Pengikut

Tips : Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Yuk kita saling sharing di sini ^^

Sumber gambar : google
Pernah merasakan penyakit lupa? Ya, penyakit lupa ini sangat rentan sekali terjadi. Penyakit lupa ini tidak hanya menyerang kaum tua saja, bahkan ada kaum muda yang usianya masih relatif muda sering terkena penyakit lupa hehehe. Salah satunya adalah saya, namun saya lupa gak terlalu sering banget sih palingan kalau lagi banyak pikiran atau urusan maka saya mudah lupa, misalnya lupa menaruh suatu barang di tempat A eh ternyata saya mencari di tempat B alhasil tidak akan menemukan barang yang saya cari. Hayoooo...kalian sering kah dilanda oleh penyakit lupa juga? Okelah, saya akan berbagi cerita sekadarnya saja sesuai dengan pandangan pribadi saya ya :)


Ya, penyakit lupa itu sangat rentan ketika kita "dipaksa" untuk "mengingat" sesuatu. Seperti yang sudah saya ceritakan, saya akan rentan terkena penyakit lupa jika harus mencari sesuatu barang namun saya lupa menaruh barang itu dimana letaknya. Selain itu, saya paling tidak bisa mengingat atau sering lupa password. Peristiwa ini saya rasakan dan terjadi belum lama ini, ketika saya ingin log-in ke salah satu situs cpns buat mencetak kartu peserta ternyata saya salah password namun pada situs itu tidak dijelaskan kalau salah password. Sebenarnya, saya sering menggunakan password yang sama dengan yang lainnya, namun karena tidak bisa alhasil saya menggunakan password yang lain. Kesalahan saya terjadi ketika secara spontan saya ketik huruf yang kemudian menjadi sebuah kata dan itu langsung berhasil. Dan kemudian harinya, saya justru lupa sekali dengan password tersebut. Nah ! Saya belajar dari kesalahan yang kemarin dan pengalaman kemarin adalah pengalaman yang sepele namun berarti sekali kedepannya.


Pada kesempatan ini saya akan membagi tips sederhana versi saya, mengenai cara mengatasi penyakit lupa. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini adalah tipsnya :

1. Sediakan Labels di Sekitar Anda
 
   Pasti tahu dong labels? Itu loh yang bewarna putih seperti kertas namun ini ada perekatnya berupa lem jadi bisa juga ditempel di bagian binder atau lainnya. Kegunaan labels ini sangat berguna sekali loh, misalnya ketika kalian lagi mengakses situs dan mendaftar dengan password yang berbeda dengan password yang biasa Anda gunakan sebelumnya, oleh karena itu, kegunaan labels ini sangat berperan penting. Ya, sebelum kalian mengklik kata yang akan Anda gunakan untuk password tersebut, kalian bisa menulis terlebih dahulu di labels, sehingga ketika terjadi kelupaan ussername atau password kalian tidak akan kalang kabut, resah atau gelisah karena kalian telah mencatatnya di labels tersebut. Mudah kan? :)

2. Back Up Kembali di Memo Hp

    Ya, setelah cara pertama Anda sudah melakukannya, untuk mencegah labels tersebut hilang atau lupa menaruhnya sebaiknya back up kembali data tersebut di memo hp. Ya, melalui back up tersebut kalian bisa meminimalisasikan kelupaan. Saya pun, sekarang sedang mencoba kegunaan memo di hp dan ini sangat berguna sekali ketika kita lagi sibuk dengan aktivitas atau pikiran yang sedang melanda. Catatan di memo bisa kita buka kembali di kemudian hari. Iya kan?

3. Refresh dan Tenangkan Kembali Pikiran

    Refresh dan tenangkan kembali pikiran dengan maksudnya , yaitu, ketika kita sedang banyak pikiran dan kita harus mengingat kembali suatu barang yang kita taruh namun kita lupa tempatnya. Ya, namanya penyakit lupa itu tidak bisa dihindarkan, namun saat kalian harus segera menemukan sesuatu itu mungkin bisa di refresh dan tenangkan kembali dulu pikirannya, ini sangat berguna setidaknya saat pikiran kita sudah tenang maka kita akan bisa fresh lagi dan mudah-mudahan bisa segera mengingatnya kembali.

