Pengikut

Serempak dalam Inovasi untuk Perempuan Indonesia

Sesi foto bersama : sumber twitter Serempak



Mas Adi
Selamat Siang ! Gimana perayaan 17 Agustus di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda? Pasti seru! Pada postingan ini saya akan share mengenai portal khusus untuk menampung aspirasi dan kreativitas perempuan dan anak Indonesia, penasaran? Yuk, kita kenalan dengan Serempak! Sebelum membahas lebih jauh mengenai serempak itu apa dan bagaimana, yuk simak dulu cerita saya dalam
mengenal Serempak ini. Ya, berhubung saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara yang digagas oleh Serempak yang bertempat di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Pada sesi pertama menghadirkan Mas Adi dari komunitas robot untuk temanya "Maker Movement". Saya seperti flashback pada sesi pertama ini karena mengingatkan saya beberapa tahun lalu dimana pada masa kuliah pernah belajar robot. Ya, Mas Adi sebagai founder dari komunitas robot dimana menjelaskan bahwa sudah saatnya generasi muda  untuk merubah pola pikirnya dari konsumen menjadi produsen. Dalam kesempatan ini Mas Adi juga mengajak para blogger untuk membantu para "Maker Movement" ini untuk memanfaatkan posisinya untuk menuliskan proses pembuatan robot tersebut karena pada dasanya para pembuat robot ini tidak sempat mengabadikan karyanya melalui sebuah tulisan. Dalam Maker Movement ada dua unsur yang harus diperhatikan yaitu "leadership" dan "employee", sebelum nantinya akan terjun di dunia entrepreneur. Jiwa "leadership" harus dimiliki oleh seorang entrepreneur karena disitu awal mulanya kita belajar displin. Tujuan adanya "Maker Movement" apa sih? untuk mendukung ekonomi kreatif bangsa Indonesia khususnya generasi muda. Jika membahas mengenai kreativitas maka akan banyak sekali macamnya, jika belum bisa kreatif karena terbatas ide, kamu bisa memanfaatkan internet untuk berselancar untuk melihat kreativitas orang lain, semoga ide kreativitas diri sendiri sudah mulai tumbuh ya :) Sebelum terjun menjadi entrepreneur kalian harus menjadi seorang pegawai terlebih dahulu dimana kalian bisa belajar displin dalam hal pekerjaan dan waktu. 

Sesi tanya jawab dengan Narasumber 
  
Mas Robert
Teh Ani dalam memaparkan Serempak !
Dan pada sesi kedua, pada acara ini menghadirkan seorang dosen, pakar ahli di bidang Digital Marketing yaitu Mas Robert. Beliau menjelaskan mengenai "Marketing of Innovation". Menurut Peter Drucker, dalam sukses bisnis terdapat dua unsur yaitu "Marketing" dan "Inovasi". Marketing sering dikenal dengan pemasaran. Dalam hal pemasaran, Mas Robert menjelaskan bagaimana cara pemasaran dengan baik, misalnya dengan menciptakan inovasi yang berbeda dari yang lain.
 Cara pemasaran yang baik bisa dilihat dari  seseorang pebisnis menciptakan sebuah produknya dimana dlihat dari fitur dan nilainya. Dan beliau juga menjelaskan mengenai inovasi, inovasi yaitu sebuah bentuk kreativitas / kemampuan untuk berkreasi dimana menghasilkan sebuah perubahan dan harus ada kemampuan "thinking" yang tinggi untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan inovasi itu memerlukan displin. Jadi, ayo berinovasi dan ciptakan perubahan-perubahan yang positif untuk Indonesia! Pada kesempatan ini, kami juga dijelaskan mengenai SEREMPAK.

Oh iya, ada yang belum kenal dengan SEREMPAK? Serempak bisa dikatakan sebagai komunitas / portal / wadah yang menampung aspirasi kita sebagai generasi muda yang ingin menyumbangkan ide / gagasan. Cara kontribusinya gimana? Gampang sekali, kalian bisa mengunjungi situs Serempak  dan Teh Ani juga menjelaskan bahwa Serempak hadir untuk memberikan informasi / mengajak masyrakat untuk memberikan ide, membahas mengenai perempuan dan anak. SEREMPAK (Seputar Perempuan dan Anak) ini dibawah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dimana diwakilkan oleh Ibu Martha. Ayoo para blogger, kalian ditunggu kontribusinya loh dalam menyuarakan ide / gagasan melalui tulisan dan gak usah takut jika masih ada kata-kata yang gak baku atau belum sesuai EYD nanti akan dibantu oleh tim editor SEREMPAK. Ayoooo tunggu apa lagi? Namun tulisan kita akan diseleksi terlebih dahulu untuk menilai layak / tidaknya tulisan kita akan ditampilkan dalam halaman website SEREMPAK di > www.serempak.or.id
Dokumentasi Pribadi - Website Serempak 


Selamat berinovasi generasi muda Indonesia !


14 komentar:

  1. Makasih ya Mba Titis sudah hadir.....ilmu dari para narsum keren2 ya Mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Iya keren" narasumbernya :D

      Hapus
  2. otw ke tkp dulu deh, buat dilihat dan dipelajari :D

    BalasHapus
  3. Serempak menginspirasi ya mba, bagaimana kita semua lebih perhatian pada perempuan dan melindungi anak

    BalasHapus
  4. setuju mbak
    kebetulan, saya juga pernah ikut acara serempak ini waktu puasa kemaren

    BalasHapus
  5. Semua tentang perempuan dan anak ya Mbak. Ntar kapan2 main ke SEREMPAK deh :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D