Pengikut

Blog Penyumbang Konten Digital Marketing

Sumber : pribadi
Perkembangan blog di era digital tak bisa dipungkiri lagi keberadaannya. Masyarakat pada umumnya untuk mencari informasi pasti sudah mengandalkan paket data internetnya dan sudah dipastikan ketika kita akan mencari informasi tinggal ketik aja di google misalnya : Saya ingin mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di Jakarta, maka berbagai blog akan menampilkan konten yang sesuai dengan pilihan saya. Wow, ternyata "kekuatan" konten sebuah tulisan sangat bermanfaat untuk orang lain, jadi sudah saatnya kita menuliskan hal positif dan bermanfaat untuk orang lain ya. Jika membahas konten maka akan mengacu ke "tulisan", khususnya blogger.




Yaaaa, produktivitas blogger di era digital jangan dianggap remeh, karena melalui produktivitasnya kita akan dengan cepat menemukan "berita terbaru dan terkini". Berbicara mengenai konten tulisan, secara tidak langsung harus "memaksa" blogger untuk meningkatkan kualitas tulisannya melalui wadah yang dimilikinya yaitu blog. Konten yang baik (versi saya) meliputi berbagi aspek diantaranya :


1. Konten yang Memberikan Informasi yang Bermanfaat

Buktikan kepada pembaca blog setiamu ataupun masyarakat secara luas, bahwa kamu ngeblog bukan hanya "curhat pribadi". Mudah kok, untuk membuktikan bahwa blog dan postingan kita "layak" diapresiasi oleh mereka, sebagai pengunjung yang melakukan blog walking atau bagi mereka yang pembaca umum yang terdampar di blog kita karena ketikan google. Blogger dikenal sebagai penyumbang konten di era digital loh, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan kesempatan dengan menuliskan informasi yang bermanfaat buat orang lain khususnya mereka yang sudah membaca tulisan kita.



Untuk menuliskan informasi yang bermanfaat untuk orang lain sangat mudah loh, kamu harus menulis sesuai dengan gayamu saja tak perlu mengikuti gaya penulisan lainnya. Cobalah untuk mengikuti alurnya, contohnya ketika kamu sedang melakukan perjalanan ke provinsi Yogyakarta, maka dapat mengoptimalkan keberadaan blog kita dengan menuliskan gimana caranya untuk sampai di Yogya dan transportasinya naik apa, bisa juga menceritakan keramahan warganya hingga tempat wisatanya. Biarkan proses yang akan menuntunmu dan memahami perkembangan tulisanmu hingga waktu yang akan menjawabnya. 

Mudahkan untuk berbagi informasi yang bermanfaat melalui konten ?


2. Tulislah konten yang Jujur, Utamakan dari Pengalaman Sendiri

Menulis dari pengalaman sendiri memang sangat penting bagi seorang penulis atau blogger. Cara sederhananya, bagaimana kita bisa menuliskan perjalanan, tips atau cerita kalau bukan kita sendiri yang mengalaminya? Itulah yang saya terapkan dalam membangun blog ini. Bagi saya, konten yang ditulis dengan pengalaman pribadi akan memudahkan kita sebagai blogger untuk menceritakan sesuatu yang bermanfaat untuk yang membacanya dan pastinya sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Disamping harus menuliskan dengan pengalaman sendiri, seorang blogger wajib menciptakan dan menuliskan konten yang jujur. Yaps, sesuaikan antara judul postingan dengan isi postingan, jangan pernah "mengelabui" pembaca dengan konten dan isi postingan yang tidak nyambung.




Konten yang jujur juga membantu masyarakat yang membaca merasa dihargai, karena seorang blogger wajib menyajikan informasi yang sesuai dengan kondisi nyata dan tidak melebihkan atau mengurangi suatu informasi. Menulis pengalaman pribadi akan membantumu untuk menciptakan konten yang menarik dan tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya, pastinya sudah mampu menyaring apa saja yang harus diceritakan untuk khalayak umum.


Percaya deh, konten yang jujur dan ditulis dari pengalaman yang pribadi akan mendapatkan "tempat tersendiri" di hati pembacanya. Dan pastinya di era digital ini konten yang menarik dalam menyajikan informasi akan membantumu mencari informasi yang kamu butuhkan.


3. Ciptakan Konten yang Menginspirasi bagi Pembaca

Tugas seorang blogger bukan hanya menulis konten yang jujur, sesuai dengan pengalaman pribadi atau sekedar berbagi informasi saja namun seorang blogger juga dituntut untuk memberikan tulisan dimana mengulas konten yang mampu menginspirasi pembacanya. Berharap tulisan atau konten yang kita tulis bisa menginspirasi mampu membangkitkan pembacanya dan mengajak untuk melakukan perubahan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Untuk menciptakan konten yang menginspirasi sangat mudah, coba share tulisan mengenai tips untuk meningkatkan kualitas hidup, tips untuk bersemangat dan lain-lain.




Percaya gak melalui tulisan keberadaan kita sangatlah berguna untuk orang lain? Melalui tulisan yang kita tulis di sebuah blog mampu membuat orang lain merasa terbantu dan menciptakan konten yang menginspirasi dimana mampu mengugah pembaca untuk lebih "belajar" dari pengalaman yang sudah kita share melalui tulisan.

