apa sih tujuannya kalimat itu dibuat? Kalau menurut saya pribadi, kalimat tersebut sengaja diciptakan agar kita sebagai manusia bisa menyisihkan hasil jeri payah dalam menghasilkan uang untuk menabung. Karena tanpa disadari menabung itu penting sekali! Dan mulai sekarang yuk sisihkan uangmu untuk menabung. Menabung tidak perlu dengan uang yang nominalnya banyak, mulailah dari uang yang nominalnya kecil misalnya 500 rupiah, eits jangan salah uang logam tersebut bisa sanagat bermanfaat loh jika kamu rajin menabungnya. Ataupun bisa membuat jadwal seminggu 50 ribu atau berapalah, setidaknya bisa menyisihkan uangmu untuk menabung.

3. Buatlah Susunan Anggaran Pengeluaran
   
    Saya yakin untuk nomor 3 sudah banyak diketahui oleh khalayak umum dan sebagian orang juga sudah melakukannya. Ya, buatlah susunan anggaran setiap hari, hari ini mengeluarkan uang untuk apa saja dan jika bisa setiap bulannya juga begitu ibaratnya keluar masuknya uangmu bisa di memanage dengan sebaiknya. Apalagi jika ada kewajiban membayar uang kuliahmu, dahulukan itu terlebih dahulu *ceritanyacurcol* hihihihii

4. Stop Membeli Barang yang Tidak Diprioritaskan

    Maksud pernyataan stop membeli barang yang tidak diprioritaskan apaan sih? Begini maksud saya, saya yakin sebagian orang jika melihat sale / diskon pasti tergoda seperti halnya dengan saya dan wanita pada umumnya. Coba tentukan membeli barang yang diprioritaskan terlebih dahulu dan jangan membeli barang yang tidak diprioritaskan. Barang yang diprioritaskan biasanya lebih penting dalam kegunaan dan tidak bisa ditunda lagi. Jika saya dan kalian mampu menekan biaya pengeluaran untuk stop membeli barang yang tidak diprioritaskan maka dapat dipastikan uangnya bisa dialokasikan untuk yang lainnya.

5. Menekan Biaya untuk Kesenangan Hidup

    Kalau untuk point keempat ini, saya masih tahap belajar soalnya saya belum siap untuk menekan biaya untuk kesenangan hidup, misalnya untuk biaya kulineran atau ngebolang. Jujur saja, saya sangat menyukai kulineran dan sekali kulineran bisa merogoh kocek seratus sampai dua ratus ribu dan untuk ngebolang atau main sama teman bisa sekitar biaya kuliner juga. Doakan saya bisa menekan biaya kuliner atau ngebolang ya hihihi.


Postingan ini diikutsertakan dalam #evrinaspGiveaway: Wujudkan Impian Mu

20 komentar:

  1. Yup.....seperti kata Titiek puspa "tangtingtung jangan dihitung.....lama lama jadi untung....."

    BalasHapus
  2. Saya doakan semoga bisa segera menekan biaya ngebolang dan kulinerannya mak. Kalau niat pasti bisa :-)

    BalasHapus
  3. Selain menabung di bank saya jg menyisihkan uang 20 ribuan dicelengan. Jd setiap dpt uang 20 ribuan hijau entah kembalian atau apa itu hak celengan sy di rmh... abis2n. sih bbrp kali uangnya sudah byk saya masukan rek di bank atau sy belikan barang yg saya inginkan. Trima kasih tips menabungnya mba :)

    BalasHapus
  4. Nice post. menabung dicelengan itu terasa seninya dan menghargainya. :)

    BalasHapus
  5. Tips sederhana nih mbak: menabunglah di awal bulan, ketika baru mendapatkan uang gaji. Jangan menabung dari "uang sisa" di akhir bulan, karena kemungkinannya kecil.

    BalasHapus
  6. Saya berusaha memberikan teladan pada anak saya dengan mengajarkannya menabung. Semoga dia mengerti bagaimana mempersiapkan masa depannya. amin....

    BalasHapus
  7. nice posting.. sy rasa smua orang perlu menabung, hal itu bisa menjadi investasi..

    BalasHapus
  8. Aku ternasuk org yg boros. Bangettt! :D pokoknya prinsipku itu nabung 11 bulan untuk foya2 traveling 3 minggu. Tapi skr ini ku mulai nemu kiat menabung lah.. Krn aku kerja di bank, sbnrnya jd bnyk benefit yg bs aku ambil krn rekening staff biasanya lbh menguntungkan dr nasabah ;p.. Biaya admin g ada, biaya utk investasi jg lbh kecil.

    tp suapaya uangnya g bisa aku tarik stiap saat, aku memilih 3 cara menabung mba...

    1. buka rekening mata uang asing, yg bis diambil kpnpun, tp pasti mikir2 krn rate currency saat kita tabung dan mw ditarik bisa jd lg jelek. Pasti ga jadi ngambil kan :)

    2. Tabungan cicilan emas yg tiap bulan disisihin, dan pas lunas, emasnya bisa diambil. Ems trmasuk yg gampang dicairin, tp lagi2 mikir bgt kalo mw dicairinkan

    3. Tabungan jangka panjang, reksadana. Ini membeli saham ato mutual funds sesuai yg kita mw.. efeknya kerasa jangka pjg.. jd kita bisa tenang2 aja utk ga utak atik. dan tabungan ini ga bisa dicairkan seenaknya ;p itu yg paling ptg utk org boros kayk aku.

    baru deh stlh 3 itu disisihin, sisanya utk aku tabung buat traveling brktnya :D Urusan keperluan RT mah, itu suamilah ;p

    BalasHapus
  9. setiap bulan saya sudha menabung, tatpi tetap terpakai lagi hehe, itu karena kurang niat ya mbak, semoga impiannya untuk konsis menabung tercapai. aamiin. terimakasih atas partisipasinya ya

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D