Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas. Saya jadi teringat sebuah pesan yang pernah saya terima dari mama. Beliau berkata, jadilah perempuan yang mandiri. Ya, mandiri dalam segala hal, baik dalam segi keuangan atau pun mandiri untuk bertahan hidup. Seperti halnya, dalam memasak. Perlu diketahui, perempuan harus bisa memasak, setidaknya untuk memasak nasi. Berbicara mengenai memasak nasi, jadi teringat prosesnya, dulu saat ngekost, saya memasak nasi dengan cara modern, yaitu rice cooker. Tinggal cuci beras, lalu masukan di rice cooker, klik untuk cooking dan nasi sudah matang. Tahu-kah, kamu, selain memasak nasi dengan rice cooker ada cara lain memasak nasi pakai cara tradisional, cara memasak nasi dengan kompor gas. 

Cara memasak nasi dengan kompor gas, bisa kamu aplikasikan di rumah. Melalui postingan ini, saya akan berbagi tentang pesan mama saya dalam hal memasak nasi tanpa rice cooker. Bayangkan, jika suatu saat di rumah, mati listrik dan kondisi perut lapar, maka tertuju untuk masak nasi. Simak yuk, cara memasak nasi dengan kompor gas.

Langkah-langkah Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas :

Ya, karena postingan ini akan membahas tentang cara memasak nasi dengan kompor gas, maka persiapkan dahulu bahannya, yaitu beras.

1. Persiapkan Beras

Beras, merupakan komponen utama dalam memasak nasi. Mengenai harga beras pun bervariasi, ada yang 10ribu/seliter, tergantung kualitas berasnya. Biasanya, mama saya membeli beras yang berkualitas super di mana saat di masak nanti akan pulen nasinya. Tidak terlalu lembek atau pun keras.

2. Wadah untuk Cuci Beras

Ya, wadah untuk cuci beras digunakan untuk mencuci beras. Sebelum dimasak, dianjurkan untuk mencuci beras. Biasanya, saya mencuci beras dengan air mengalir dari kran, lalu saya bersihkan berasnya dari batu-batu kecil. Dalam mencuci beras, saya mengulangnya sampai 3 kali, hingga benar-benar air berasnya bersih. Nah, air beras ini, bisa digunakan untuk menyiram tanaman, konon katanya tanaman bisa tumbuh subur. Pernah, mencobanya?

Mencuci beras 

Beras setelah dicuci

3. Siapkan Kendhil untuk Mengaroni

Masak air hingga mendidih

Setelah, mencuci beras, lalu diamkan sesaat dan menyiapkan air. Dalam menyediakan air, sesuaikan takaran air dengan berasnya. Jangan terlalu banyak atau pun sedikit. Air tersebut dimasukkan ke dalam kendhil hingga mendidih. Pastikan api sudah menyala dan kondisi kompor gas dalam keadaan baik. Proses mendidih air membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Ketika air sudah mendidih  langkah sleanjutnya proses mengaroni (aron). Merujuk ke KBBI, aron adalah proses setengah matang dalam masak nasi. Bisa dikatakan, dalam proses aron nasi ini diaduk kemudian menunggu sampai 30 menit, lalu ditutup hingga air menyusut.

Aduk sampai merata


4. Pindahkan dari Kendhil ke Dandang untuk proses memasak nasi

Setelah proses mengaroni, langkah selanjutnya adalah mengukus. Masukkan nasi tadi yang sudah diaroni, di dandang untuk proses ngukus. Masak sampai 30 menit.

Proses mengukus nasi sudah jadi

5. Selamat Menikmati

Jadi, proses cara memasak nasi dengan kompor gas, yaitu mencuci beras, lalu masak air dan masukkan berasnya hingga air mendidih. Diamkan sebentar, lalu mengaroni dan proses terakhir adalah mengukus dan nasi yang enak sudah selesai. Mudah bukan?

Sudah pernah mencoba untuk cara memasak nasi dengan kompor gas? Yuk, cobain juga. Silakan membaca postingan tentang kuliner asinan kamboja yang menggoda selera.


Tidak ada komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D