Pengikut

Tips : Mencari Kelebihan Sendiri

Sumber : Viva log 
Hmmmm...sering gak kalian yang mendengar pertanyaan yang diajukan untuk diri sendiri misalnya, kelebihan aku apa ya? . Saya dulu sering sekali bertanya pada diri sendiri seperti itu dan saya sendirilah yang mengetahui jawabannya. Ya, melalui postingan ini saya mencoba untuk membantu kalian dalam menemukan kelebihan sendiri meski hanya secuil saja.


Kelebihan sendiri? percaya lah setiap orang diciptakan oleh Tuhan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Bahkan orang yang memiliki keterbatasan pun memilki segudang kelebihan. Betapa bangganya mereka ! Ada yang jago melukis, berenang, memainkan alat musik, betapa bangganya kita sama mereka semua. Nah ! mereka aja optimis kok meski dalam 'keterbatasan", kenapa kita yang yang sempurna karena fisik tidak mengetahui kelebihan yang ada pada diri kita. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang kau punya kamu harus yakin dulu pada diri sendiri bahwa saya mempunyai kelebihan . Nah, setelah itu baru deh kamu mengeksplor lagi lebih luas. Dalam mengeksplor diri lebih luas bisa menjadikan patokan untuk mencari kelebihan mu . 

Kalau menurut saya pribadi, mengenali kelebihan sendiri bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :


1. Kenalilah Kesukaan / Hobby yang Kau Sukai

Ya, melalui kalian mengenali kesukaan atau hobby yang dimiliki maka dengan mudah kalian akan mengenali kelebihan sendiri yang kalian punya, misalnya : kalian suka menulis, menggambar, otomotif dll. Kita ambil saja contoh sederhana , jika kalian suka menulis diary pada masa bangku sekolah dasar, kalian bisa menjadikan itu sebagai modal awal kelebihan yang kalian milki. Pasti, tanpa disadari jika kalian membaca buku diary di masa kini secara tidak langsung kita berasumsi ternyata saya bisa menulis sebagus ini ya, minimal bisa menuliskan cerita atau di masa mendatang bisa menulis novel juga hehe. Dan contoh yang kedua adalah menggambar. Semua orang memang bisa menggambar namun hanya sebagian saja yang mampu menggambar dengan sempurna obyeknya. Terus cara mengenali kita bisa menggambar gimana? mudah sekali. Kalian bisa mengambil pensil, kertas dan penghapus setelah itu coba kalian gerakan tangan kalian, ketika memulai membuat suatu gambar apakah kaku atau rileks saja? jika rileks dan biasa aja serta bisa menghasilkan gambar obyek yang hampir menyerupai bentuk aslinya, dapat dipastikan kalian mempunyai kelebihan yaitu menggambar. Untuk contoh selanjutnya, kalian bisa menafsirkan sendiri ya.

2. Berkumpulah dengan Komunitas

Komunitas? sejujurnya kalau berbicara komunitas saya termasuk orang yang jarang bergabung, sering merasa terasingkan saja ketika bertemu dengan teman baru. Komunitas di sini bisa berupa komunitas menulis, potographer atau komunitas pecinta robot ( LF ).  Memang, untuk pertama kali terjun ke dalam komunitas butuh teman dulu ya, misalnya mengajak teman yang sehobby. Nah, saat kamu bermain / melihat aktivitas komunitas itu maka kalian akan ada rasa "tertarik" sedikit dengan aktivitas mereka. Bisa kita ambil contoh : saat kita melihat komunitas robot  LF ( Line Follower ) sedang berdemo mempromosikan komunitasnya, maka kita bisa melihat apa saja yang akan menjadi kegiatan kita selama bergabung pada komunitas tersebut. Saat komunitas itu sedang berdemo suatu robot Line Follower atau robot yang berjalan sesuai dengan garis hitamnya, maka kita sebagai penonton akan terlena melihat aksi robot tersebut dan dalam benak kita akan ada pertanyaan gimana sih tuh robot bisa begitu, programnya terus komponennya gimana ya? Nah ! melalui pertanyaan sederhana tersebut, maka dapat dipastikan kalian tertarik untuk mempelajarinya. Setelah kalian bergabung dengan komunitas tersebut , secara perlahan-lahan kalian akan mulai menyukai proses pembuatan robot tersebut. Mulai deh , kalian lakukan dengan serius dan fokus jika klian mendapat "feel" maka dapat dipastikan kelebihan kalian ada di situ.  Siapa tahu di masa mendatang kelebihan kalian bisa menciptakan sebuah robot yang membanggakan Indonesia.

3. Berkunjung ke Toko Buku

Berkunjung ke toko buku sama mencari kelebihan sendiri apa hubungannya ya? begini maksud pernyatan saya, jika kalian suka berkunjung ke toko buku maka kalian akan muter-muter tuh ya di toko buku. Nah, di sini kejelian mata kita diuji. Jika kalian sering mengunjungi buku bacaan yang mengenai masakan maka dapat dipastikan kalian ingin mencoba dan mempelajari resep makan tersebut. Apalagi jika ada menu masakan favorit kalian bisa langsung di praktekan kan di rumah nanti. Setelah membeli buku bacaan mengenai resep makan tersebut maka bagi yang suka memasak mulai menyadari bahwa kelebihan saya adalah memasak. Mungkin ada juga yang suka membeli buku tentang motivasi, siapa tahu bisa mengikuti jejak para motivator idolanya menjadi motivator, kelebihan yang dilihat awalnya adalah suka berbicara di depan umum dan jago berdebat dalam hal positif ya.

