Pengikut

Tips : Memburu Tiket Kereta Api via Online

Hai bagaimana perkembangan menulisnya? Semoga tetap semangat ya! Untuk kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya nih, dimana beberapa waktu lalu sempat dibuat "pusing" sama tiket kereta api. Begini ceritanya, awal tahun baru 2015 saya berencana ingin mudik ke Semarang untuk bersilahturahmi dengan bude dan sekalian juga mengunjungi makam mbah Kakung saya. Baiklah, langkah pertama saya ada menuju website KAI (Kereta Api Indonesia) untuk mengecek apakah tiketnya masih tersedia atau tidaknya, kemudian ke menu reservasi tiket. Dan pilih tanggal, stasiun asal, stasiun tujuan dan untuk berapa orangnya lalu klik menu tampilkan. Seperti contoh di bawah ini .



Nah, setelah di cek jika masih ada tulisan booking, maka dapat dipastikan tiket kereta masih tersedia. Lalu langkah kedua adalah kalian bisa datang ke tempat yang telah bekerjasama dengan KAI seperti Indomart, Alfamart dll. Namun ada sedikit peristiwa saat saya ingin memesan tiket kereta api di salah satu rekanan bisnisnya, setelah saya pantau dari android hape saya untuk tanggal yang saya inginkan ada, namun setelah datang ke lokasi rekanan bisnisnya sudah tidak ada alias habis. Maka, dalam postingan ini saya akan memberikan tips sederhana untuk memburu tiket kereta api via online. Berikut adalah tipsnya :
 
1. Siapkan Smartphonemu untuk standby di website KAI
 
Ya, siapkan smartphonemu beserta paketan internet kemudian jelajahi situs KAI. Lalu update terus untuk setiap menitnya, soalnya saat jam 16.00 kamu melihat ada tuh tiket untuk jadwal pemberangkatan, jika kamu ingin "reservasi" cepat kamu bisa langsung booking dan untuk pembayarannya bisa langsung di transfer hehehe. Atau saat kamu ingin pesan melalui rekanan bisnis kereta api, kamu bisa mengukur jarak antara rumah ke rekanan bisnis kereta api, takutnya peristiwa yang saya alami terulang lagi ketika saya datang ke salah satu rekanan bisnis KAI eh keretanya sudah habis.
 
2. Jangan langsung datang ke Senen atau ke Stasiun yang dituju
 
Loh, maksudnya apa sih pernyataan saya diatas ? Begini, saat kamu melihat di website KAI bahwa untuk tanggal yang kamu tuju ada, jangan langsung datang ke Senen untuk memesan / membeli tiketnya soalnya perputaran waktu di website KAI perdetik, jadi tiketnya cepat habis. Sesuai dengan pengamalan saya, waktu itu saya langsung datang ke Senen eh pas sampai disana tiket sudah habis dan loket sudah ditutup. Alhasil, saya tidak dapat tiket kereta api dan sia-sia hihihii. Kecuali, jika jarak rumahmu ke stasiun yang dituju dekat boleh lah langsung "ngesot" kesana hehehe.
 
Saran aja sih buat KAI, kalau misalnya di websitenya masih ada tiketnya, tolong juga dikasih tahu tiketnya masih tersisa berapa gitu jadi kami para penumpang bisa menerka dan mengukur jika harus ke rekanan bisnis KAI ataupun ke stasiun yang dituju. Jadi, tidak kehabisan tiket saat sudah datang ke rekanan bisnis KAI ataupun ke stasiunnya. Saat kita beli di salah satu rekanan bisnis KAI nanti akan diberikan struk dan disana bukan menukarkan struk lagi tapi langsung dari PC touchscreen, masukin kode booking lalu di print deh. Untuk selengkapnya, akan saya bahas di postingan blog selanjutnya hehehe.
 
Nb : waktu itu saya pesan tiket kereta api mendadak hihihi
 
FYI, loket kereta api di Senen dibuka dimulai dari jam 7 pagi sampai 7 malam.
 
 
 

17 komentar:

  1. Sy pelanggan KA mba. Biasanya pesen 90hari sebelum hari H. Klo hari libur harus stand by malem2 biar dapet.
    Di web KAI ada kok info tempat duduk yg kosong. Sy pesan online trus tinggal cetak di stasiun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sama komentar ini...

      stand by malem2 di H-90 pun belum tentu dapet tiketnya
      #pengalaman

      Hapus
    2. Kalau rame emang rada susah dapat tiketnya hihihi

      Hapus
  2. wah,saya belum beli tiket KA via online,langsung datang gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jaraknya dekat enakan langsung datang Mak :)

      Hapus
  3. mantap tipsnya,
    minggu depan saya rencana pingin bogor, bisa dicoba :)

    BalasHapus
  4. Dulu saya suka beli di reservasi yang lokasi di sebelah stasiun tapi masih dalam komplek. Ada biaya reservasi.
    Pernah juga beli di alfamart yang dekat rumah, ternyata lebih mudah, juga nambah biaya jasa, nggak apa-apa daripada jauh2 ke stasiun.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. saya juuga mudik biasanya pake KA mak..pesen di indomaret atau online :)

    BalasHapus
  6. saya belum pernah pesan tiket KA by online mak...

    BalasHapus
  7. Baru tau kalo bisa lewat online, setahu gw sech bisa beli di indomaret :-0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa om Cumi booking via online di websitenya

      Hapus
  8. Tips yang oke! Bt, kamu sudah unduh aplikasinya di palystore kan, Tis?

    Lebih praktis lho.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D