4. Konsumsi Brokoli
 
    Loh, kok brokoli? Apa hubungannya? Begini maksud saya, waktu itu ketika saya sedang menonton televisi sayuran brokoli ini sangat berguna untuk mengingat / daya ingat. Mungkin, ada yang daya ingatnya lemah, jadi sayuran brokoli ini bisa membantu apalagi saat-saat lagi ujian ya, penyakit lupa untuk menjawab jawaban sangat fatal sekali hehe.

Jangan dipaksakan ketika kita sedang dilanda banyak pikiran untuk mengingatnya, bahkan ketika pikiran tidak memikirkan apapun masih sangat sulit untuk menemukan dimana sesuatu yang kita cari. Jadi, begitulah kira-kira 4 tips sederhana dari saya dalam mengatasi penyakit lupa. Semoga penyakit lupa bisa diminimalisir-kan dan jangan menjadi kebiasaan buruk ya penyakit lupa tersebut.


Kalau kalian sering lupa apa? Yuk ceritakan !




    

20 komentar:

  1. sy termasuk yg pelupa, kyknya boleh dicoba nih tipsnya. thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..selamat mencoba bunda nya Keke Naima, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Saya dan suami termasuk orang yg pelupa. Yg sering sich lupa naruh kunci, lupa pin atm juga pernah 2x. Hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh...penyakit lupa itu sangat menganggu ya mbak -,-

      Hapus
  3. bener mbak, yang paling saya gunakan hp, tulis memo dihp, kadang disertai alarm juga lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Sabda..saya juga mempergunakan itu untuk mengurangi penyakit lupa saya.

      Hapus
  4. Paling sering lupa naroh kunci motor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..asalkan jangan lupa sama motornya aja ya mbak hehehe.

      Hapus
  5. saya malah bisa dibilang penyakit lupanya sudah akut banget.paling lupa kalo udah naroh barang, pernah juga mo kedapur niatnya mo minum, eeh malah ambil piring sama nasi, padahal baru aja makan sebelumnya. baru ingat setelah nasinya keisi...hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...iya tuh Mbak, penyakit lupa seperti itu membuat kita menjadi kebiasaan ya. Saya juga pernah mau ngambil apa eh yang diambil apa :D

      Hapus
  6. Sy juga tipikal orang yang pelupa dan sering ngerasa kesel sendiri kalau ada hal penting yang terlupa :( hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak pelupa itu memang kadang membuat kesal apalagi jika kita harus dipaksa untuk mengingatnya :D

      Hapus
  7. Wah baru tau kalo brokoli buat menambah daya ingat, hehe...trimakasih sudah share ya mba. Saya ijin follow blognya. Template nya adem deh....Jika berkenan follow balik ya mba. Salam hangat dari anak Sulawesi ^^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama"..terima kasih juga sudah berkunjung ya :)

      Siap..saya akan bermain ke blogmu kok, tunggu ya :D

      Hapus
  8. ini kayaknya penyakit turunan dan menular, sama kaya HIV lupa juga blm ada anti virusnya. klo gw mensiasati lupa bisanya dengan banyak mencatat, malangnya tulisan gw lebih abstrak dari kemacetan jakarta jadinya ga jarang gw bingung baca catetan gw sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...om Yandhi ini komentarnya ya..hehehe. Ya, semoga dengan mencatatnya bisa mengingat kembali ya :D

      Hapus
  9. Saya pernah lupa narok kacamata.. Hmm,, Udah lah jadi makin tambah susah nyarinya! Gak kelihatan!! Heheh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..jangan sampe nabrak ya kalau jalan :p

      Hapus
  10. Keren postingannya. Izin blogwalking ya. Mampir dong, di azizkerenbanget.blogspot.com. Banyak postingan yang keren, menarik, dan kece. Mampir ya, salam kenal :)

    BalasHapus
  11. Dari empat tips yang telah disampaikan Mbak Titis, kayaknya baru nomor 3 yang sudah pernah saya praktikkan. Yang lainnya perlu dicoba nih...

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D