Namun, selepas apapun kelebihan sendiri yang kalian milki, cobalah tanyakan pada hati kecil anda. Secara tidak langsung, 3 tips sederhana dari saya dapat membuka atau mengeksplor kelebihan yang masih terkunci dalam diri kalian semuanya. Jika tulisan saya bermanfaat untuk anda dan orang lain bisa di share kok melalui google plus atau social media. Mari kita sebarkan benih yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain juga :)

Selamat menemukan kelebihan sendiri ya ! Jika sudah menemukan, bisa di ceritakan melalui komentar di sini atau mempunyai tips lain, boleh juga kok :)


37 komentar:

  1. saya juga menemukan bakat saya ketika berkunjung ke toko buku, saya menemukan buku "Happy Writing" (lupa nama penulisnya), dan saya jadi sadar kalau saya sangat suka menulis ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, akhirnya menemukan bakat juga ketika berkunjung ke toko buku :)

      Hapus
  2. hehe...
    yup setuju untuk yang pertama dan kedua. daripada berpikir apa kelebihan kita? sebaiknya mulai mencoba melakukan secara maksimal apa yang kita suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! Dengan kita melakukan secara maksimal sesuai apa yang kita sukai maka secara tidak langsung itu-lah kelebihan kita :)

      Hapus
  3. initinya biarkan hati kecil yang menjawab, klo hati kecil kecil ga bisa jawab coba googling aja niscaya anda akan terlihat bodoh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha...idenya itu loh kadang membuat saya menghela nafas panjang :D

      Hapus
  4. kalau ditanya apa kelebihan saya.. ehmmm... dengan sepenuh hati saya menjawab "bisa menulis,membaca dan berhitung" xixixi :P

    BalasHapus
  5. Saya juga mengawali dunia menulis dari ketelatenan menulis di dyari kok Mbk. Hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ternyata diary itu berperan penting ya mas Imam untuk hal menulis :)

      Hapus
  6. ini nih penting buat persiapan wawancara kerja, huahaahaha....
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan ini pasti sering dilontarkan ya mas Ari saat wawancara kerja huaaaaaahaaa.

      Hapus
  7. Hihihi chi baru tau tuh ke toko buku juga bisa juga jadi cara untuk menemukan kelebihan diri sendiri, soalnya tiap chi ke toko buku yang dicari selalu beda-beda, nggak melulu itu sist :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih berdasarkan pengalaman saya Chi, bagus tuh kalau ke toko buku mencari yang berbeda-beda biar gak bosen *gagal fokus*

      Hapus
  8. Ya.. semua manusia memiliki kelebihannya masing2, tinggal bagaimana manusia tsb bisa mengeksplor kelebihannya itu

    BalasHapus
  9. iya ini penting ya mbak, kemarin2 sih kerasa pas lagi wawancara kerja terus disuruh tulis kelebihan sama kekurangan diri sendiri.. lah pas prakteknya malah bingung sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! saya juga mencoba untuk membantu "mereka" yang mengalami kesulitan menemukan kelebihannya termasuk saya hehehe.

      Hapus
  10. inti awalnya di Hobby ya mbak.. itulah pendeteksian kelebihan kita di awal... hmm aq apa yaa, sip2 perlu diexplore nih. makasih mbakl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dari hoby bisa menjadi kelebihan hehe. Sipp..selamat mengeksplor diri ya :D

      Hapus
  11. Hmm.. kelebihanku apa ya? *langsung kerjain step by stepnya aahh* ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba mbak , semoga berhasil ;)

      Hapus
  12. Aku masih sulit,,,, kelebihanku apa -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh..pasti setiap orang mempunyai kelebihan kok ^^

      Hapus
  13. kalau ditanya hobi, hobi sih blogging, didalam blogging tentu ada sedikit skill dalam menulis, kesimpulannya kelebihannya menulis ya?? _ _"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, berarti salah satu kelebihan mas Sabda menulis, kan penulis hehehe.

      Hapus
  14. Kelebihanku apaan ya? banyak hal yang aku suka sih haha, dari desain-gambar-ngeblog-sampai tidur. hahaha tapi lebih suka ke desain dan gambar.
    Tipsnya membantu banget nih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! coba di eksplor lagi ya kelebihannya, semoga bisa bermanfaat juga.

      Hapus
  15. Mungkin kalau pendapat saya hal seperti itu memang harus diasah Mbk.

    Agar kita lebih pede dan menyatu dengan beberapa teman, sosok yang pendiam memang cenderung menghasilkan pengaruh kurang pergaulan dari pada yang gemar bersosialisasi.

    Saya sudah pernah merasakan bagaimana nikmatnya berkumpul dalam suatu komunitas. Kita bisa sharing, berbagi, dan membantu satu sama lainnya.

    Maka bahagialah kita dapat masuk kedalam komunitas menulis ini. Secara tidak langsung kita sudah berusaha berbagi.

    Terima kasih artikelnya Mbk. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Imam. Saya juga merasakan dampak positifnya bergabung di komunitas menulis ini, berbagi cerita itu seru dan menyenangkan ya :)

      Hapus
  16. Segera dipraktekan deh mak :D suwun ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mak Hana, sudah sering berkunjung ke sini :)

      Hapus
  17. kelebihanku cm 1: kelebihan asam lambung haha

    BalasHapus
  18. 1 hobinya menulis, 2 komunitasnya warung blogger.
    Nah kenal mba deh :)

    3 Tapi kalau saya ke toko buku kenapa paling iseng liat style" hijab ya hikhiks ^_^

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah...ketiganya yang memang saya suka...nice post,mbak :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D