Pengikut

5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Melanjutkan Kuliah S2

Via Pixabay
Hai-hai, gimana perjalanan ngeblogmu? Pasti sudah banyak kemajuan dong, karena dunia blog menuntut kita untuk terus belajar seperti dalam hal mencari ilmu di bangku sekolah. Tidak ada yang salah untuk proses belajar dimulai dari hal-hal tidak dimengerti dan tidak tahu kemudian menjadi tahu dan mengerti. Hampir setiap orang mempunyai keinginan untuk bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi dari jenjang Diploma sampai ke Profesor. Apakah keinginan kalian sama dengan keinginanku dimana masih mempunyai angan untuk melanjutkan kuliah lagi? Jika iya, mari tugas kita semoga bisa mewujudkannya hihi.



Jalan kehidupan setiap orang itu pasti berbeda, bandingkan saja dengan teman sebayamu, diantara banyaknya teman seperjuanganmu waktu sekolah lalu diantara mereka sudah mengambil keputusan hidup. Yaps, keputusan hidup yang merupakan pilihannya, ada yang sudah menikah dan ada yang masih mempumyai "mimpi" buat melanjutkan tentang sebuah harapannya. Bagi saya, perbedaan pilihan di setiap orang itu sah-sah saja asalkan tidak saling menganggu orang lain.

Baca juga : Bermimpi Setinggi Langit, Salahkah? 


Bagi kamu, yang masih mempunyai cita-cita yang ingin diwujudkan suatu saat nanti tentang menikah, maka harapanmu sama dengan saya dan perempuan lainnya. Namun, sebelum melebar lagi pembahasan ini, mari kembali ke temanya hehe. Iya, sebelum kamu disibuk-kan tentang hal-hal yang "berbau" pernikahan, mari kita simak 5 hal yang perlu dilakukan untuk melanjutkan kuliah S2 :

1. Persiapkan Niat dan Semangat

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah lagi, pastikan dirimu mempunyai niat dan semangat. Niat di sini harus jelas dan terarah biar gak tergoyahkan sih sama senggolan di luar sana.
Via https://aris83.wordpress.com
2. Perhatikan Syarat-syarat Sebelum Mendaftar

Beberapa bulan lalu, saya iseng untuk mencari kampus dan jurusan apa yang akan saya ambil jika nanti mau melanjutkan kuliah dan harus diketahui untuk kamu, calon mahasiswa / mahasiswi pascasarjana adalah persyaratan sebelum mengikuti tesnya. Salah satu syarat agar status mahasiswa/mahasiswi kembali menyapamu adalah minimal skor TOEFL. Misalkan untuk beberapa kampus negeri dan swasta menerapkan minimal skor TOEFL adalah 500.

Belajar TOEFL (pribadi)

Baca juga : Mendamaikan Diri Sendiri itu Penting! 

Hmmm....apakah skor TOEFL-mu sudah menembus 500? Jika belum, masih ada waktu untuk belajar atau mengikuti  kursus bahasa Inggris. Selain persyaratan minimal skor TOEFL kalian juga harus memperhatikan materi yang akan diujikan seperti TPA, dan materi umum lainnya. Beberapa waktu lalu sempat browsing di internet biaya pendaftaran saja tembus 700ribuan. Jadi, sebelum mantap ingin melanjutkan kuliah lagi, mari nyicil dari sekarang, meningkatkan kualitas diri dulu hehehe.


3. Biaya Kuliah

Hal yang penting dipikirkan adalah tentang biaya. Biaya kuliah itu tak hanya meliputi bayaran semester saja, tapi biaya beli buku dan pendukung lainnya, fotokopi, alat tulis dll. Apalagi jika kamu menjalani kerja dan kuliah, harus bisa membagi keuangan antara pengeluaran pribadi dan kuliah. Pastikan kamu berdiskusi juga sama keluarga ya, keterbukaan itu perlu. Beberapa waktu lalu saya pernah cek website PTN dan PTS dimana untuk biayanya bisa tembus 2 digit hikss. Untuk yang ingin mendapatkan beasiswa untuk sekolahnya, semoga bisa diwujudkan ya kakak-kakak.