Yuk, jadilah blogger yang mampu menciptakan konten marketing yang baik dan bermanfaat, karena dunia digital semuanya sangat dimudahkan dalam mengakses sebuah informasi melalui tulisan di kancah dunia digital. Bisa dikatakan konten marketing untuk saat ini dan seterusnya akan dijadikan "acuan" seseorang dalam mencari informasi melalui internet di era digital. Tulislah konten yang mampu membangun para pembacanya menemukan solusinya!




Keberadaan blog tidak akan lepas dari sebuah konten marketing yang mampu mengarahkan pembacanya menemukan informasi yang dibutuhkan dan manfaatnya blog sangatlah terasa dalam berbagi informasi kepada khalayak umum tanpa dibatasin dan sudah sepantasnya kita para blogger untuk lebih mengasah kemampuan penulisan dan membantu orang lain dalam memberikan sebuah solusi. 

34 komentar:

  1. Semoga tulisanku termasuk.penyumbang konten yg baik juga

    BalasHapus
  2. Melabui? Mengelabui bukan ya? :)
    Moga tiap tulisan dpt jd amal jariyah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak untuk koreksinya :)

      Aamiin ^^

      Hapus
  3. Betul bu, tulisan itu pada hakikatnya hidup dimana apa yang kita tulis akan ada teringat-ingat. Sebab hal itu menjadi konten marketing apalagi kalau ada produk atau jasa yang ditawarkan.

    Mudah-mudahan kita bisa memanjakan pengunjung kita ya?

    BalasHapus
  4. Menulis berarti membuat ke abadian. Blog bisa menjadi wadah untuk berbagi inspirasi dan manfaat, semoga kitapun termasuk di antaranya :)

    BalasHapus
  5. berbagi pengalaman hidup merupakan salah satu tujuan saya ngeblog. siapa tahu ada yang perlu solusi dg permasalahan yang sama dg saya.

    BalasHapus
  6. Iya bener. Tulisan itu bisa mengompori seseorang utk melakukan sesuatu. Semoga tulisan kita bisa mengompori ke arah kebaikan

    BalasHapus
  7. Artikel yang bermanfaat ini 😀

    BalasHapus
  8. Wiiiw...
    Keren, Mba Titis. Inspiratif

    BalasHapus
  9. Jadi makin semangat buat belajar menulis. Terimakasih inspirasinya mbak :)

    BalasHapus
  10. kadang susah buat jujur :"p
    tapi aku emang lebih seneng kalau udah punya pengalaman pegang make atau beli kalau review

    BalasHapus
  11. Content is the King masih tetap valid
    Terima kasih tipsnys.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  12. tulisan bermanfaat dan menghasilkan krincing2 bisa juga yaa mbak

    BalasHapus
  13. Semoga tulisan cumilebay yg super lebay dan alay banyak manfaat nya #melipir

    BalasHapus
  14. Semoga tulisan di blog kita bisa menjadi ilmu yang bermanfaat ya mba :)

    BalasHapus
  15. semoga nanti blog-ku bisa menjadi penumbang konten yang baik dan bermanfaat bagi yang membacanya, amin..

    BalasHapus
  16. Semoga bisa demikian,,,dan nggak mudah terkapitalisasi (halahh) heheh

    BalasHapus
  17. Aku paling suka tulisan yg jujur hihii

    Palagi yg berdasarkan pengalaman pribadi

    BalasHapus
  18. Mungkin aku bisa dikatakan jujur, makan di sini enggak enak aku bilang dan aku belum eprnah mereview produk yang memang aku tidak suka, kalau enggak suka mending aku enggak tulis..hehee

    BalasHapus
  19. konten is the king.. selama ini aku selalu berusaha jujur kalo nulis,kecuali kalo dapet content placement, kadang suka pilih2 kalo dapet job gitu soale cara nulisnya beda dengan ciri khasku

    BalasHapus
  20. Seremeh apapun topiknya, tulisan kita pasti bakal sampai ke pembaca yang membutuhkan.. jadi, terus aja menulis. :D

    BalasHapus
  21. Aku sukanya curhat, Tiis. Hahaha Yg pnting apa yg kita tulis ngga membohongi public, yaa. . .

    BalasHapus
  22. Aku brasa juga manfaat blog untuk fungsi marketing di bisnis mbak. Bahkan ada stasiun tv yg menghubungi dan meliput setelah baca blog saya.

    BalasHapus
  23. Betul banget tuh ... Saya coba praktikkan semuanya. ^^

    BalasHapus
  24. setuju sekali nih mbak... heee

    BalasHapus
  25. wah siap mbak tak terus berjuang deh....

    BalasHapus
  26. belum tahu apakah tulisanku di blog, menginspirasi atau tidak ._.

    BalasHapus
  27. berbagi kebaikan dan manfaat pun bisa dengan blog ya mbak,
    semoga semakin banyak konten yang baik yang disebarkan melalui blog

    BalasHapus
  28. siyaapa mbak, ini lagi usaha mengurangi konten bertemakan curhat hehe

    BalasHapus
  29. setuju banget deh konten blog yang bermanfaat dan bisa menginspirasi semua orang lebih baik dalam berkarya

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D