Pengikut

Imunisasi Sehat, Cerdaskan Generasi Bangsa

Halo sobat blogger, kamu sudah pernah merasakan imunisasi waktu kecil dulu? Pastinya sudah dong! Masih ingat, waktu saya masih bersekolah taman kanak-kanak atau sekolah dasar, saya masih merasakan imunisasi loh. Waktu dulu, era saya gak pernah merasakan ketakutan saat di imunisasi, soalnya rasanya manis banget, justru malah ketagihan hehe.

Imunisasi Anak ( sumber :http://www.katalogibu.com) 


Hmmm...sebenarnya jika membahas tentang imunisasi maka kita akan mengingat peristiwa buruk yang kemarin sempat ramai di Jakarta dan sekitarnya, namun para orang tua gak perlu khawatir lagi. Kini, pemerintah pusat yang bekerjasama dengan kementerian kesehatan khususnya akan lebih aware lagi tentang imunisasi ataupun vaksin. Jika membahas imunisasi maka diwajibkan bagi buah hati ataupun sampai nanti usia 18 tahun. Karena imunisasi sebagai bentuk "kekebalan tubuh" seseorang.



Jika membahas mengenai imunisasi, maka kita akan tertuju ke imunisasi wajib dan pilihan. Sahabat blogger, penasaran apa perbedaan antara imunisasi wajib dan pilihan? Yaps, imunisasi wajib adalah program pemerintah yang terdiri dari BCG, Polio, DPT , Campak, Hepatitis B, Hib, dimana diproduksi dan distribusikan yang sudah bekerjasama dengan kementerian kesehatan yaitu PT.Biofarma. Sedangkan imunisasi pilihan merupakan imunisasi yang menggunakan vaksin yang disediakan oleh pemerintah secara gratis atau membeli sendiri (vaksin impor).



Prof. Sri Rezeki dari IDAI (ikatan dokter anak Indonesia)


Lalu, jika ada pertanyaan apakah imunisasi itu penting? Pasti jawabannya, penting! Tujuan imunisasi meliputi melindungi seseorang terhadap penyakit tertentu, menurunkan prevalensi penyakit. Pemerintah sendiri mempunyai program imunisasi nasional yaitu Polio, Hepatitis B, Pertusis, Difteri, Campak sampai Tetanus. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati, sahabat blogger? Jika, kamu para orang tua masih meragukan kualitas imunisasi karena efek kasus vaksin palsu, kamu bisa langsung datang ke posyandu terdekat loh.

Program Imunisasi Nasional



Jangan sampai buah hati atau keponakanmu tidak imunisasi ya, imunisasi ini bertujuan untuk mencegah penyakit yang melanda seperti polio atau campak yang mampu mengakibatkan kelumpuhan. Mari kita saling bahu-membahu untuk mencegah terjadinya KLB atau kejadian luar biasa yang diakibatkan tidak imunisasi. Imunisasi itu menciptakan tubuh yang sehat dan tentunya generasi muda yang cerdas.


Pertusis (Batuk 100 Hari)



Bagi yang ingin mendapatkan pelayanan imunisasi, kamu bisa langsung datang ke puskesmas, posyandu atau rumah sakit pemerintah / swasta. Selain mengawasi tentang imunisasi, BPOM juga mengawasi tentang vaksin. Vaksin merupakan salah satu produk biologi yang sangat berisiko baik secara keamanan maupun mutu obat. Badan BPOM melakukan pengawasan secara serius dan ketat terutama vaksin mulai dari produk diproduksi hingga produk yang beredar di masyarakat. Jadi, jangan khawatir ya mom, kalau ingin lebih terpercaya bisa langsung di posyandu atau puskesmas dijamin asli hehe.




Kementrian Kesehatan menjamin ketersediaan vaksin masih ada stoknya sampai tahun 2016 ini, cukup. Segera menuju ke posyandu atau puskesmas sekitarmu ya, sahabat blogger jangan lupa imunisasi bagi buah hatinya atau keponakannya ^^

30 komentar:

  1. Jadi ingeet, ranu msh kurang satu imunisasi wajib nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Nurul, segerakan di imunisasi dedek Ranunya :)

      Hapus
  2. alhamdulillah ponakanku semuanya udah diimunisasi mbak :D

    BalasHapus
  3. Saya lupa rasanya imunisasi seperti apa, yang saya inget dulu susaaaah banhet yang namanya minum semacam obat. Sampe dipegangin orang byk hihi.

    Dan sepertinya makin ke sini kampanye imunisasi makin gencar ya, semoga anak-anak generasi penerus bangsa sehat selalu ya mba. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak, semoga generasi penerus bangsa cerdas dan sehat selalu :)

      Hapus
  4. Imunisasi memang buat perlindungan bagi anak ya mba

    BalasHapus
  5. Tapi semoga nggak ada kasus vaksin palsu lagi yaa..

    BalasHapus
  6. yuk sukseskan imunisasi sehat... ^_^

    BalasHapus
  7. Bulan Agustus, bulan imunisasi. Semoga banyak ibu yg sadar pentingnya imunisasi ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Bulan imunisasi kali ini ada isu agak sensitif terkait vaksin palsu ya Mbak. Peran kita sebagai blogger tuk berikan informasi yg bermanfaat sekaligus mengajak warga mengimunisasi anak tanpa ragu

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah anak2 vaksin wajib udah, yg pertama ada tambahan vaksin, cuma anak yg kedua ini kpn hari kan sempet ada langka vaksin varicela, MMR dll. Blm update lg hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera tanyakan langsung mbak sama puskesmas dan rumah sakit terdekat :)

      Hapus
  10. Anak2ku semuanya aku imunisasi, agar sehat tentunya, aamiin

    BalasHapus
  11. Jadi inget kapan hari ngobrol sama beberapa temen, salah sati kriteria besan dan mantu kita kelak harus pro imunisasi, dengan alasan demi generasi selanjutnya yang sehat

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah aku memilih 3 anakku imunisasi. Alhamdulillah sehat. Sepakat dengan tulisan ini.

    BalasHapus
  13. imunisasi memang perlu sekali ya, secara ilmiah juga sudahterbukti, yg perlu edukasi buat masarakat karena masih banyak yg gaka mau divaksin anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, semoga semakin banyak orang tua yang sadar tentang pentingnya imunisasi dari informasi yang dishare ya mbak :)

      Hapus
  14. kalau sudah terlanjur terlewat imunisasinya, bisa dilakukan sekarang gak, mba Titis....((meskipun terlambat))?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung tanyakan mbak len ke puskesmas terdekat :)

      Hapus
  15. Gregetan sama pembuat vaksin palsu :(

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D