Via sbmptnsnmptn.blogspot.co.id

4. Tentukan Jurusan yang Sesuai Minatmu

Jurusan dalam kuliah adalah hal yang patut kamu pertimbangkan sebelum merasakan jadi mahasiswa / mahasiswi lagi. Jika kamu dari jurusan yang sama pada waktu Sarjana lalu maka dapat dipastikan jika minatmu dapat dikembangkan lagi dengan jurusan yang sama, kemungkinan profesi yang cocok bisa jadi Dosen. Namun jika kamu ingin berubah alur jurusan, hmmm sebaiknya dipikirkan lagi (ngomong sama diri sendiri jika nanti kelak lanjut lagi).

sunfoundation.or.id

5. Belajar Efisien Waktu dan Prioritas 

Yaps, berdasarkan pengalaman pribadi saya bekerja sambil kuliah itu menyita waktu sekali. Paginya sampai sore ada di mana sedangkan malamnya kadang sudah belajar lagi. Nah, bagi yang ingin melanjutkan kuliah lagi sambil mencari nafkah harus bisa membagi waktu ya, utamakan yang prioritas dan pastinya jadwal ngebolangmu akan sedikit terhambat hehe. Nah, tinggal pilih deh fokusnya untuk tahun ini, tahun depan , atau 2 tahun lagi, untuk apa?



Begitulah, 5 hal yang perlu dilakukan sebelum melanjutkan pendidikan, postingan ini berdasarakan hasil tanya kepada teman, kakak, dan mereka yang sudah berhasil menempuh sampai menyelesaikan sekolah pascasarjananya.




Semoga tulisan ini bisa memotivasi saya, semangat!




20 komentar:

  1. kenapa pas kesini, pasa bahas kuliah lagi. Kenafa? kenafa?
    Ayo, kita kuliah lagi aja gih mbak!

    BalasHapus
  2. Yg utamanya adalah niat ya mba, apapun kalo ssh di niatkan insya Allah lancar☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga kesampaian niat saya, ya mbak :)

      Hapus
  3. Waaah aku juga mau ambil s2 nanti tapi nikah dulu :p
    S1 nya juga blm selesai.. semoga di lancarkan untuk mencari ilmu setinggi tingginya ya mbaa ^^

    BalasHapus
  4. Aku juga mau kulia lagiii... Pingin nyoba beasiswa S2 ke luar negeri, tapi IPK nggak nyampe, huhuhu... *pedih* Btw Chevening Scholarsip lagi bukaan beasiswa S2, Mbak.

    BalasHapus
  5. Akuuuuuuuuu pengen kuliah S2 huhuhu, tapi ya dalam hidup ada skala prioritas dan saat ini, prioritasnya Raya, jadi mengalah dulu buat S2, nunggu Raya agak besaran dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, dahulukan yang prioritas :)

      Hapus
  6. pengin S2, tapi belum nikah *halah* *idem sama komen Mbak Laili di atas* :D

    BalasHapus
  7. Kepengen juga, dan saat ini sedang belajar dari awal lagi demi skor toefl dan ielts yang memadai. Semoga dimudahkan dan dilancarkan untuk menuntut ilmu lagi yaa mba, dan semoga berkah.

    BalasHapus
  8. Bila sudah S2 (sambil bekerja) sungguh pinter membagi waktu itu sangat penting ya, Mbak.

    BalasHapus
  9. Meneruskan sampai S2 memang dipikirkan matang matang ya mbak jangan asal asalan dan persiapan juga sangat penting untuk menunjang nanti kalau saat sedang menjalankan S2 bisa berjalan lancar tanpa kendala.

    BalasHapus
  10. Pernah punya niat dan ingin kuliah lagi seperti teman-teman yang lain. Tapi kayaknya belum bisa mengatur waktu antara pekerjaan rumah tangga dengan kegiatan perkuliahan, Mbak hehehe
    Eh, apa itu hanya alasan aja, ya...karena kalau udah punya niat yang kuat, apapun pasti bisa dijalani.
    Ayo Mbak, ambil S2-nya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mbak, aku bisa melanjutkan sekolah lagi hehe

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D