Pengikut

Menjalani Berbagai Profesi yang Membuat Blogger Gresik, Ria Rochma Terus Belajar Setiap Saat

Hai, sudah pernah berkunjung ke Gresik? Jika belum, melalui postingan ini saya akan mengajak kamu, kamu dan kamu untuk berkunjung ke Gresik. Di Gresik ada apaan sih? Pastinya di sana ada bloggernya hehe. Yuk, kita kenalan dengan Ibu dari dua anak, yang merupakan Guru Bimbingan Konseling (BK) dan blogger juga.

Ria Rochma via blognya 
Siapa itu Ria Rochma? 

Bagi kamu blogger yang sudah melalang buana blogwalking, pasti sudah tak asing lagi dengan Blogger Gresik ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada kalimat sebelumnya, pada kesempatan ini mau membahas tentang Ria Rochma. Mbak Ria, saat ini, sedang menjalani berbagai profesi yang sangat padat. Dimulai dari profesi sebagai Guru Bimbingan Konseling, Blogger Gresik, Crafter dan Ibu rumah tangga juga. Sudah dapat dibayangkan dong, gimana sibuknya dalam membagi waktu antara pekerjaan di sekolah, rumah dan untuk hobinya. Ria, begitu ia disapa merupakan Ibu dari dua anak, yang bernama Arya, usianya 5 tahun, dan Fatin usianya 1 tahun.




Sebelum melahirkan Fatin, anak keduanya mbak Ria yang merupakan lifestyle blogger, pernah mengerjakan pesanan paper craft (berkreasi dengan kertas). Namun, saat ini waktunya hanya untuk keluarga dan anak didiknya. 

Mengenal Ria Rochma dari sisi blog


Kalau menurut Ria, begitu beliau disapa, awal kenal blog itu, ketika masih menulis di Kompasiana. Karena keinginannya, untuk mempunyai blog personal akhirnya beliau memutuskan untuk bermigrasi ke blog Mama Arkananta. Pada penasaran gak, kenapa awal mulanya mbak Ria memutuskan untuk ngeblog? Mbak Ria suka ngeblog itu karena beliau suka bercerita dan menulis. Nah, alasan tersebut yang mendorong mbak Ria untuk terjun di dunia blog. Tetapi, untuk saat ini, beliau gak bisa menulis sesuka hati tanpa konsep, tujuannya agar bisa fokus dan bisa memberikan informasi yang jelas kepada pembacanya.

Seluk beluk Guru BK

Pada penasaran gak sih, apa saja tugas guru BK itu? Kalau menurut Blogger Gresik ini, biasanya sih mengenai masalah remaja. Seperti, masalah persahabatan, suka sama lawan jenis,  atau masalah bidang studi. Kalau menurut guru bimbingan konseling ini, dirinya hanya membantu anak-anak menemukan solusinya. Mengulas mbak Ria, seperti membuka mimpi lama saya yang belum terwujud untuk terjun di psikologi hikssss. 


Mengenal dunia psikologi via Ria Rochma

Kalau menurut mbak Ria, yang paling membuat dirinya bersyukur, yaitu ketika dirinya dihadapkan dengan anak-anak yang memiliki masalah-masalah keluarga yang rumit. Misalnya, masalah itu membuat anak stres dan hasil belajarnya menurun. Dirinya, sangat bersyukur bahwa memiliki keluarga yang bahagia dan memperhatikan apa saja yang dibutuhkan. Menjadi guru BK itu dijadikan sebagai penyeimbang hidup. Ya, sama halnya dengan ngeblog, dijadikan juga sebagai penyeimbang hidup. Dirinya, merupakan tipe perempuan yang ngga bisa diam di rumah atau full mommy karena dirinya mudah bosan. Dan menjadi guru BK, menyeimbangkan itu. Bertemu siswa dan mendengarkan celotehnya mereka, mengerjakan laporan-laporan konseling dan bimbingan, bergaul dengan rekan kerja.

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia. Kita harus open mind untuk menerima teori-teori yang berhubungan dengan manusia. Akan ada banyak teori yang mungkin akan membingungkan. Jadi, siapkan diri kita untuk menyesuaikan masalah-masalah psikologi dengan teori-teori yang berhubungan dengan fisik dan mental manusia. Intinya, adalah open mind.

Menelisik keahlian yang dimiliki mbak Ria melalui Craft

Crafting, dirinya suka paper sekadar suka dan hobby. Menurut Blogger Gresik yang suka paper craft, memiliki passion craft menurun dari Bapak. Bapak adalah tipe orang yang suka berkreasi untuk membuat sebuah barang. Seperti kursi kecil, meja kecil, pisau, lemari mini, dan masih banyak lagi. Saya dulu suka memperhatikan Bapak dulu. Saat beliau mengukur bahan, merekatkan bahan satu dengan yang lainnya, dan finishingnya. Sepertinya dari situlah passionnya di dunia paper craft muncul.

