Nostalgia di Dufan, Tempat Wisata yang Melegenda!

Dufan, tetap menjadi tempat wisata andalan warga Jakarta dan sekitarnya. Siapa yang belum pernah ke Dufan? Mungkin, bagi sebagian warga Jakarta sudah pernah berwisata ke Dunia Fantasi. Nah, bagi kamu yang penasaran, apa sih Dufan, bisa disimak melalui postingan ini.

Dunia Fantasi
Sebelum membahas mengenai Dufan, alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan Viva Lova. Yaps, saya memanfaatkan waktu weekend untuk mengikuti gathering antara Viva Lova yang diwakili oleh blogger dan bekerjasama dengan Manajemen Dufan. Sebenarnya, saya sudah pernah ke Dunia Fantasi beberapa tahun lalu, saat masih berstatus Mahasiswi, hihihi. Akan tetapi, saya tetap tergoda untuk berkunjung kembali ke Dufan. Memang, Dufan itu melegenda.

Sejarah Dunia Fantasi

Tahu kah, kamu, kalau Dufan itu terinspirasi dari Disneyland yang ada di Hongkong? Ya, terciptanya wahana wisata Dufan, berawal dari keinginan Pak Karno untuk mempunyai tempat rekreasi keluarga yang ada di Indonesia. Dengan luas 18 Hektare, akhirnya di Jakarta mempunyai tempat bermain bersama keluarga. Sudah terbayang dong, luasnya gimana, dan dapat dipastikan banyak wahana permainan di Dufan ini.

Tiket Masuk Dufan

Ada yang penasaran dengan tiket masuk Dufan? Eitsss.. tenang! Bagi Dufan lovers, kalian bisa memanfaatkan promo, seperti promo STNK atau bisa juga membuat annual pas Dufan seharga 299ribu dan bisa digunakan selama setahun. Oh iya, sebelum masuk ke Dufan, kamu harus membayar tiket masuk Ancol sekitar 25000. Tiket Dufan untuk hari Senin - Jumat, 200.000 dan Sabtu - Minggu - hari libur 295.000.

Wahana di Dunia Fantasi

Dengan luas sebesar 18 Hektare, terdapat  33 wahana permainan yang ada di Dufan. Setiap tahun, Dufan selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya dan menyediakan wahana terbaru. Untuk yang sering berkunjung ke Dufan, saat memasuki pintu masuk, akan disambut dengan Wahana Komidi Putar,  Turangga Rangga.

• Komidi Putar •

Wahana ini sangat melegenda dan termasuk permainan favorit saya. Naik kuda dan berputar-putar, untuk melajunya tidak terlalu kencang, maka tidak heran, komidi putar sangat ramai antrinya. Pokoknya kalau ke Dufan gak pernah absen deh, untuk main di wahana ini.

Komidi Putar
• Istana Boneka •

Selain, wahana komidi putar, ada wahana Istana Boneka yang sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga. Yessss, akhirnya setelah ke Dufan saat renovasi, wahana ini berhasil di kunjungi kembali. Dari dulu sampai sekarang, istana boneka masih menjadi andalan pengunjung. Antrian yang sangat panjang, tidak menyurutkan saya, untuk tetap berdiri di jalur antrian. Untungnya, tidak terlalu panas, soalnya dilindungi sama atapnya. Oh iya, di Istana Boneka ini, kamu bisa menikmati kesenian berbagai negara dan daerah di Indonesia. Pokoknya, Istana Boneka, wahana edukatif deh.

Istana Boneka 
• Ice Age Adventure •

Untuk wahana Ice Age Adventure ini termasuk wahana baru, inovasi dari Dufan. Dulu, saat berkunjung ke Dufan, wahana ini masih tahap renovasi, dan akhirnya saat berkunjung ke sana lagi, sudah dapat dinikmati. Ya, wahana ini sedikit menantang di bandingkan dengan wahana Komidi Putar dan Istana Boneka, hihihi. Setelah, menempuh antrian yang lumayan lama, tibalah untuk naik ke sebuah kapal dan siap untuk berpetualangan. Awalnya sih, di wahana ini agak nyantai, namun setelah berpetualang, tibalah di mana kita harus pegang erat-erat, karena akan ada tanjakan, lalu turunan sepanjang 4 Meter.

Ice Age Adventure 
Setelah, melewati tanjakan dan turunan, tibalah di petualangan sesungguhnya, di mana, kita berada di sebuah hutan, dan ada pemburu yang mengejar, dan itu terasa banget naik turun sebanyak 2 kali, basahlah baju ini, karena efek terciprat air. Tapi, seru banget, teriak-teriakan, hihihi.

• Biang Lala •

Hayooo, siapa yang berlangganan naik Biang Lala, ketika berkunjung ke Dufan? Dengan naik Biang Lala, kamu bisa melihat keindahan Dufan dari ketinggian. Cocok buat anak-anak dan orang dewasa. Nah, bagi yang takut ketinggian, coba deh naik Biang Lala, tenang aman kok. Palingan cuma bergetar aja kaki saat lagi di atas, hehe.

Biang Lala 
• Ontang - Anting •

Wahana Ontang-Anting, akan mengajakmu mengayun-ayun di ketinggian. Nah, bagi yang mau uji adrenalin, bisa mencoba wahana ini, gaes. Antrian tidak panjang kok, dan sekali naik bisa langsung banyak. Ini dia keseruan wahana Ontang-Anting


• Kora - kora •

Kora-kora, termasuk wahana yang banyak peminatnya. Saat sudah menaiki, wahana ini, siap-siap perutmu akan dikocok-kocok, dan ayunan lumayan menguji adrenalin. Pastinya seru lho, wahana Kora-kora ini. Sudah pernah naik Kora-kora?

