Pengikut

Tips : Memanfaatkan Waktu Luang di Kantor

Halo Blogger ^^

Bagaimana liburannya? Sudah mulai untuk beraktifitas kembali? Di Jakarta, warganya sudah mulai beraktifitas kembali sejak senin lalu, tepatnya tanggal 4 Agustus 2014. Namun untuk keadaan jalan di Ibu kota masih sangat lengah alias sepi sekali. Menikmati jalanan sepi di Jakarta dan hari pertama kerja setelah liburan itu menyenangkan sebab keadaan seperti ini langka dan hanya terjadi setahun sekali. Bekerja adalah untuk mencari rezeki yang halal, berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan kemampuan sendiri dan belajar mandiri tanpa merepotkan orang tua. Apakah kalian bekerja secara full time tanpa istirahat? Rasanya tidak mungkin! Dan pastinya ada waktu istirahat, yaitu saat jam makan siang.

Nah, kebetulan ini masih awal bulan pasti belum ada deadline pekerjaan yang mengejar, alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan waktu luang meski sedikit untuk hal yang bermanfaat misalnya, update postingan blog hehehe. Pada postingan ini saya akan sharing tips mengenai memanfaatkan waktu luang di kantor. Berikut adalah tips sederhana versi saya :

1. Saat Jam Istirahat Manfaatkanlah Waktu  untuk Membaca Buku

2 buku ini yang selalu menemani saya di kantor
sumber : pribadi
   Setiap perusahaan pasti mempunyai jam istirahat, dan biasanya digunakan untuk merefresh pikiran agar segar kembali. Selain itu, jam istirahat juga dimanfaatkan untuk makan siang. Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan “sedikit” waktu luang untuk membaca buku saat di kantor? Beginilah caranya, selesaikan terlebih dahulu pekerjaan sesi awal yaitu di pagi hari. Saat jam istirahat tiba, setidaknya pekerjaan di sore hari tidak terlalu mendekati deadline hihihi. Nah, setelah jam 12 siang, berarti waktu istirahat tiba, usahakan membawa makanan siang dari rumah, jadi tidak perlu membeli makanan kecuali jika makan siang sudah disediakan dari kantor, jadi tidak membuang waktu. Tapi jarang sekali, kantor di daerah Kuningan –Sudirman menyediakan makan siang untuk karyawannya hehe.  Makan siang cukup lah, sekitar 20-30 menit, setelah itu istirahat sebentar 5 menit dan bisa tuh disambung untuk sholat dzuhur sekitar 15 menit. Nah tadi kan jam 12 + 30 menit + 5 menit + 15 menit = 12:50, berarti masih ada waktu sepuluh menit lagi, jika masuknya jam 13.00. Yuk ah, manfaatkanlah waktu 10 menit tersebut untuk membaca buku, meski tidak bisa mencapai habis, namun setidaknya kamu sudah bisa “memanage” waktu dengan baik, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Nah, sekitar 10 menit dalam membaca buku bisa menghasilkan beberapa lembar halaman, pengetahuan kamu bisa bertambah dan membaca itu mampu membangkitkan semangat dan mood (suasana hati) loh. Namun ada juga yang jam 2 siang baru melanjutkan pekerjaan kantornya, nah sesuaikan saja waktu yang tersisa (istirahat) untuk hal yang bermanfaat.


2. Ngeblog-lah Ketika ada Waktu Luang di Sela Jam Istirahat

Sumber : google
   Selain membaca buku, apalagi sih yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang di kantor? Kalau saya sih, ngeblog. Ya, mencoba untuk kembali aktif kembali di dunia blog maka saya mulai untuk menyicil sedikit demi sedikit tulisan di postingan. Lalu, bagaimana cara saya membagi waktu di jam istirahat dengan ngeblog? Pastinya, yang saya dahulukan ketika jam istirahat sudah tiba yaitu makan siang, kenapa? Karena manusia butuh asupan / tenaga untuk melanjutkan pekerjaan kembali. Nah, bagi kalian yang beragama Islam maka dianjurkan sholat Dzuhur. Nah, setelah itu kamu bisa melakukan aktivitas “hiburan” ataupun “terapi jiwa” yaitu menulis dan ngeblog. Lalu, jika belum ada ide menulis gimana? Kamu bisa mengamati sesaat keadaan di tempat kerjamu, saya percaya setelah mengamati keadaan pasti kalian akan mendapat ide untuk menulis. Jika belum juga, blogwalking, bertamulah ke rumah maya para sahabat blogger. Bacalah postingannya, lalu komentar dan serap ilmunya. Nah, ketika kamu sudah mendapatkan ide untuk ngeblog, bukalah chrome dari handphone atau komputermu, lalu bukalah blogmu dan menulislah. Tulis saja apa yang ingin kamu tulis, usahakan untuk berbagi informasi ya. Dan saya lagi mencoba untuk “kembali” lagi di dunia blog, doakan saya ya semoga postingan blognya bisa update lagi hehehe. Yuuuuuk ngeblog!


