Pengikut

Pengetahuan Tentang ASI Tak Hanya Untuk Mereka yang Sudah Menikah Saja

Sumber : http://manfaat.co.id
Halo hari Senin, tak terasa bulan Agustus akan sekarang usai ya namun postinganku belum selesai sampai disini kok. Postingan ini hasil collaborative blogging dari komunitas yang sudah aku geluti sejak 2 tahun lalu. Kebetulan aku masuk group 1 dimana pada postingan pertama Mak Istiana Sutanti yang berjudul ASI dan Perkembangan Media Sosial.  Wah, pembahasan yang menarik tentang ASI. Jika membahas tentang ASI, maka secara tidak langsung peran orang tua khususnya Ibu akan sangat penting sekali mengingat perkembangan buah hatinya.




Pada postingan ini saya ingin memberikan sudut pandang pribadi mengenai perlu gak sih pengetahuan tentang ASI bagi mereka yang belum menikah? Kalau menurut pandangan pribadi saya, penting. Kenapa? Karena ASI itu merupakan modal kecerdasan bagi buah hati tercinta. Boleh ya saya cerita tentang orang tua yang telah membesarkan saya dengan program ASInya?



Sejenak flashback, saya adalah anak ketiga dari 3 bersaudara. Mama saya kebetulan bukan wanita karir, namun saya sangat bangga sekali kepadanya, kenapa? Ya, bagi seorang anak tak ada yang lebih berharga lagi selain ASI  Air Susu Ibu itu seperti berlian dan emas yang sangat diidamkan oleh orang-orang. Perjuangan seorang wanita itu terlihat dari dia mengandung selama 9 bulan kemudian melahirkan hingga memberikan ASI eksklusif selama 2 tahun.



Betapa bahagianya saya karena termasuk yang diberikan ASI eksklusif oleh mama saya. Seperti halnya dengan kakak saya, kami bertiga merupakan anak-anak yang mendapatkan program ASI selama 2 tahun. Nah, bagi kalian yang belum menikah dan menjadi seorang Ibu, sudah saatnya kalian membekali diri untuk pengetahuan ASI khususnya bagi kita yang perempuan.




Di era digital ini sudah banyak informasi yang bisa kalian saring tentang ASI. Atau kalian bisa juga mendapatkan tentang ASI dari pengalaman orang tuamu. Jika saya mendengar dari pengalaman orang tua saya khususnya mama, kegunaan ASI itu banyak sekali, salah satunya sebagai asupan buah hati dalam perkembangan otaknya.  Dan untuk kamu mama-mama muda dan wanita karir jangan malu ah untuk memberikan ASI eksklusif, karena di kantor pun kamu bisa memberikan ASI untuk buah hatimu.




Saya sering sekali menemukan mama-mama muda yang siap siaga menyiapkan peralatan "tempurnya" demi memberikan ASI kepada buah hatinya, bahkan di kantor saat jam istirahat ada mama-mama yang semangat memompa ASInya. Menjadi wanita karir bukan penghalang untuk memberikan ASI eksklusif. Ayo, bagi kamu kaum muda khususnya perempuan yang belum menikah dan menjadi Ibu tak ada salahnya membekali dirimu dengan pengetahuan tentang ASI dan pastinya akan berguna di saat yang tepat di waktu sudah mempunyai buah hati. Jadi, gak kaget lagi hehehe.




Kampanye ASI pun ramai digalakkan di berbagai event hingga media social, tujuannya agar Ibu bisa memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Jadi, menurutmu yang belum menikah dan menjadi Ibu, pengetahuan tentang ASI itu penting gak sih diketahui sebelum menyandang status Ibu? *memanggil yang sebaya hehehe.


