Pengikut

Taman Pandang Istana, Ruang Terbuka Hijau Membangun Kreativitas

Taman Pandang Istana, sumber : Dokpri
Sabtu yang cerah tanggal 30 Juli 2016, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pembukaan Taman Pandang Istana. Taman Pandang Istana ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Holcim Indonesia. Taman Pandang Istana ini terletak di Silang Barat Laut Monas, tepatnya di seberang Istana Kepresidenan. Kalau mau main ke Taman Pandang Istana yang digagas oleh Holcim, kamu bisa naik Transjakarta jurusan Kota - Blok M dan turun di halte Monas.




Sabtu yang begitu terik cahaya matahari tak menyurutkan saya untuk menghadiri peresmian Taman Pandang Istana, yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Tjahaja Purnama. Sambil menunggu kehadiran Pak Basuki, saya berkeliling Taman Pandang Istana. Wah, Taman Pandang Istana ini dikemas dengan menarik dan nyaman sekali, kenapa? Iya, karena di Taman Pandang Istana ini taman yang dibangun dengan kreativitas. Lihat saja disekeliling taman ini dihiasi oleh lampion, lukisan berbagai profesi sampai kerajinan rajutan yang menambah cantik Taman Pandang Istana ini.


Paduan Suara dari SD Kembang
Saya hadir tepat pukul 2 siang, sambil menunggu kedatangan Pak Basuki persiapan sudah standby dimulai dari paduan suara dari SD Kembang, berbagai pengisi acara pun sibuk menyiapkan agar Taman Pandang Istana ini terlihat cantik dan menawan. Dalam peresmian Taman Pandang Istana, selain menghadirkan Gubernur DKI Jakarta juga dihadiri oleh berbagai pendukung acara seperti Indonesian Dance Festival, Lampu Aspirasi, Rajut Kejut, Ruru Radio, Sorak Suar, Arireda, Kaligrafina, Pentas anak-anak.


Pengisi Acara di Taman Pandang Istana (Dokpri)


Awal saya melihat Taman Pandang Istana ini unsur kreativitasnya terlihat sekali dimulai dari desain tamannya dimana dibantu oleh seniman grafis yang bernama Yasser Rizky.  Terlihat desain taman yang berbentuk seperti tipografi yang dieksekusi menjadi media tiga dimensi. Penasaran dengan hasilnya? Bisa disimak foto di bawah ini.

Terdapat Tulisan Ragam 3 dimensi dan salah satu blogger lagi eksis foto juga (Dokpri)

Tulisan Insan yang merupakan karya 3 dimensi (Dokpri)

Di Taman Pandang Istana terdapat tulisan tiga dimensi yang bertuliskan RAGAM INSAN. Dimana yang merupakan filosofi dari bukalah pikiran, lihatlah satu hal yang sama melalui kacamata insan yang berbeda-beda. Keragaman perspekstif bukanlah cela dan sumber angkara, melainkan mata batin yang lebih kreatif dan bijak dalam menentukan sikap dan langkah kita



Puncak acara akhirnya tiba juga ketika Gubernur DKI Jakarta hadir di Taman Pandang Istana. Dalan sambutannya, pria yang akrab dipanggil Ahok ini mengharapkan peran serta perusahaan dalam memberikan kontribusi untuk publik sebagai program CSR seperti halnya Holcim Indonesia. Dalam sambutannya, Ahok juga menjelaskan asal usul nama Taman Pandang Istana yang sebelumnya diberikan nama taman aspirasi. Kalau menurut beliau, Taman Pandang Istana lebih cocok karena pas dengan Istana Kepresidenan. Jadi, berhadapan langsung dengan Istana Kepresidenan, itulah asal usul kenapa dibilang Taman Pandang Istana karena taman ini memandang ke arah Istana Kepresidenan.

Kehadiran Pak Ahok di taman pandang istana (dokpri)


Beliau berharap dengan Taman Pandang Istana ini publik dapat menggunakan untuk kegiatan positif misalnya untuk berkreasi dan kreatif. Peresmian di Taman Pandang Istana ditandai dengan penandatangani prasasti oleh Gubernur DKI Jakarta dan menyalakan lampu lampion yang menandakan secara resmi Taman Pandang Istana dibuka untuk umum.

Lampion di Taman Pandang Istana (Dokpri)


Dengan konsep keberagaman, Taman Pandang Istana menjadi ruang terbuka hijau baru bagi masyarakat untuk memunculkan ragam kreativitas, ujar Dhamayanti Suhita selaku Marketing Director Holcim Indonesia. Holcim Indonesia berkomitmen untuk membangun bersama dengan memberikan solusi-solusi inovatif.


Sekedar informasi dalam membangun Taman Pandang Istana ini menggunakan solusi unggulannya seperti ThruCrete (beton berpori untuk resapan air yang lebih baik), EzyFloCrete (beton dengan kemampuan mengisi ruang yang efektif), dan Holcim Mortar.



