Pengikut

Tips : Menikmati Perjalanan Mudik dengan KAI

Selamat datang musim hujan :D

Ya, bulan Januari ini kita akan bersahabat dengan hujan hehehehe. Oh iya, pada kesempatan ini akan berbagi tips bagaimana menikmati perjalanan mudik dengan KAI dengan nyaman. Jujur saja, "mudik" atau bepergian jarak jauh saya lebih nyaman menggunakan jasa KAI. Dan kalau menurut saya, biar mudik Anda nyaman bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan kereta api. Maka akan saya share tips sederhana hehehe. Berikut adalah tipsnya :

1. Pastikan Anda Sudah Memiliki Tiket Kereta Api

Ya, pastikan Anda sudah memiliki tiket kereta api, jika belum dan bagi yang pesannya mendadak seperti saya bisa dibaca Tips : Memburu Tiket Kereta Api Secara Online . Jika Anda membelinya di rekanan bisnis KAI maka wajib menukarkan struk tersebut ke stasiun yang dituju, untuk daerah Jakarta ada di Stasiun Senen.


2.  Tukarkan Struk Pembelian di Stasiun yang Dituju

Jika Anda memilh memesan tiket kereta api dari rekanan bisnis KAI seperti Indomart sebagai contohnya, jangan lupa untuk menukarkan struk tersebut. Cek kode booking yang ada di struk tersebut kemudian Anda menuju ke tempat penukaran tiket.


Catatan, jika Anda tidak bisa caranya mengeprint saat ingin menukarkan struk tersebut, jangan lupa minta petugasnya untuk membantu mengeprint. Berdasarkan pengalaman saya saat di Sts Senen, ada beberapa yang belum mengerti caranya mengeprint tiket secara otomatis. Saran saya kepada KAI, tolong dong siapkan petugas yang standby di daerah pengeprintan tiket. Foto di samping ini saya ambil saat lagi di Stasiun Poncol, Semarang.


3. Simpan Kereta Api Anda dengan Baik

Setelah Anda sudah memiliki tiket secara fisik, simpan dengan baik tiket kereta Anda, Soalnya, selain di tempat registrasi tiket kereta api harus ditunjukan sebagai bukti dan saat sudah di dalam gerbong kereta (saat sudah di dalam kereta) tiket tersebut harus diperiksa juga sama petugasnya. Jika Anda tidak memiliki tiketnya, maka akan didenda seharga tiket :). Jadilah, warga Negara yang baik dengan membeli dan memiliki tiket kereta api :) .


4. Siapkan Perbekalan yang Cukup

Nah, tahap terakhir adalah siapkan perbekalan yang cukup ya dari makanan, minuman hingga obat-obatan. Jujur saja, sekarang kereta api sudah nyaman sekali dan saat menuju ke Semarang dengan kereta Gumarang, mantep deh ontime sampai di stasiun Semarang Tawang dan AC nya pun semakin membuat nyaman penumpangnya.


Dan jangan lupa berdoa ya, semoga perjalanan mudiknya selamat sampai di tempat tujuan ^^



Bagaimana perjalananmu dengan menggunakan KAI? Bisa diceritakan di kolom komentar, ditunggu ! :)



34 komentar:

  1. selamat malam mbk Titis, apa kabar nih?
    seumur-umur belum pernah naik KAI mbk, izin nyimpen tipsnya dulu siapa tau nanti diperlukan. makasih infonya..

    BalasHapus
  2. wahh makasih banget banget tipsnya mbak Titis. Aku belum pernah mudik pake kereta. Seringnya bawa kendaraan sendiri...Kebayang capenya :(..Naik kereta banyak yang bilang enak dan nyaman, berbeda dengan jaman dulu.. Cuma jarak stasiun Senen dari Cilengsi..hehe lumayan..jadi rada males ke Senennya...Tapi Insya Allah mau liburan ke Malang, pengin coba "ngabolang" naik kereta...Seru kayaknya ;)

    BalasHapus
  3. Tipsnya buat peganan nantinya, mbak. secara saya baru sekali (dua kali sama PP) naik kereta. itu pun pas jaman kuliah. haha, niatnya nyoba saja sih, dari Malang ke Surabaya. dalam hari itu juga balik :D

    BalasHapus
  4. Daku sering banget pulang mudik atau sekarang ini kalau ke Jakarta, pasti naik kereta api.
    Kalau mudik naik mobil sendiri, nggak tahan perjalanannya yang suka macet :D

    BalasHapus
  5. Terima kasih mbak Titis tipsnya, sudah lama saya tidak naik kereta api gara2 tinggal di Papua dan Bali. Mendengar ribetnya beli tiket, saya jadi malas naik kereta api, tapi tips indah agaknya membuat saya penasaran ingin mencoba menggunakan jasa KAI bila pulang ke Jawa nanti. TFS mbak

    BalasHapus
  6. Sama, Mba saya jg sering bw makanan sendiri, biar irit hehehe.

    BalasHapus
  7. KA sekarang pada naik 2 kali lipat mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi bulan maret turun lagi mbak :)

      Hapus
  8. Huahua... Naek kereta cuma 2 kali, awal di Jogja 2009 sama 2012 dari solo ke Jogja. Kebiasa pulang Jatim pake bis soalnya murah. Hehe.. Lupa rasanya naek kereta. Haha

    Salam kenal by adibriza(dot)com

    BalasHapus
  9. Aku termasuk orang yang gak bisa duduk berlama-lama dalam kendaraan. terakhir naik kereta terjauh dari jakarta ke jogja abis gitu langsung teparrrr.. jadi selama ini mudik selalu anik burung besi haha

    BalasHapus
  10. q dulu suka naik kereta ekonomi,asik,seru,banyak yang jual jajan hahaha...tapi nggak pernah bawa bekal soalnya cuma sejam ^^

    BalasHapus
  11. Tiket KA katanya naik mbak, bener? Ohh ada ACnya jg ya..ga pernah naik KA-pengen

    BalasHapus
  12. Betul, harus ada perbekalan yang cukup. Punya 2 anak yg seneng ngemil jadi takut mereka kelaparan. Kalo mereka lapar biasanya agak rewel. Bisa aja sih belanja di kereta, tap tenu lebih mahal ya. saya biasanya beli di dekat rumah atau minimarket buat sekali jalan :)

    BalasHapus
  13. buatku PT KAI sekarang lebih bagus, sangat bagus

    BalasHapus
  14. aku dulu pernah naik kereta ekonomi, tapi panas banget. udah kapok, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, sekarang sudah pada BerAC keretanya

      Hapus
  15. Belum pernah nyobain kereta api :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain dong mas Fikri naik kereta apinya hehee

      Hapus
  16. Belum pernah naik kereta api. hihi..... pengen juga nyobain.

    BalasHapus
  17. aku sangat menikmati berpergian pakai kereta, pun kereta jarak jauh atau commuterline.

    tapi seminggu lalu aku dapet tiketnya muahaaaalllll.... kereta ekonomi yg biasanya 50rb jadi 120rb. hiksss.... hehehehe... tapi per 1 maret alhamdulillah harganya sudah kembali normal lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, kereta itu transportasi umum yang mampu membuat nyaman

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D