3. Tidur Siang untuk Melepas Kepenatan Bekerja

sumber gambar : google
Siapa yang sering menunggu jam istirahat kantor untuk tidur siang, selain untuk makan siang? Ayo ngaku! Tidur siang saat jam istirahat memang perlu, namun tidak setiap hari juga ya kalian memanfaatkan waktu luang untuk tidur mulu. Namun, ketika kalian tidak enak badan, tidur siang dianjurkan, sejenak melepas kelelahan. Meski, hanya tidur siang sekitar 20 menit tapi itu sudah membuat kita lebih nyenyak daripada tidur malam yaitu 8 jam, kenapa? Karena, saat tidur siang 20 menit tersebut, kalian mampu tidur  nyenyak dan bisa mengalahkan rasa kelelahan sesaat dengan istirahat tersebut. Tidur siang saat jam istirahat memang perlu tapi alangkah baiknya jika setiap hari ada variasinya, saat memaanfaatkan waktu luang di kantor untuk hal yang lainnya. 

4. Sharing dengan Teman Kantor

sumber : google
Ingat! Ini sharing ya, bukan ngegosip saat memanfaatkan waktu luang di kantor. Sharing sama artinya bertukar informasi, atau saling memberikan masukan berupa saran ataupun kritikan. Sharing sama teman itu sangat penting, dimana bisa kamu jadikan sebagai bahan evaluasi diri. Tanyakan sama teman kantormu, bagaiman produktivitas saya di kantor bulan ini? Ataupun berbagi tipslah cara mengatasi badmood di kantor dan lain-lain. Sharing mengenai pengalaman pribadi memang diperlukan, tapi jangan terlalu diumbar semua ceritanya. Toh, tidak semua kan teman sharingmu di kantor mampu menjaga rahasia? Maka, sharinglah untuk topik yang bermanfaat, yang mampu membuatmu menjadi pribadi lebih baik lagi. 




Nah, itulah 4 tips sederhana dari saya untuk pembaca blog setia ini, jika ada tambahan silahkan ditambahkan di kolom komentar ya J. Ingat! Manfaatkanlah, waktu luang di kantor dengan hal yang bermanfaat ya karena waktu akan membawa dalam hal kebaikan jika kamu bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya ^^








32 komentar:

  1. hihi...saya termasuk yang suka tidur siang saat istirahat break siang... tapi itu sekali2 lho...kalau mata sudah tak tertahankan karena kantuk...hehe..

    BalasHapus
  2. Boleh juga nih tips nya mbak...
    Saya sih kadang2 saja suka tidur siang. Kecuali pas bulan puasa kemarin, jam istirahatnya full dipake untuk tidur...
    Sekarang kembali normal. Habis makan siang biasanya ngobrol sama teman-teman. Kadang2 sambil ngtwit juga, tapi gak pernah buka blog mah apalagi baca buku...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngobrol sama teman juga seru ya Pak :)

      Hapus
  3. Jam istirahat waktunya mkn,ngopi2 cantik,plus ngerumpi biasanya hihihi

    BalasHapus
  4. Saya memilih untuk blogwalking, Tis. Hehehe

    BalasHapus
  5. ngeblog klo lg kerjaan longgar, jadi pas jam istrhat cukup leyeh-leyeh sambil ngobrol ...hehe

    BalasHapus
  6. hai titis....lama ngg mampir :)...tipsnya oke bangeeet...tapi aku jarang ada waktu luang, lunch aja kadang working lunch, ketemu counterpart et diskusi pekerjaan. Tapi kalau lagi santai, saya prefer ke luar et enjoy the day..:) TFS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah ada mbak Indah :), terimakasih sudah berkunjung kesini hehe

      Hapus
  7. wah mbak, sy belum kerja nih, masih kuliah. bagi tips buat memanfaatkan waktu pas dosen nyrocos dong... heheh :))

    BalasHapus
  8. yuhuiii ... waktu istirahat ya untuk istirahat ... se7 banget, tapi sampai ketiduran pasti semalam, beraktifitas sampai malam2, karena itu saya jarang tidur dikantor. Tapi 3 kegiatan lain yang disebut diatas iyaa ,,, hehehe ... saya langsung angkat tangan. :)

    BalasHapus
  9. saat istirahat, mana mungkin bisa baca buku, kalao ng'blog mah udah pasti...kadang jamistirahat malah kelewatan ..:-)

    BalasHapus
  10. waktu istirahat di kantor, biasanya saya ngeblog dan bewe hehe

    BalasHapus
  11. Saya sepakat sama semua poin poin yang disampaikan dalam tulisan ini. Khusus untuk poin yang terakhir, SHARING, saya berprinsip sejauh itu sharing ilmu pengethauan, wawasan dan cakrawala baru menyangkut pekerjaan sehari hari di kantor, layak untuk saya ikuti dengan berbagi (share) dengan kawan kantor. Hal yang sifatnya pribadi atau personal biarlah untuk konsumsi sendiri.

    BalasHapus
  12. vote no.3. manfaatkanlah waktu istirahatmu semaximal mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaah, pasti suka tidur siang heuheueheu

      Hapus
  13. tidur atau sharing dengan teman,,,itulah yang biasa saya lakukan saat ada waktu luang di kantor........keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  14. Tips keren nih buat yang kerja kantoran..
    suka juga sama tujuannya, jadi bisa memanage waktu dan gak ada waktu yang terbuang percuma. sipp banget kak {y)

    BalasHapus
  15. Di manfaatkan untuk blogwalking biasanya, kalau aku ya.

    BalasHapus
  16. seringnya sih saya makan sambil ngobrol, sholat, trus tidur sebentar.. :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D