Pengikut

Mendamaikan Diri Sendiri itu Penting!

Berbicara mengenai mendamaikan diri sendiri, maka kita akan sepakat bahwa yang mampu mendamaikan diri sendiri yaitu kita sendiri. Untuk apa sih, saya membuat postingan ini? Ya, sebagai sarana untuk intropeksi diri. Hmm..mendamaikan diri itu maksudnya apa sih? Bagi saya, mendamaikan diri sendiri itu seperti membuka sebuah lembaran baru dan memulainya dengan semangat. Untuk yang terjadi di masa lalu dan untuk sebuah harapan yang gak terwujud atau untuk sebuah permasalahan yang pernah kau alami, maka dari itu kita wajib mendamaikan diri sendiri dengan harapan semua yang terjadi di masa lalu mampu membuat kita sebagai manusia untuk belajar dari pengalaman.

Sumber gambar : google

 Nah, untuk harapan ke-depannya gimana? Bagi saya, mendamaikan diri itu sebagai bahan evaluasi juga. Dengan mendamaikan diri, kita bisa memulai dengan jiwa yang baru, memaafkan yang terjadi di masa lalu. Berikut yang mendasari saya, kenapa mendamaikan diri sendiri itu penting! Ya, ketika kamu sudah melewati berbagai pengalaman entah itu yang pernah kamu alami baik pengalaman yang sempat menjatuhkanmu atau pengalaman yang membuatmu berada diatas puncak. Selepas dari apapun untuk kisah yang sudah dilalui, sebuah cara yang sederhana untuk mendamaikan diri sendiri yaitu memaafkan diri sendiri. Apa hubungannya tentang maaf dengan mendamaikan diri?


Pernah gak, beberapa waktu lalu ketika sebuah mimpi-mu belum terwujud juga sampai saat ini? Pasti rasa kecewa sempat menghampirimu, atau saat rencana-rencana manismu berjalan tak sesuai rencana, lalu apa yang kamu lakukan oleh dirimu sendiri? Menyesali kah atau menyalahkan dirimu sendiri? Yaps, itu hal lumrah namun gak sepantasnya juga kamu meluapkan kesalahannya pada dirimu sendiri. Yuk, mulai sekarang lebih mencintai dirimu sendiri dan berjiwalah lapang dada serta belajar untuk memaafkan dirimu sendiri. Ya, memaafkan dirimu sendiri untuk lebih menciptakan kedamaian. Dan kedamaian tersebut yang akan membawa kita untuk mampu berfikir positif dan terbuka untuk peluang yang sudah menunggumu di luar sana, peluang yang mampu membangkitkan semangatmu.



Biarkan mimpi ataupun angan di masa lalu yang akan menjadikanmu "pengingat" bahwa tak semua obsesi bisa kamu wujudkan dengan secepatnya, kadang peru proses dan waktu. Dan jika sudah berproses namun belum bisa terwujud? Yasudahlah...belajar mendamaikan diri sendiri. Semuanya akan oke-oke saja kan ketika kamu sudah mampu memaafkan diri sendiri? Akan lebih plooooong dan selow, untuk menikmati hari-hari berikutnya dan berdamai dengan diri sendiri itu penting! Sebagai modal untuk kita, agar bisa membuka lembaran baru yang lebih hebat! 
Percayalah dirimu akan lebih hebat dari sebelumnya, pengalaman akan mengajarkanmu banyak hal. Dan dirimu sendiri itu hebat !



Sudahkah kamu berdamai dengan dirimu sendiri?

20 komentar:

  1. Kadang kita itu gampang memaafkan kesalahan orang lain tapi susah sekali memaafkan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri mungkin bisa membuat kita lebih mudah memaafkan kesalahan sendiri

    BalasHapus
  2. nih kata-kata yang tersemat dalam artikel ini sangat menyejukkan hati (apalagi untuk pikiran suntuk dan perasaan galau campur sebel) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak :)

      Semoga bisa bermanfaat ya postingan ini hihi

      Hapus
  3. Tulisan ini lg pas bangeet dgn kondisi hati saya...
    Damai adalah hak bagi jiwa kita untuk menjalani hidup...

    BalasHapus
  4. skrg lg rajin2 mendamaikan diri mbk, apalagi lihat rupiah semakin melemah *komentar apa iniiihhh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rupiah sekarang sudah menguat kembali Mbak *eh

      Hapus
  5. iya, biar nggak stress harus sering-sering mendamaikan diri sendiri :D

    BalasHapus
  6. Salah satu keinginan manusia kan ingin hidup damai, dimulailah dari diri sendiri. betul kan mbak

    BalasHapus
  7. Kalau saya lebih cenderung pasrah dan berdoa :)

    salam kenal

    www.aprikull.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak dan salam kenal juga ya ;)

      Hapus
  8. dari tulisan ini juga menjadi bahan instrospeksi buat aku

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D