Tentang Semen Holcim Serba Guna 


Semen Holcim Serba Guna sumber : Holcim

Pembangunan yang dilakukan manusia untuk memudahkan kehidupan ternyata berimbas pada kelangsungan planet Bumi sendiri. Berkurangnya cadangan sumber daya alam, pemanasan global akibat efek rumah kaca dan polusi mengakibatkan masalah kesehatan untuk makhluk hidup di dalamnya. Upaya untuk memperbaikinya pun dilakukan, mulai dari gerakan (movement) hingga penciptaan brand dan produk yang dapat mengurangi efek negatif  bagi lingkungan.


Bagi Holcim, menjadi sebuah merek yang ramah lingkungan adalah wujud dari sebuah komitmen dari nilai kepedulian (care) terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Konsistensi perusahaan dalam mendukung eco-living ini pun membuat merek semen Holcim Serba Guna mendapatkan sertifikasi Green Label dari Singapore Environment Council (SEC). SEC adalah organisasi nirlaba independen. Sertifikasi ini diberikan berdasarkan beberapa penilaian antara lain:

  1. Produk Holcim Serba Guna telah mematuhi standar nasional dan internasional  yang berlaku terkait lingkungan hidup dan spesifikasi produk dalam proses produksinya. Holcim juga telah memiliki sertifikasi sistem manajemen lingkungan serta mutu.
  2. Semen Holcim Serba Guna memiliki dampak lingkungan yang lebih kecil karena proses produksinya menggunakan energi dan material alternatif yang terbarukan.
  3. Produk ini memiliki kualitas yang sangat baik dan memenuhi standar nasional (SNI) dan internasional (ASTM), dan dengan penggunaan yang tepat, Semen Holcim Serba Guna aman bagi lingkungan dan manusia karena telah lolos uji TCLP (Toxicity Characteristic Leaching Procedure) melalui standar USEPA, atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika.

Untuk konsumen, green label ini menjadi jaminan produk berkualitas tinggi dan terbukti aman bagi lingkungan. Dengan membeli semen Holcim Serba Guna, mereka telah turut aktif mewujudkan lingkungan yang lebih sehat. Bagi Holcim sendiri, ini adalah kontribusi nyata dalam mengatasi masalah lingkungan dan menjadi bagian pembangunan yang bertanggung jawab.




Semoga taman holcim atau dikenal dengan Taman Pandang Istana dapat dirawat dengan sebaiknya dan digunakan untuk hal yang bermanfaat ya guys :)




Referensi : Holcim Indonesia (www.holcim.co.id) 


26 komentar:

  1. Sepertinya seru neh Tamannya. Bisa mengkayal buat tulisan neh disini hehe.

    BalasHapus
  2. Alamak, ini sih impian saya mampir di tempat art-pirasi begini. Kalau begini jadi pengen ke jakarta kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo mbak Lidha aku tunggu di Jakarta ya #So7modeon

      Hapus
  3. Seneng ya jakarta punya ruang terbuka hijau yang baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga semakin banyak ruang terbuka hijaunya :)

      Hapus
  4. Dinding aspirasinya oke bgt buat poto2 narsis hihihi, semoga tetap bersih dindingnya, warga juga ikutan jaga & merawat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak semoga terawat dengan baik tamannya :)

      Hapus
  5. Di monas ya, kapan2 lihat ah sama anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dekat monas, silakan berkunjung kesana mbak :)

      Hapus
  6. aku belum sempet foto di patung RAGAM itu mba, bagus ya, instagramable banget :)

    BalasHapus
  7. ini baru ya? keren desain tamannya. sayangnya jauh dari rumah : (

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, diresmikan kemarin sabtu :)

      Hapus
  8. Keren banget mbak Titis! Kayanya tempat ini akan masuk dalam daftar tempat-tempat yang mesti dikunjungi bersama keluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tya, silakan dikunjungi sama keluarga ya mbak :)

      Hapus
  9. Salut saya sama Holcim yang mau terlibat dalam pembangunan ini. Salut juga sama Pak Ahok yang punya wacara RTH. Gak semua gubernur peduli dengan RTH wilayahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersinergi ya mbak, demi Jakarta lebih layak lagi untuk RTH :)

      Hapus
  10. Mau jjs di Taman ini, baguuuss

    BalasHapus
  11. Aku jd pengen kesini deh pd saat malam hari. Pgn liat lampionnya nyala..

    BalasHapus
  12. Nanti pas balik Jakarta mau ajak anak2 maen ke taman itu ah, biar bisa liat istana hehe

    TFS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp, silakan berkunjung ke taman pandang istana ya mbak :)

      Hapus
  13. Waah ada taman baru.Taman Pandang Istana.Kapan-kapan main ke sana ah.Anakku paling suka main ke taman soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak ke Taman Pandang Istana :)

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D