Kora-kora

• Kicir-kicir

Nih, ada lagi wahana yang menguji ketinggian, Kicir-kicir. Sudah pernah naik? Pastinya, cocok buat teriak-teriakan di atas ya. Intip, keseruan wahana Kicir-kicir.

Hysteria

Nah, bagi yang menyukai ketinggian, bisa coba wahana di belakang foto saya. Yaps, wahana hysteria, akan naik turun, namun dengan kecepatan yang disesuaikan. Sesuai namanya, kamu akan histeris saat berada di ketinggian #eh.


Sebenarnya, banyak wahana di Dufan yang ingin diulas, tapi nanti kamu makin penasaran deh kalau gak datang sendiri. Mending, langsung ke Dufan, ya, gaes.

Safety di Dufan

Berbicara mengenai sistem keamanan permainan di Dufan, tidak perlu diragukan lagi. Di Dufan, untuk keamanan permainan sudah terakreditasi KAN, yaitu Komite Akreditasi Nasional. Untuk Dufan sendiri sudah menerapkan ISO 9001 2015. Menurut Manager Operasional Dufan, Pak Tigor, keamanannya diaudit selama 2 kali selama setahun dan perawatannya juga dilakukan secara berkala. Dan perwakilan dari Viva, Pak Maryadi mengatakan, gathering antara Viva Lova ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi di dunia nyata bersama blogger.

Btw, ada wahana baru lho, bagi yang suka menonton sulap, bisa ke Magic House, dan ada Dream Playground buat anak-anak. Saran saya, mending datang saat weekday, jumlah pengunjungnya tidak seramai saat weekend.


Kapan terakhir, kamu ke Dufan? Yuk, ke Dufan, gaes, ajang reunian sambil nostalgia!

35 komentar

  1. wah kalau ke dufan naik banyak hal yang aneh2 selalu bikin pusing kepala, naik bianglala saj bikin mual, hiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, naik komedi putar saja mbak.

      Hapus
  2. Terakhir sama anak-anak ke Dufan sekitar 6 tahun lalu..Dan belum pernah diulang hihihi. Habis kadang mikir tiketnya segitu amat yaak. Dan dulu, wahana itu-itu saja enggak ada yang baru.
    Baca ini jadi pengin ke sana lagi..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga secepatnya ke sana lagi ya mbak.

      Hapus
  3. Nostagia masa kecil banget deh kl ingat dufan. Udh beberapakali juga bawa anak ke dufan, selalu menyenangkan.

    BalasHapus
  4. ya allah, aku udah lama banget gak ke dufan.. terakhir waktu kuliah tingkat awal, which is 2007. hahaha. tapi aku salah fokus sama kalimat 'pak karno pengen punya tempat rekreasi keluarga', maksudnya pak karno ini bung karno atau yang punya dufan namanya pak karno? *beneran nanya soalnya ga tau asal-usul dufan :P

    BalasHapus
  5. Mpo cuma ingat backsound dufan. Yg gak ada matinye. Tralala trilili senangnya rasa hati di tengah ramai suasana gembira.

    Bikin happy ke dufan

    BalasHapus
  6. 18 hektare luas juga ya. Pantesan kemaren kaki ini lumayan gempor tapi senang haha. Ternyata tingkat keamanannya pun sudah memiliki sertifikasi sesuai standart ya. Pastinya menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Safety tetap nomor satu dan utama.

      Hapus
  7. Annual pass DUfan menarik juga buat dibeliii. Coba deh beli trus aja anak deh. Soalnya aku belum pernah beli annual pass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa dicoba mbak beli annual pasnya :)

      Hapus
  8. Aku gak pernah ke dufan, serius!
    Itu luas anet yak 18 hektar, jalan aja keliling udah bikin kurus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga ada gathering ke sana lagi ya, Kak.

      Hapus
  9. saya kalau ke dufan paling suka kicir2 dan hysteria.. senang rasanya berada di ketinggian.
    *adrenaline junkies*

    BalasHapus
  10. Dufan masih jadi taman hiburan andalan. Para pendatang dari luar kota selain monas dufan pasti jadi pilihan utk dikunjungi

    BalasHapus
  11. Belum pernah ke dufan, ternyata tiketnya lumayan mahal juga yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanding sama banyaknya permainan mbak :)

      Hapus
  12. Belum pernah ke Dufan, pasti seneng nih anak-anak kalo diajak ke sini.
    Kalo aku ke istana boneka aja lah, wahana seperti biang lala dkk itu bakal bikin jantungan hahaha *emak2 penakut :D

    BalasHapus
  13. Soal safety alias keselamatan di wahana permainan seperti ini memang wajib banget diperhatikan. Beberapa kali baca artikel mengenai kecelakaan di wahana permainan di luar Indonesia, ngeri banget.

    BalasHapus
  14. Salah satu destinasi wisata di Jakarta ya Dufan ini.

    BalasHapus
  15. Bikin kaki pegel tapi happy y mba, anakku aja seneng bnget walaupn semuanya antri

    BalasHapus
  16. Udah lama nggak ke Dufan. HTM kayaknya segitu-segitu aja. Semoga nggak naik, sih. Hehe.

    BalasHapus
  17. Udah lama banget nggak main ke Dufan. Terakhir sewaktu masih jalan bareng mantan pacar yang kini jadi suami haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa jadi ajang nostalgia tuh mbak bersama suami.

      Hapus
  18. Dulu banget waktu masih mahasiswa, baru naik ontang-anting n kora-kora aja udh kaki gemetaran n perut mual hehehe..

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D