Pengikut

Sayangi dan Rawatlah "Aku"

         Sayangi dan rawatlah "aku", begitulah ucapan yang akan terlontar jika tumbuhan bisa berbicara kepada manusia. Tumbuhan itu sahabatnya manusia loh, ya melalui tumbuhan manusia bisa belajar banyak misalnya pelajaran yang bisa saya ambil ketika bersahabat dengan tumbuhan : tumbuhan itu akan tumbuh subur jika selalu dirawat dan disiram, untuk mencapai tahap menghasilkan buah butuh proses yang sangat panjang bahkan kadang ditengah jalan tumbuhan ini mengugurkan daunnya atau daunnya ada yang layu, kekeringan akibat kekurangan air atau "sakit" karena terkena hama.

         Nah proses tumbuhan itu ibaratnya hampir sama dengan proses kehidupan manusia dimana manusia perlu jatuh bangun untuk mencapai sebuah tujuan hidup yang hendak dicapai. Hmmm balik lagi kita membahas tumbuhan. Hayooooooooo siapa yang dirumah tidak punya tumbuhan ? Walaupun hanya ditanam di dalam pot tapi tumbuhan itu perlu kita sayangi dan rawat. Misalnya, jika kita menanam sirih hijau, maka kita wajib menyayangi dan merawat "mereka" dengan menyiram setiap pagi dan sore dan memberikan vitamin untuk "mereka" ya berupa pupuk biar semakin cepat numbuh dan subur. Memelihara tumbuhan / tanaman itu manfaatnya banyak loh , diantara lain : kita bisa menghirup udara sejuk karena tumbuhan tesebut menyerap oksigen lebih banyak jadi di sekitar kita tidak terlalu gersang banget, mempercantik halaman rumah jika di sekitar halaman ditanamin berbagai tanaman seperti bunga mawar, melati, sirih ataupun lidah buaya, serta menambah rasa tenang. Karena hijau nya tumbuhan pun mampu membuat kita tenang loh, gak percaya? coba deh kalian merawat mereka dan rasakan ketenangan saat memandang hijaunya serta asri nya membuat kita tenang, damai dan tentunya bahagia. Mereka membutuhkan sentuhan tangan manusia, kalau tidak disentuh mereka bisa punah, layu bahkan mati.

         Ayoooo bagi kalian yang suka bercocok tanam atau ingin menghirup udara segar, bisa loh dengan menanam tanaman yang tidak perlu menyita luasnya lahan. Bisa dengan menanam sirih, di dalam pot sirih akan hidup loh yang diperlukan hanya tanah + pot, tanaman sirih ini akan subur karena bentuk fisik tanaman sirih ini merambat jadi tidak tumbuh lurus seperti pohon kelapa dan sejenisnya hehehe. Nah menyanyangi dan merawat tumbuhan mudah kan? yuuuuuk bergegas dengan aksi nyata. Kalau sudah menanam kita bisa mengurangi global warming loh walaupun hanya beberapa persen saja tapi inilah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Kalau bukan sendiri siapa lagi yang peduli? Ya semuanya dari diri sendiri loooooh.

Tumbuhan pun berhak menikmati "hidup". Semoga di Jakarta lebih banyak lagi taman kota ya, biar merasakan Jakarta yang sejuk dan rindang akan berbagai tumbuhan dan mengurangi pemanasan global.
Dan sebagai contoh di halaman depan rumah saya ditanamin tanaman sirih cekidot--->
Sirih itu berguna untuk menyembuhkan sakit radang tenggorokan looooh (saya pun meraskaan khasiatnya).



daun yang melengkung dan lebar itu namanya daun sirih


Kalau tanaman yg ini saya tidak tau namanya apa hehe



                                          Bahkan bunga Anggrek pun hidup dan bisa tumbuh di pot
                                                                    serta cantik ya :D


Yuuuuuuuuuuk bertanam ! Jangan takut kotor ya, kalau kotor itu baik (sekilas iklan) hehehehe

Salam penghijauan :D

6 komentar:

  1. waduh aku g pernah nyirami tanamanku selama kemarau ini

    minta likenya dong bu kesini http://goo.gl/FVvsNc

    BalasHapus
  2. aku suka liat buah - buah yang di pekarangan kalau matang. :D
    enaaak :v
    tapi sayang, buah mangga tahun ini blasss nggak berbuah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaaah, pekarangan rumah saya gak seluas pekarangan rumah mbak Vera jadi gak bisa menanam buah mangga, padahal buah favorit saya tuh :D

      Hapus
  3. Setuju setuju... sesama makhluk hidup, kita harus ikut menjaganya.
    Salam hijau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus itu, karena tanaman itu sumber oksigen loh *eh

      Salam Penghijauan :D

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D