Pengikut

Rasa Canggung Pasti Ada

Canggung, kalau menurut pandangan pribadi saya adalah sebuah perasaan / sikap yang terbentuk karena suatu pertemuan nyata, saling bertatap muka dan merasa ada gejolak penolakan antara maju atau mundur, situasi ini tercipta dikarenakan tidak bertemunya dua insan manusia dalam waktu yang sangat lama sekali. 



Bertemu teman lama itu menyenangkan sekali. Tetapi apa yang akan terjadi jika rasa canggung itu meenyapa.? Jujur saja saya orangnya pelupa dan males menyapa orang duluan kalau gak penting banget, bukannya sombong tapi saya hanya ingin bercanda atau ngobrol yang sudah tahu saya siapa hehe. Asli pas awal ketemu itu kaku sekali, ya maklumlah beberapa tahun lamanya.




Kejadian ini terjadi ketika selepas acara reunian SD lalu, sembilan tahun itu waktu yang cukup lama. Kita ambil saja contoh sederhananya, jika   kalian bertemu teman SD yang sudah lama tidak bertemu lagi dapat dipastikan akan merasakan "canggung"  kan? Pasti sudah pada lupa kan muka dan sikapnya? Kalau sekarang, sudah pada beranjak dewasa dan perbedaan itu sangatlah jelas.




Ketika dulu cinta monyet sekarang cinta apa ya? hahaha. Dulu masih ceng-cengan sekarang bercandanya tidak begitu lagi. Saya adalah termasuk orang yang pasif jika bertemu dengan teman lama, entah teman lama siapa itu. Pernah suatu saat, ketika lagi di jalan ada seorang yang menegur saya dan memanggil nama saya eh saya malah bengong aja sambil mikir siapa ya namanya. Apalagi jika cowok yang menegur, saya lupa sekali!




Kalau sama cewek kan lebih mudah akrabnya ya apalagi kalau udah cerita pasti langsung keingat siapa namanya. Tapi, tidak hanya bertemu dengan teman lama saja perasaan canggung itu bisa muncul saat kita kopi darat dengan seseorang yang belum kita kenal di dunia  maya dan bertemu di dunia nyata kadang merasakan juga, ya kan?




Saya menganggap rasa canggung saya ini sebagai sebuah kebiasaan buruk. Ya, kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan. Tapi jika saya sudah akrab maka kebiasaan heboh saya keluar deh. Apalagi jika saya sudah merasa nyaman ngobrol dengan orang maka saya tidak pernah menutupi keramaian saya hihihihi. Ya, begitulah sekilas cerita saya tentang rasa canggung. Rasa canggung itu pasti ada dan kalian secara tidak langsung akan merasakannya, apalagi jika kalian sedang berada di suatu acara atau berkumpul dengan teman lama dimana sudah sangat lama tidak berjumpa. Saya yakin pasti ada rasa canggung !




Dulu berteman, sekarang mungkin bisa lebih dari sekedar teman. Berawal dari sebuah sapaan akan menghasilkan senyuman. Semuanya bisa berubah karena waktu. Sebuah rasa pertemanan itu akan selalu ada sampe kapan pun. Ya, pertemanan yang didasari oleh rasa persahabatan dan bisa merubah ke arah serius jika memang begitu jalannya. Tapi sebuah rasa pertemanan dan persahabatan akan selalu tercipta dan terjalin sepanjang masa.



Hayoooo...kalian pernah gak sih ngerasin rasa canggung ? Cerita yuk !



23 komentar:

  1. canggung sih jarang, tapi kalau lupa sama teman lama itu sering apalagi namanya kadang susah di ingat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, namanya juga manusia ya penyakit lupa itu wajar :D

      Hapus
  2. Kalo nggak ada chemestry, aku ya ngerasain jg yg namanya akward moment. tapi kalo kemistri-nya dapet, baru kenal dan ngobrol itu rasanya udah kayak sodara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! Berarti harus ada chemestry dulu mbak sebelum ngobrol sama orang lain, biar bisa akrab :D

      Hapus
  3. Kalo temen lamanya yg nggak akrab akrab banget sieh... emang sering canggung and bingung kudu ngobrol apa... akhirnya cari2 akal dech biar bisa cepet cepet kabuuuuurrr hihihii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabur, cara paling efektif dan terakhir ya mbak hehehe

      Hapus
  4. pernah... sampe bingung mau ngomong apa lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau bingung pegangan aja mbak hehehe

      Hapus
  5. PAsti bakalan canggung Mak, kalau lama enggak ketemu *tapi kalau memang sudah berteman terus ketemu lagi...Inza Allah kecanggungan akan berkurang beberapa menit kemudian dech.

    Waktu itu ada teman lama enggak ketemu, terus rada roaming obrolan hingga akhirnya anaklah topik yang menjadi pelunak obrolan *hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, obrolan yang pas temanya dengan teman yang kita ajak ngobrol pasti akan meleburkan suasana canggung itu ya Mak :D

      Hapus
  6. Hm, kalo saya jarang merasa canggung sih, Mak, apalagi jika teman yang sudah lama ga ketemu itu, dulunya pernah akrab banget, maka biasanya akan langsung nyambung lagi begitu ketemu. Tapi kalo si teman itu, orangnya jutek, rasa canggung yang timbul sebenarnya bukan salah kita lho, Mak, tapi karena situasi yang tercipta, sebelah pihaknya tidak mendukung ke arah yang hangat. :)

    Btw, kalo KopDaran dengan sesama blogger yang udh saling sapa di dunia maya, sensasinya lain lho, bisa langsung akrab. Coba deh, setidaknya, saya dan kebanyakan teman blogger merasakan sensasi itu deh saat kopdaran, bertemu di dunia nyata. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, saya pengen banget bisa ikutan kopdaran blogger. Tapi masih malu soalnya masih pemula hehehe.

      Terima kasih ya Mak untuk sarannya :)

      Hapus
  7. Mak, sekalian saya follow yaaa. Trims.

    BalasHapus
  8. Kalo saya seringnya gini: saya sama A dulu temenan lama, terus beda SMP, beda SMA, beda kampus... Otomatis kami ketemu orang-orang yang beda, melewati hal-hal yang beda, dll. Terus pas ketemu lagi sama si A ini, jadi bingung. Udah nggak "klop" lagi kayak dulu. Jadi awkward.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, itu wajar sih mbak soalnya intensitas bertemunya udah jarang bahkan gak pernah jadi dimulai untuk ngobrol lagi aja :)

      Hapus
  9. Saya enggak pernah canggung, Mak. Biasanya langsung heboh. *putus urat malu* Qiqiqi. Salam kenal, Mak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih..hebat Mak bisa langsung akrab lagi meski sudah lama gak bertemu. Salam kenal kembali Mak :)

      Hapus
  10. Canggung sih enggak soalnya kadang masih sering ketemu walau cuma di sosmed jadi ga bener2 loosing contact. Emang banyak temen SD yang dulunya biasa aja enatah kenapa sekarang terlihat begitu menarik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih komunikasi via social media mah masih bisa diatasin ya. Ya, namanya juga perubahan dari masa kecil menuju masa dewasa :D

      Hapus
  11. Gua juga sering canggung dan suka males nyapa orang. Tapi, bukan karena ngerasa nggak penting tapi lebih ke arah malu -_-"(canggung juga sih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! Wajar kok sifat itu tapi akan berdampak negatif kalau tidak bisa diatasin :D

      Hapus
  12. Rasa canggung untuk menyapa masih bisa diminimalisir. Yang susah itu kalau orang yg kita sapa responnya apa adanya. Mulai canggung deh tu. haha

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D