38 komentar:

  1. Sependapat dengan pernyataannya Mba.. Orang yang belum menikah pun mesti tahu tentang ASI..

    BalasHapus
  2. Klo kata Waketum Aimi Pusat Nia Umar, kunci sukses menyusui adalah 3P (persiapan persiapan dan persiapan). termasuk membekali pengetahuan semenjak blm menikah

    BalasHapus
  3. aku termasuk yg telat belajar ttg asi nih ya mbk, baru belajr saat si baby udh mau lahir, hiks
    penetahuan ttg asi sejak remaja mnrutq emang penting bgd, biar gk kelagapan nnti klok udh tiba masanya menyusui.
    nice share mbk :)

    BalasHapus
  4. iya bener banget, AsI justru penting buat semua kaum perempuan, meskipun sekedar edukasi.

    BalasHapus
  5. Yes.. justru pemgetahuan ttg asi itu perlu sebelum tiba waktunya ngasi. Kalau sudah dapat ilmunya nanti tinggal praktekin jadi lebih percaya diri. Biasnaya habis lahiran kondisi kita lemah jadi ga kepikiran lagi buat belajar ini itu. Kalau udah punya ilmu ke mana aja mah udah yakin mba.. :-)

    BalasHapus
  6. Yes.. justru pemgetahuan ttg asi itu perlu sebelum tiba waktunya ngasi. Kalau sudah dapat ilmunya nanti tinggal praktekin jadi lebih percaya diri. Biasnaya habis lahiran kondisi kita lemah jadi ga kepikiran lagi buat belajar ini itu. Kalau udah punya ilmu ke mana aja mah udah yakin mba.. :-)

    BalasHapus
  7. betul nih mba Titis, saya berasa telat pas tau malah setelah melahirkan Babam, nice info

    BalasHapus
  8. dulu aku belajar asi pas mau lahiran dan itu rada telat .__. emang kudu sedini mungkin paham asi tentunya dengan keluarga nanti.
    bisa diterapin banget itu kalau ada keluarga yang lagi ngasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, wajib tahu ya mbak sebelum menikah tentang ASI :)

      Hapus
  9. Saya sempat sedih karena gak bisa menyimpan dan nyetok ASI di tempat kerja.

    BalasHapus
  10. Saya sempat sedih karena gak bisa menyimpan dan nyetok ASI di tempat kerja.

    BalasHapus
  11. Kalo saya, bukan produk ASI ekslusif kayaknya, soalnya adik saya keburu lahir he he he
    Tapi saya memberikan ASI eksklusif pada anak-anak saya. Karena saya tau, itu sangat baik untuk tumbuh kembang mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus tuh mbak belajar dari pengalaman ya :)

      Hapus
  12. Penting banget, meskipun udah menikah dan belum punya baby. Membaca beragam informasi sekaligus melihat pengalaman orang sekitar. Kita jadi banyak belajar, itung-itung persiapan untuk nanti punya anak hihihi aamiin :)

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah aku juga anak ASI, anak-anakku juga anak-anak ASI, meski aku bekerja :)

    BalasHapus
  14. Bener mbak, justru sebelum nika kudu melek soal ASI. Saya termasuk yg menyesal krn tdk belajar ttg ASI sblm nikah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sebelum menikah berarti "wajib" belajar ASI ya mbak :)

      Hapus
  15. Mumpung belum punya anak nih aku juga jadi ada waktu buat belajar banyak tentang ASI.

    BalasHapus
  16. Setujuuuu

    Anak ibuku asi smua. Ponakanku malah nggak mau sufor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, beda2 ya mbak anak sekarang padahal ASI banyak manfaatnya :)

      Hapus
  17. aku juga anak asi sampai 2 th kata emak ku

    BalasHapus
  18. Nggak ada salahnya buat yang belum menikah mencari bekal ilmu tentang ASI. Sayangnya banyak yang malu dan nggak kurang yang males hanya karna alasan "belum waktunya"

    Ujung2nya pas waktunya harus bisa ASI keteteran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal edukasi ya mbak tentang ASI ya mbak :)

      Hapus
  19. penting mba, nggak cuman buat yang udah nikah aja, yang lagi hamil pertama kayak aku juga #eh hehe

    BalasHapus
  20. Para calon bapak juga mesti paham ttg ASI nich biar bisa mendukung gerakan asi ekslusippppppp

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D