Mengenal Self Branding a la Ria Rochma

Mengenai branding, dirinya membranding sebagai seorang ibu yang bekerja sebagai guru BK, yang juga menyukai menulis di blog dan berkreasi melalui paper craft.

Untuk branding, yang dilakukan adalah selalu menunjukkan bahwa dirinya seperti itu. Yang biasanya dilakukan adalah :

- Koar-koar ke orang bahwa dirinya ini blogger. 
Eh, ini nggak pamer ya, tapi karena aktivitas ngeblog itu ngga akrab di telinga teman-teman kerjanya, mau ngga mau harus memberi tahu mereka rincinya seperti apa.

- Pamer karya. 
Iya, pamerkan hasil kreasi paper craft ke teman-teman, blog atau di media sosial. Untuk yang crafting ini, bergabung di grup craft namanya Gresik Crafter untuk memperkuat branding dirinya sebagai perempuan yang suka berkreasi dengan kertas.

- Share. 
Share apapun yang mendukung aktivitas blogging. Misalkan, suka nulis tentang parenting. Ya, share tentang parenting, misalnya di twitter.

Kesan selama di Arisan Link Geng Ijoek 

Awalnya, mengajukan diri menjadi PIC arisan link karena dirinya yakin akan mudah mengatur teman-teman blogger mengumpulkan tugas arisan link. Tapi ternyata itu ngga mudah. Urusan kedisiplinan, itu jadi problem utama. Baik dirinya atau anggota arisan link lainnya, banyak yang terbentur dengan masalah kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas ini. Menjadi PIC pun, ngga boleh bosan terus mengingatkan diri sendiri dan anggota untuk memenuhi kewajiban masing-masing.


Dan pengalaman menjadi PIC serta anggota arisan link ini, memberanikan dirinya untuk memberi pesan bahwa  untuk mengikuti arisan link ini butuh konsisten dalam menyelesaikan tugas. Kalau memang sudah tenggat waktu, ayo segera diselesaikan dan dikumpulkan. Supaya pemenang arisan link-nya juga dapat feed back yang baik juga.


Harapan untuk kehidupan pribadi dan blog

Untuk kehidupan pribadi, berharap supaya keluarganya makin bahagia. Dengan terpenuhinya kebutuhan kami dan tercapainya rencana-rencana kami. Sedangkan untuk blog, berharap blog ini bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Misalkan saja, dengan membaca pengalaman-pengalamannya, membaca tips yang dibagikan, atau sekadar mencari informasi yang dibutuhkan di blognya.


Survive di dunia blogging adalah dengan terus menulis tanpa memikirkan soal uang. Betul ketika ada orang yang bilang, kalau ngeblog sudah bertujuan untuk mencari uang, akan garing rasanya. Tapi kalau kembali pada tujuan awalnya, menulis yaitu untuk sharing, dirinya merasa seperti ngga ada beban. Enteng gitu. Nulis, ya nulis aja. Soal uang atau rejeki, insyaAllah akan mengikuti kok.



Mbak Ria, semoga aku bisa ke Gresik ya, suatu saat nanti :)

14 komentar:

  1. Beliau memang sudah terkenal di kalangan blogsphere.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sudah melalang buana di dunia blog.

      Hapus
  2. Wah sama sama Mbak.. sama multi job dan tallen.. saya blogger .volunteer, guru ipa, dan ustad.. salam kenal Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, semoga semakin berguna hidupnya, Mas.

      Hapus
  3. Wah, suka crafting ya. Aku ngerasa itu susah banget karena mungkin butuh ketelatenan dan teliti ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, crafting itu butuh kesabaran juga :)

      Hapus
  4. Inget PR masih banyak :-D
    Ampun mba Rochma :-D
    Titis kece, udah jadi banyak.
    Dulu aku mau mampir ke rumah mba Rochma sepulang dari Bali karena lewat. Eh karena mba Rochma masih ngurus pajak ga jad deh. Semoga kapan2 bisa jumpa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, kerjain peernya Nyi, semangat yaaaa.

      Hapus
  5. Aku baru tau mba Ria org gresik. Haha. Kudet banget ih aku

    BalasHapus
  6. Trmksh sharingny ttg blogger Gresik
    Yg multitalenta y mbak...masya Allah..
    Senantiasa bermanfaat utk umat..

    Maaau diajari craft kertasnya mb Ria

    BalasHapus
  7. Salam kenal Mba ria. Tiap orang punya cara tersendiri self branding. Mau nyontek ah.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D