Batik Warisan Budaya Indonesia

Selamat Malam Indonesia ^^


Iya, berhubungan malam ini penyakit insomnia saya lagi kumat maka pada kesempatan ini saya akan memposting tentang salah satu warisan budaya Indonesia yaitu batik. Jika berbicara tentang batik maka kita akan mengingat kota Pekalongan kan ya? Sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah dimana menghasilkan batik yang bagus dan ber"kelas". Namun, untuk berbicara batik sendiri tidak akan mengkerucut pada kota Pekalongan saja, banyak daerah di Indonesia mempunyai ciri khas batiknya, misalnya kita temui batik Solo, Yogyakarta, Semarang dsb. 



Ya, tidak lupa saya ucapkan "Selamat Hari Batik" khususnya untuk Indonesia yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, dimulai sejak tahun 2009 oleh UNESCO ( United Nations Educational Scientific and Cultural Organization ) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).  Berdasarkan informasi yang saya kutip melalui Wikipedia Indonesia mengenai batik, batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia  (khususnya Jawa) sejak lama. Nah ! Berhubung batik sudah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya Indonesia kita sebagai orang Indonesia harus bangga dong dengan kebudayaan sendiri. Kalau menurut saya , cara menghargai "mereka" para seniman dengan cara : kita sebagai generasi muda harus menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari misalnya, jika kalian mahasiswa / mahasiswi gunakanlah kemeja batik saat-saat pas kuliah. Saya dulu bersama dengan teman perempuan saya pernah kompakan loh saat memperingati hari batik, namun sedihnya foto itu saya cari gak ada jadi maafkan kalau tidak bisa di publish pada postingan ini.

Oh iya, bukan kalangan mahasiswa-mahasiswi saja yang wajib menggunakan batik namun untuk kalangan kantoran / kerja ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya menggunakan pakaian batik misalnya hari jumat. Dan batik sendiri pun bisa dipakai secara santai dan formal juga loh. Kita juga sering menemukan batik couple pada saat kondangan, selain untuk mempercantik atau membuat kita bangga dengan budaya Indonesia kita juga sudah turut andil dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Saya berharap semoga para seniman batik ini lebih mengutamakan hasil karya bukan hanya keuntungan semata sehingga bisa menghasilkan karya yang menakjubkan dan indah dipandang mata. Untuk pemerintah, semoga lebih memperhatikan seniman batik, misalnya mendorong terciptanya UKM dengan memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mengembangkan dan memajukan usaha batiknya ( re : modal usaha ) dan untuk masyarakatnya bisa menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud kebanggaan dan menghargai para seniman tersebut dengan membeli produk dalam negeri tentunya.

Saya cinta produk Indonesia, oleh karena itu berbanggalah menggunakan batik ! Tunjukan pada dunia kalau batik adalah warisan budaya yang tidak akan luntur termakan zaman dan akan selalu ada di bumi pertiwi, Indonesia ! Batik juga tidak selalu identik dengan kemeja saja, ada tas, kain, rok, gantungan kunci atau perabot rumah tangga yang serba batik.


sumber : google

Selamat Hari Batik ^^

Sudah kah kalian berpakaian batik ? Ceritakan yuk !


11 komentar

  1. batik bukan sekedar motif tapi sistem.

    BalasHapus
  2. Sudah.. pake batik setiap Jum'at ;)

    BalasHapus
  3. Wah saya baru tau, batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya

    BalasHapus
  4. Inget Batik selalu jadi rindu dengan Ibu dan Nenek..

    BalasHapus
  5. Inget Batik selalu jadi rindu dengan Ibu dan Nenek..

    BalasHapus
  6. motif batik yang sekarang keren-keren banget, cocok untuk kalangan muda, makanya sekarang anak-anak muda pada hunting batik, karena emang batik juga mengikuti perkembangan jaman, khususnya untuk motif-motif yang kece abis

    BalasHapus
  7. Aku suka batik, karena batik itu kecuali unik juga memuat banyak filosofi, jadi bisa buat belajar

    BalasHapus
  8. bisa buat nih buat desain batik..yang lagi cari cara buat scrapbook nih..

    BalasHapus
  9. aku lagi pengen punya batik dalam bentuk gamis nihh

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D